Fire Hydrant Nozzle

Fire Hydrant Nozzle

Sistem fire hydrant merupakan sistem proteksi bencana kebakaran yang sangat sering dijumpai di tempat-tempat umum atau publik seperti rumah sakit, sekolah, perhotelan, pusat perbelanjaan, tempat wisata, hingga bangunan-bangunan gedung industri, perkantoran, dan juga manufaktur, baik berupa bangunan atau indoor maupun berupa area terbuka seperti halaman outdoor. Sistem fire hydrant memiliki sistem kerja yang mirip dengan peralatan pemadaman yang ada pada mobil pemadam kebakaran.

Dengan konstruksi sistem yang terdiri dari tandon penampungan air (reservoir), jaringan perpipaan jalur air, komponen output supply air seperti misalnya fire hydrant pillar, dan juga fire hydrant box, sistem fire hydrant menjadi solusi terbaik bagi kebutuhan perlindungan dan antisipasi yang dapat memberikan fungsi terbaik dalam upaya pemadaman api kebakaran dalam skala besar ketika alat-alat pemadam api tabung dengan kapasitas media pemadam terbatas tak lagi mungkin mampu untuk digunakan.

Fire Hydrant Nozzle, Fungsinya?

Sama halnya pula dengan peralatan pemadam pada mobil pemadam kebakaran, pada sistem fire hydrant juga diperlukan kehadiran selang pemadam api atau fire hose untuk digunakan sebagai perantara dalam membawa atau mengalirkan pasokan air dari komponen output atau pillar menuju ke dekat titik api, di mana jarak antara konstruksi hydrant pillar yang menjadi komponen output atau keluaran supply air tersebut mungkin saja terbilang berjauhan dari gedung terbakar atau lokasi kebakaran berada. Namun, dengan kehadiran komponen fire hydrant hose, maka untuk mengalirkan pasokan air tersebut akan menjadi jauh lebih mudah mengingat panjang selang pemadam tersebut dapat mencapai 20 hingga sampai 30 meter.

Pada masing-masing selang pemadam kebakaran atau fire hydrant hose, terdapat ujung yang dinamakan ujung male yang harus disambungkan menuju katup atau valve yang terdapat pada komponen keluaran/output baik komponen hydrant pillar outdoor ataupun hydrant box indoor dan juga ujung female yang harus dipasang dengan komponen fire hydrant nozzle.

Fire hydrant nozzle merupakan suatu komponen fire hydrant equipment yang berguna untuk mengendalikan pancaran air dengan cara menghentikan pancaran air, melepas atau membuka pancaran air, hingga mengatur besar debit ataupun tekanan dari pancaran air yang keluar agar sesuai dengan kebutuhan atau kondisi. Selain itu, komponen fire hydrant nozzle juga merupakan penentu dari bentuk pancaran air yang dihasilkan karena pada umumnya, fire hydrant nozzle didesain menjadi dua tipe yang berbeda, di mana masing-masing tipe tersebut dapat memberikan hasil pancaran air dengan bentuk yang berbeda-beda.

Fire Hydrant Nozzle, Desainnya?

Dua tipe desain fire hydrant nozzle tersebut antara lain adalah tipe smooth bore nozzle atau jet nozzle yang mampu memberikan hasil pancaran air dengan bentuk lurus, jauh, padat, dan bertekanan tinggi dan juga tipe fog nozzle atau spray nozzle yang mampu menghasilkan pancaran air denganbentuk meluas, lebar, bertekanan lebih rendah, dan membentuk serupa tirai pelindung. Sangat disarankan untuk memilih jenis smooth bore nozzle atau jet nozzle  untuk kebutuhan pemadaman titik api yang jauh dan berisiko atau tidak ada cara untuk mendekati ataupun untuk merubuhkan dinding dan pintu bangunan yang telah terbakar demi membuka jalan atau jalur untuk melanjutkan upaya pemadaman.

Sementara tipe desain fire hydrant nozzle yang kedua yaitu tipe fog nozzle atau spray nozzle ini sangat disarankan untuk dipilih dalam upaya penyelematan korban terjebak karena tirai air yang dihasilkan oleh fog nozzle atau spray nozzle ini mampu melindungi petugas yang ada di belakangnya. Selain itu, tipe fog nozzle atau spray nozzle ini juga sangat disarankan untuk digunakan dalam upaya penurunan suhu untuk mencegah timbulnya titik api kembali setelah proses pemadaman kebakaran berakhir.

Untuk material dasar pembuat fire hydrant nozzle, pada umumnya berasal dari kuningan maupun alumunium dengan ukuran diameter yang beragam, mulai dari 1,5 inchi, 2 inchi, dan juga 2,5 inchi. Sedangkan harga per satu buah fire hydrant nozzle pada umumnya berkisar mulai dari 350.000 rupiah hingga 650.000 rupiah bergantung pada merk, jenis material, ukuran, dan juga tipe desain fire hydrant nozzle tersebut.