Foam System Untuk Memadamkan Kebakaran: Bagiamana Cara Kerjanya

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
KORAN KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Foam system untuk memadamkan kebakaran memang tidak kalah saing dengan sistem pemadam lainnya. Bahkan, tak jarang beberapa bidang industri menggunakan foam system.

Foam System Untuk Memadamkan Kebakaran, Efektifkah?

Bagi semua industri, memiliki proteksi kebakaran adalah sebuah kewajiban. Tak hanya untuk melindungi aset dan bangunan, namun juga melindungi sumber daya manusianya.

Tak jarang industri yang menggunakan foam system sebagai proteksi kebakarannya. Mengapa dan efektifkah foam system untuk memadamkan kebakaran?

Perlu diingat bahwa banyak bidang industri yang memiliki atau bahkan dipenuhi dengan benda cair mudah terbakar atau flamable liquid. Hal ini menjadikannya masuk dalam klasifikasi kelas kebakaran B.

Foam System Untuk Memadamkan Kebakaran - Apa itu Foam System

Tentu saja, untuk memadamkan kelas kebakaran B, hydrant tidak dianjurkan melainkan media foam. Media air pada hydrant malah dapat memperluas area api, sedangkan foam mampu menyelimuti dan memutus mata rantai segitiga api.

Foam system sendiri terintegrasi dengan fire alarm dan memiliki detector. Ketikas terdeteksi adanya indikator kebakaran, foam system dapat mengeluarkan medianya secara otomatis.

Tentu saja menjadi keuntungan bagi area yang diproteksi ketika minim penjagaan atau malam hari. Hal ini semakin menguatkan bahwa foam system untuk memadamkan api di banyak industri cukup efektif.

Bagaimana Foam Terbentuk?

Mungkin banyak orang yang penasaran dan bertanya-tanya, darimana media foam berasal? Lalu bagaimana cara foam terbentuk?

Fakta menarik tentang foam system adalah bahan utamanya adalah air. Tentunya sangat bertolak belakang bila mengingat foam system ditujukan sebagai proteksi kebakaran flamable liquid.

Namun, untuk memproduksi foam memang membutuhkan pasokan air. Media air akan diolah terlebih dahulu dengan foam maker.

Tak hanya pasokan air dan foam maker, ada juga komponen lainnya dalam foam system untuk memadamkan kebakaran. Yakni fire pump, air foam concentrate, proportioner, foam discharge outlet control panel dan rangkaian pipa.

Foam System Untuk Memadamkan Kebakaran - Foam Tank

Bahkan foam system hadir dalam enam jenis dishcarge outlet. Mulai dari Air Foam Chamber, Air Foam Nozzle, Air Foam Spray Head, Subsurface Foam Injection, Air Foam-Water Monitor Nozzle dan High Expansion Foam Generators.

Masing-masing jenis disharge memiliki fungsi yang berbeda. Misalnya saja pada Air Foam Chamber dan Subsurface Foam Injection yang berfungsi untuk memproteksi tanki penyimpanan, seperti tanki terbuka. Keduanya didukung oleh Air Foam Nozzle.

Selain itu pada Air Foam Spray Head berguna untuk mereduksi kebakaran di atas permukaan cairan mudah terbakar. Sedangkan Air Foam Monitor Nozzle berfungsi untuk memadamkan api pada kilang minyak lepas pantai.

Demikian informasi seputar foam system untuk memadamkan kebakaran. Anda memiliki pertanyaan? Silahkan hubungi kami!

Penulis artikel & analis risiko kebakaran. Bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya proteksi kebakaran serta membantu mereka menemukan proteksi yang tepat untuk melindungi aset, usaha, dan bangunan yang dimiliki.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
alat pemadam kebakaran otomatis untuk alat bongkar muat

Alat Pemadam Kebakaran Otomatis Untuk Alat Bongkar Muat

Alat Pemadam Kebakaran Otomatis Untuk Alat Bongkar Muat Alat bongkar muat, kita…
Baca Selengkapnya
Distributor Pompa Hydrant Johstadt Surabaya Berkualitas

Distributor Pompa Hydrant Johstadt Surabaya Resmi

Di Patigeni yang merupakan distributor resmi pompa hydrant Johstadt Surabaya, kami menyediakan…
Baca Selengkapnya
Distributor Pompa Hydrant Portable Surabaya Terbaik

Distributor Pompa Hydrant Portable Surabaya: Tohatsu, Onga, Matsuko

Patigeni merupakan distributor pompa hydrant portable Surabaya terbaik, terlengkap, dan terpercaya. Pompa…
Baca Selengkapnya