Ukuran Selang Pemadam Kebakaran

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Ukuran Selang Pemadam Kebakaran yang sering digunakan petugas.

Ukuran Selang Pemadam Kebakaran

Selang pemadam merupakan perangkat yang sangat penting bagi sebuah tim pemadam kebakaran. Sebelum lebih jauh, sudah seharusnya kita memiliki pengetahuan tentang selang pemadam kebakaran. Selang tidak hanya digunakan untuk mendistribusikan air dari mobil pemadam, tapi juga mendistribusikan air dari hydrant pillar. Selain itu selang pamadam kebakaran memiliki ukuran yang berbeda beda tergantung tempat penggunaanya.

Selang pemadam kebakaran memiliki ukuran dan bahan yang berbeda beda, ada yang  terbuat dari canvas, dan red rubber. Contoh selang yang baik adalah selang yang ukurannya dapat menjangkau ke titik api, serta dapat menahan tekanan air yang tinggi misalnya mencapai 18-20 bar, sehingga selang pemadam ini tidak mudah rusak atau bocor karena mandapat tekanan air dibawah 18 bar.

Ukuran Selang Pemadam Kebakaran Indoor

Pada umumnya selang pemadam dibedakan menjadi dua, yaitu indoor dan outdoor. Kali ini kita akan membahas ukuran selang pemadam indoor. Selang pemadam indoor memiliki ukuran 1,5”x 30 meter dengan kapasitas air rata-rata 17 bar. Namun sudah banyak inndustri maupun perusahaan yang custom atau bisa dikatakan request pesanan menjadi 1,5”x 20 meter.

Bagi para pengguna selang pemadam sudah seharusnya memahami kelemahan, dan kekuatan tekanan, serta merk selang yang di butuhkan. Selain itu sudah seharusnya kita memahami tata cara penempatan selang pemadam karena akan berdampak pada penyimpanan dan pemakaian jangka panjang.

Ukuran Selang Pemadam Kebakaran Outdoor

Sesuai namanya selang pemadam tipe outdoor ditempatkan di luar. Rata- rata selang type outdoor berukuran 2,5”x 30 meter, namun ada juga selang pemadam outdoor dengan ukuran 2,5”x 20 meter dengan rata rata mampu menahan tekanan sekitar 17 bar. Disamping itu, kita juga harus memperhatikan tempat penyimpanan selang pemadam. Jika di simpan dengan baik dan benar, selang pemadam akan bertahan lama.

Mungkin bagi orang awam tidak terlalu memperhatikan ukuran maupun kekuatan tekanan air yang dapat di tahan oleh selang pemadam, bahkan orang awam menganggap jika terjadi kebakaran, api dapat dipadamkan dengan selang biasa pun bisa. Maka dari itu pentingnya pengetahuan mengenai berbagai macam alat pemadam beserta equipmentnya, salah satunya selang pemadam.

Maka dari itu PT. Patigeni Mitra Sejati hadir untuk menyediakan supplay, jasa inspeksi dan juga maintenance safety fire. Didukung dengan tim teknisi yang terampil. Dapatkan harga terbaik dengan mengirimkan kebutuhan anda ke email sales@patigeni.com atau hubungi di nomer 024-76400888.

 

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta Fire suppression system merupakan rangkaian proteksi…
Baca Selengkapnya

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler Saat ini tersedia banyak sekali jenis…
Baca Selengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Kitchen Suppression Systems?

Menurut data dari NFPA, 57% kebakaran restoran yang terjadi di US penyebab…
Baca Selengkapnya