Smoke Detector 4 Wire, Bagaimana Cara Kerjanya?

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
KORAN KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

smoke detector 4 wire

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas apa itu smoke detector, dan juga Tipe Smoke detector. Pada artikel sebelumnya kita membahas 2 wire smoke detector, kali ini kita akan bahas yang satunya, Yaitu 4 wire smoke detector.

smoke detector 4 wire

Smoke detector 2 wire dan smoke detector 4 wire sebenarnya hampir mirip. Kedua detector ini sama-sama dapat mendeteksi partikel diudara, jadi ia dapat langsung mengenali kepekatan sebuah asap yang masuk ke dalam alat detector.

Pengertian smoke detector 4 wire

Kita sudah dapat melihat jelas dari namanya, smoke detector 4 wire merupakan detector asap yang menggunakan 4 kabel. Tegangan detector ini diperoleh dari 2 kabel yang memiliki plus minus pada control alarm dan dua kabel sisa lainnya untuk mengirimkan sinyal.

Saat kepulan asap mulai masuk ke dalam detector dan kepadatannya sudah melebihi ambang batas, maka akan mengaktifkan rangkaian elektronik pada detector. Detector asap juga memiliki 2 jenis yang dapat digunakan.

smoke detector 4 wireDetector ini bekerja menggunakan sensor cahaya dan diarahkan pada sensor photoelectric tersebut. Dari picuan inilah, yang nantinya akan diteruskan ke fire alarm dalam bentuk sinyal. Sayangnya, detector ini masih memiliki kelemahan, yaitu mudah terpicu oleh debu dan menimbulkan false alarm yang berujung kepanikan.

smoke detector 4 wireDetector ini bekerja menggunakan metode ionization chamber. Tapi sayangnya detector ini masih memiliki kekurangan, yaitu dianggap tidak ramah lingkungan. Karena mengandung senyawa radioaktif. Setelah melewati batas umur pakainya, alat ini dikategorikan sebagai limbah radioaktif sebab didalamnya terdapat ameresium (senyawa radioaktif yang digunakan untuk mendeteksi asap).

Prinsip kerja dari smoke detector jenis ini.

Prinsip kerja dari detector asap ini hampir sama dengan smoke detector 2 wire. Alat ini akan mendeteksi kepadatan asap yang masuk pada alat detector. Jika asap sudah melebihi ambang batas kepadatannya, maka detector akan mengirimkan sinyal ke fire alarm. Sehingga alarm berbunyi.

smoke detector 4 wire

Masing-masing smoke detector memiliki spesifikasi yang berbeda. Pada saat pemasangan smoke detector, teknisi akan melakukan survey dan melalui perhitungan yang tepat, fire alarm dapat berfungsi dengan baik.

Butuh Fire Alarm?

Instalasi fire alarm tidak bisa dilakukan secara asal-asalan menyambungkan kabel. Pemasangan haruslah dilakukan oleh teknisi yang sudah berpengalaman di bidangnya. Salah satunya adalah patigeni.

Patigeni merupakan kontraktor di bidang alat-alat keamanan kebakaran yang sudah memiliki banyak klien di beberapa daerah di Indonesia. Teknisi kami berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.

Segera hubungi kami melalui menu contact us pada situs kami. Percayakan perlindungan aset berharga kepada kami. Kami siap melayani Anda.

Penulis Konten sistem proteksi kebakaran fire alarm dan membagikannya dalam bentuk tulisan ke khalayak umum mengenai kesadaran akan pentingnya sistem proteksi kebakaran.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Servis Alat Pemadam Surabaya Terbaik

Servis Alat Pemadam Surabaya: Tersedia Layanan On Site Service

Anda sedang mencari tempat servis alat pemadam Surabaya yang bagus? Ya di…
Baca Selengkapnya

Katalog Fire Alarm GuardALL Terlengkap Distributor Resmi

katalog fire alarm guardall Sedang berencana melakukan instalasi fire alarm? Ada baiknya…
Baca Selengkapnya
Supplier Alat Pemadam Kebakaran di Surabaya Terpercaya

Supplier Alat Pemadam Kebakaran di Surabaya Bersertifikasi Damkar

Cari supplier alat pemadam kebakaran di Surabaya terbaik? Patigeni jawabannya! Kami menjual…
Baca Selengkapnya