Fungsi Gate Valve Fire Hydrant

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Fungsi Gate Valve Fire Hydrant selengkapnya akan dibahas dalam artikel ini. Fire Hydrant adlaah salah satu sistem proteksi kebakaran yang banyak diinstal. Proteksi dijadikan langkah utama dalam mengantisipasi serta melakukan perlindungan dari risiko terjadinya bencana kebakaran.

Terdapat banyak sekali model atau varian dari perangkat sistem perlindungan kebakaran atau sistem fire safety yang dirancang sebagai perangkat pelindung bangunan, salah satunya yang terbaik adalah sistem fire hydrant. Pada umumnya, fire hydrant system merupakan suatu kesatuan sistem fire safety yang terdiri dari beberapa sub sistem yang meliputi pump house, jaringan penginstalasian pipa air, fire hydrant pillar, dan fire hydrant box, di mana keseluruhan dari sistem fire hydrant ini memiliki fungsi utama sebagai perangkat pemadam kobaran api kebakaran dengan performa yang nyaris mirip dengan performa dari mobil petugas pemadam kebakaran atau fire brigade. Terlebih, kapasitas air yang tersimpan dapat jauh lebih banyak dibandingkan kapasitas media air yang mampu dimuat oleh satu mobil petugas damkar.

Persediaan air selaku agen pemadam untuk melawan nyala api kebakaran ini disimpan di dalam tangki penampungan air yang dibangun baik di atas permukaan tanah, maupun di bawah permukaan tanah. Terdapat banyak komponen yang berperan dalam proses penyaluran air dari dalam tangki penyimpanan air hingga bisa keluar melalui selang pemadam kebakaran atau fire hose reel yang tersedia di dalam sub sistem fire hydrant box. Salah satu komponen yang berperan tersebut di antaranya adalah komponen hydrant valve atau katup hidran. Hydrant valve dalam perangkat fire hydrant system ini berfungsi sebagai pengontrol yang mengatur aliran air yang dipompa oleh fire pump atau pompa kebakaran. Hydrant valve ini bekerja dengan cara membuka atau menutup jalannya aliran air atau bahkan menghambat jalannya sebagian aliran air.

Fungsi Gate Valve Fire Hydrant

Valve dalam perangkat fire hydrant system dirancang dengan berbagai model dan jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing. Salah satu jenis hydrant valve tersebut adalah jenis gate valve. Hydrant valve dengan jenis gate valve  ini  lebih sering diaplikasikan pada sistem instalasi perpipaan. Gate valve memiliki bentuk serupa penyekat seperti wedge (piringan) atau dapat pula berbentuk persegi panjang yang memiliki ruang gerak ke atas ataupun ke bawah. Gate valve sengaja dirancang sedimikian rupa dengan menggunakan material dari alumunium sehingga komponen gate valve ini memiliki sifat yang tahan lama, awet, dan kuat, serta tahan terhadap kelembaban dan suhu apapun sehingga akan bebas dari risiko korosif atau berkarat.

Fungsi gate valve fire hydrant ini sendiri adalah sebagai perangkat hydrant valve yang dapat melindungi perangkat fire hydrant dari risiko kerusakan yang kemungkinan dapat terjadi jika mengaplikasikan komponen throttling atau klep penutup. Selain itu, fungsi gate valve fire hydrant yang lainnya adalah sebagai perangkat yang mengatur buka-tutup untuk menahan atau mengalirkan aliran air di dalam pipa-pipa air yang diinstalasi di dalam perangkat fire hydrant system. Namun, disarankan agar tidak mengoperasikan gate valve dengan keadaan setengah terbuka atau setengah tertutup.

Untuk informasi seputat fire hydrant, hubungi call center kami (024)-76400888 atau hotline kami di 08882560888.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Distributor Alat Pemadam Kebakaran Jakarta

Alat pemadam kebakaran adalah alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran saat awal…
Baca Selengkapnya

Tempat Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran di Jakarta

Tempat isi ulang tabung pemadam kebakaran di Jakarta Raya bisa Anda lakukan…
Baca Selengkapnya

Fire Alarm Hong Chang Jakarta

Fire Alarm Hong Chang Jakarta Hong Chang merupakan salah satu merek fire alarm…
Baca Selengkapnya