Standar penempatan APAR sebenarnya sudah dirangkum dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No : PER.04/MEN/1980 Tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan, namun masih banyak dari kita yang belum mengetahui hal tersebut. Maka dari itu, pada artikel kali ini akan coba dijabarkan standar penempatan APAR yang baik dan benar menurut Permenakertrans.

Poin-poin Standar Penempatan APAR Pada Permenakertrans

Ada beberapa poin dalam Permenakertrans yang akan dirangkum di bawah ini. Poin-poin di bawah ini dimaksudkan untuk mencegah APAR dari kerusakan dan yang terpenting mudah diakses bila terjadi kebakaran. Poin-poinnya adalah sebagai berikut:

  • Tempatkan APAR di tempat yang mudah diakses dan tidak terhalang oleh benda-benda lain.
  • Pasang APAR pada dinding, minimal 15 cm dari atas lantai atau idealnya 125 cm dari atas lantai.
  • Lengkapi dengan tanda APAR yang dapat dipasang tepat di atas APAR.
  • Jarak pemasangan APAR satu dengan lainnya adalah 15 meter atau dapat disesuaikan dengan saran yang diberikan oleh ahli K3.

Standar Penempatan APAR Poin-poin Pada Permenakertrans

Poin-poin di atas haruslah digunakan sebagai acuan standar penempatan APAR bagi para pemilik APAR. Tujuannya agar APAR mudah diakses dan tidak rusak karena salah metode penempatan.

Bagaimana Standar Penempatan APAR Luar Ruangan?

Selain keempat poin di atas, jika APAR diletakan di luar ruangan, maka ada komponen penting yang harus ditambahkan. Dikarenakan di luar ruangan paparan cuaca tidak dapat dihindarkan, maka APAR sebaiknya harus dilindungi dengan komponen tambahan berupa box APAR.

Standar Penempatan APAR Luar Ruangan dengan Box APAR

Box APAR berfungsi melindungi APAR dari paparan sinar matahari langsung dan cuaca ekstrem. Karena, jika APAR terkena paparan cuaca ekstrem tanpa dilindungi box APAR, tak ayal jika komponen APAR terutama tabung APAR akan keropos. Tak hanya itu, media dalam APAR-pun juga akan menggumpal atau bisa saja kadaluarsa lebih dini. Maka, standar penempatan APAR di luar ruangan haruslah menggunakan box APAR, supaya APAR terlindungi.

Inspeksi Berkala dan Standar Penempatan APAR untuk Menjaga Performa APAR

Selain menempatkan APAR sesuai standar penempatan APAR, inspeksi APAR berkala juga tidak boleh sampai ditinggalkan. Inspeksi APAR berkala akan menjaga APAR milik Anda tetap dalam kondisi prima.

Namun, terkadang Anda menemui kesulitan-kesulitan dalam menjadwalkan inspeksi, bahkan kadang lupa melakukannya. Nah, oleh sebab itu, kini Patigeni menawarkan aplikasi untuk memanage APAR, khususnya dalam menjadwalkan inspeksi.

Aplikasi ini akan membantu Anda menjadwalkan inspeksi APAR Anda secara berkala dan akan mengingatkannya melalui notifikasi via smartphone, sehingga Anda tidak akan lupa untuk menginspeksi APAR. Selain itu, data informasi APAR dan inspeksi juga akan tersimpan dengan aman dalam aplikasi ini dan dapat dicek kapanpun dan dimanapun.

Sangat ringkas bukan jika menggunakan aplikasi APAR ini? Jika Anda tertarik dan ingin mencoba pengalaman baru dalam memanage APAR secara digital, Anda bisa menghubungi tim kami, dengan senang hati kami akan membantu Anda.

Standar Penempatan APAR dan Inspeksi APAR dengan Aplikasi APAR Patigeni