Fungsi Hydrant Box

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Fungsi Hydrant Box

Fungsi Hydrant Box

Melaksanakan instalasi sistem-sistem perlindungan bencana kebakaran untuk melengkapi sistem keamanan bangunan Anda adalah satu hal wajib yang harus dipenuhi demi menjamin keselamatan bangunan dari risiko kerugian fatal akibat terjadinya bencana kebakaran yang mungkin bisa saja mengancam bangunan Anda dalam waktu yang sama sekali tidak terduga.

Solusi Sistem Proteksi kebakatan

Dalam perencanaan kebutuhan perlindungan bencana kebakaran, maka Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan mengenai ragam-ragam sistem proteksi bencana kebakaran yang sebelumnya telah digolongkan ke dalam sistem proteksi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan bangunan Anda. Sebelum memutuskan pilihan, sebaiknya Anda benar-benar memperhitungkan tingkat keefektifan dan performa dari jenis sistem proteksi yang akan Anda instalasi sebagai pelindung dan pengantisipasi bangunan Anda dari ancaman risiko bencana kebakaran.

Sebagai rekomendasi, sistem fire hydrant bisa menjadi solusi handal bagi kebutuhan sistem proteksi bencana kebakaran untuk bangunan Anda. Pada dasarnya, sistem fire hydrant ini berperan sebagai sistem pemadam api kebakaran di mana mempunyai sistem kerja yang hampir menyerupai sistem kerja dari perlatan pemadam yang ada pada mobil pemadam kebakaran. Dengan pemanfaatan sumber air sebagai pasokan media pemadam api, sistem fire hydrant dinilai sangat fleksibel serta efektif untuk melengkapi sistem keamanan bangunan Anda, sebab media air adalah media pemadam yang paling handal, biaya terjangkau, mudah ditemukan, serta yang terpenting dapat digunakan untuk menghadapi dan memadamkan berbagai klasifikasi api kebakaran.

Sama halnya dengan konstruksi sistem proteksi bencana kebakaran yang lain, sistem fire hydrant dirancang dengan terdirikan dari beberapa komponen utama (seperti fire pumps, tangki penampungan supply air, fire hydrant pillar, fire hydrant box) serta beragam aksesoris atau komponen-komponen pelengkap/fire equipment (seperti fire hose, hose rack, coupling machino, hydrant valve, fire nozzle, pressure switch, pressure gauge, Siamese connection, dan lain sebagainya).

Penitngnya Fire Hydrant Box

Memiliki sistem fire hydrant pada bangunan Anda adalah satu hal yang harus diperhatikan baik-baik dalam segi perawatan dan pemeliharaannya, baik pada komponen utama maupun pada aksesoris dan komponen-komponen pendukung. Untuk itulah, salah satu komponen utama sistem fire hydrant, yaitu fire hydrant box, diciptakan. Fungsi hydrant box secara sederhana bisa dikatakan sebagai perangkat box untuk menyimpan beragam fire equipment agar fire equipment tersebut aman, tidak hilang, ataupun supaya tahan lama dan mencegah penurunan daya fungsi alat dalam jangka waktu yang terlalu cepat.

Fire equipment yang biasa disimpan di dalam komponen fire hydrant box tersebut antara lain adalah selang pemadam (fire hose), hose rack, fire nozzle, hydrant valve, dan coupling machino. Jika tidak ada fire hydrant box, maka fire equipment ini akan mudah tercecer dan berisiko dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, apabila fire equipment tersebut diletakkan pada tempat terbuka, maka akan berpotensi mempercepat penurunan daya fungsi equipment dikarenakan terkena udara ataupun perubahan suhu dan paparan panas matahari secara langsung.

Seperti misalnya beberapa equipment yang terbuat dari baja akan lebih cepat mengalami korosif atau berkarat apabila tidak disimpan dengan baik di dalam hydrant box. Selain itu, penyimpanan fire hose yang berantakan akan mempersulit petugas ketika akan mengoperasikannya, mengingat panjang fire hose mencapai 30 meter sehingga akan memakan waktu lama untuk mengurainya apabila telah terbelit tidak teratur.

Oleh karena itu, fungsi hydrant box ini dinilai sangat penting, terutama untuk mencegah biaya tambahan, baik untuk memperbaiki ataupun untuk mengganti fire equipment dalam jangka waktu yang terlalu cepat. Fire hydrant box sendiri telah dirancang dengan terbuat dari material stainless steel yang tahan terhadap perubahan suhu, serta dengan dilapisi cat khusus yang mampu melindungi material dari gangguan kotoran. Tak hanya itu, fitur kunci pada hydrant box juga semakin menambah keamanan pada fire equipment Anda.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta Fire suppression system merupakan rangkaian proteksi…
Baca Selengkapnya

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler Saat ini tersedia banyak sekali jenis…
Baca Selengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Kitchen Suppression Systems?

Menurut data dari NFPA, 57% kebakaran restoran yang terjadi di US penyebab…
Baca Selengkapnya