Fungsi Tabung Pemadam Kebakaran

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Fungsi Tabung Pemadam KebakaranTabung pemadam kebakaran/api memiliki dua jenis yaitu berupa alat pemadam kebakaran api ringan (APAR) atau alat pemadam kebakaran api berat (APAB). Perbedaan keduanya hanya terletak pada besar dan kecil alatnya. Pada apar alatnya lebih kecil dan portable. Sedangkan pada APAB memiliki ukuran yang lebih besar sehingga biasanya dipakai dengan menggunakan trolly. Jika suatu kebakaran yang terjadi hanya api kecil atau hanya digunakan untuk pertolongan pertama biasanya menggunakan APAR, sedangkan jika api lebih besar menggunakan APAB. Umumnya banyak digunakan APAR pada sekolah dan rumah-rumah, dan digunakan APAB pada gedung yang lebih besar. lalu bagaimana Fungsi Tabung Pemadam Kebakaran menurut tipe medianya?

Fungsi Tabung Pemadam Kebakaran sesuai jenis kebakaran

Dry Powder
Fungsi tabung pemadam kebakaran pada alat dry powder yaitu dapat memadamkan kebakaran pada benda padat, cair, maupun elektrikal. Alat ini terdiri dari Mono-ammonium phosphate and Ammonium sulphate, dan tergolong perlatan pemadam kebakaran yang lebih murah dan efisien sehingga termasuk jenis alat yang banyak penggunanya.
Cara kerja alat ini yaitu dengan menyelimuti area kebakaran agar tidak berinteraksi dengan oksigen. Sebaiknya dalam pemanfaatan fungsi tabung pemadam kebakaran jenis ini, hindari kontak dengan mata dan pernafasan.

Karbon Dioksida (CO2)
Pada pemadam kebakaran dari CO2 saat erada di dalam tabung berbentuk cair, namun saat disemprotkan berbentuk gas. Cara kerja alat ini yaitu dengan mendorong oksigen sampai batas minimal sehingga mempersempit proses reaksi oksigen dengan unsure lain. maka nyala api dapat dikendalikan. Fungsi tabung pemadam kebakaran dengan CO2 untuk memadamkan api oleh elektrikal seperti akibat konsleting listrik atau peralatan elektronik lain yang terbakar.Dikarenakan sifatnya yang tidak meninggalkan residu, serta aman untuk peralatan elektronik menjadikan alat ini banyak menjadi pilihan. Sebaiknya saat menggunakan alat pemadam jenis ini menggunakan brething apparatus sehingga dapat memudahkan dalam bernafas saat memadakan api, dan menghindarkan diri dari menghirup udara langsung yang dapat mengganggu pernafasan.

Foam (Buih)
Tabung pemadam kebakaran dari Foam (buih) biasanya banyak digunakan pada tempat atau industri yang memiliki potensi kebakaran dari benda padat non-logam dan cairan yang gampang terbakar. Fungsi tabung pemadam kebakaran alat ini yaitu menutup dan mendinginkan itik api. Sehingga bara api dpat dikendalikan atau dipadamkan.
Biasanya digunakan sebagai media dalam pemadam kebakaran portable. Selain itu, foam ini juga banyak digunakan untuk sistem proteksi kebakaran untuk industri oil and gas karena sangat cepat dalam memadamkan api yang bersumber dari minyak. Selain itu, sifat baik dari alat ini yaitu dapat mendinginkan api dengan cepat sehingga panas pada kebakaran dapat dikendalikan.

Berdasarkan fungsi tabung pemadam kebakaran yang telah kita bahas pada artikel ini, tentunya kita jadi lebih mengerti bahwa penting memahami fungsi kerja suatu alat kebakaran dan media yang cocok digunakan. Sehingga kita menjadi lebih berhati-hati dan tidak salah dalam menggunakan alat, karena dapat berakibat fatal.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Aksesoris Hydrant - Aksesoris Hydrant

Aksesoris Hydrant dalam Sistem Fire Hydrant

Aksesoris hydrant merupakan komponen-komponen pendukung bekerjanya sistem fire hydrant. Lalu bagaimana kah…
Baca Selengkapnya
Pengertian Hydrant - Fire Hydrant

Pengertian Hydrant dan Cara Kerja Sistemnya

Pengertian hydrant dalam sebuah sistem proteksi kebakaran harus Anda ketahui sebagai pengguna…
Baca Selengkapnya

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm Pendeteksian sinar / beam telah menjadi…
Baca Selengkapnya