Hose Nozzle HoosekiKebakaran merupakan  suatu kejadian yang dapat mengakibatkan kerugian baik bagi pemilik gedung maupun penghuni bangunan. Kerugian bagi pemilik gedung adalah kehilangan aset dan citra baik gedung di mata pelanggan dan masyarakat. Apabila gedung adalah sebuah pusat perbelanjaan maka banyak pelanggan yang tidak akan mempercayai untuk berbelanja disana dengan alasan keselamatan, hal ini tentu akan berdampak pada pendapatan yang dihasilkan. Selain itu, pemilik gedung juga harus bertanggung jawab apabila ada nyawa penghuni atau pelanggan yang hilang akibat kejadian kebakaran tersebut terlebih jika alasannya adalah instalasi pemadam kebakaran yang buruk terlebih tidak adanya proteksi pemadam kebakaran di ruangan serta ketidatersediaan sistem hidran. Sistem hidran merupakan sistem yang diwajibkan untuk tersedia di luar rungan dan berfungsi untuk memadamkan kebakaran dalam skala yang besar. Kebakaran sendiri didefinisikan sebagai api yang tak terkendali, jika dalam skala kecil, api masih tidak dapat dikenadalikan oleh alat pemadam kebakaran ringan maka para pemadam kebakaran akan menggunakan sistem hidran yang ada di  luar ruangan. Sistem hidran umumnya terdiri dari beberapa komponen seperti hydrant pillar, pompa kebakaran, sumber air, selang kebakaran, nozzle, siamase connection dan hydrant box sebagai alat tambahan. Selang kebakaran pada sistem hidrant berfungsi sebagai media alir air dari sumber menuju titik kebakaran. Selang kebakaran umumnya berukuran 30 meter dan dilengkapi dengan nozzle yang berfungsi mengarahkan alairan air menuju titik kebakaran dengan bantuan tekanan dari pompa. Tekanan berfungsi memancarkan air sehingga nozzle dapat bekerja untuk mengecilkan ukuran air saat keluar. Nozzle umumnya terbuat dari bahan kuningan. Ada dua jenis kepala nozzle yang ditawarkan di pasaran antara lain.

Hose Nozzle Hooseki Memiliki 2 jenis

  1. a) Kepala Nozzle dengan bahan konstruksi kuningan yang berfungsi atau dapat digunakan untuk keluaran air  jet.
  2. b) Kepala Nozzle dengan bahan konstruksi aluminium yang berfungsi atau dapat digunakan untuk keluaran air Variable spray/ jet.

Nozzle pemadam kebakaran juga dilengkapi dengan tali selempang, di bagian tengah nozzle di lengkapi dengan tali berwarna merah yang bertujuan agar nozzle tidak licin saat digunakan ketika terjadi kebakaran. Nozzle pemadam kebakaran ini terdiri dari 2 (dua) ukuran yaitu ukuran 2.5 inchi dan 1.5 inchi. Hooseki merupakan salah satu  perusahaan yang dapat dijadikan mitra proteksi kebakaran dengan menawarkan produk berkualitas tinggi. Salah satu jenis alat yang diproduksi adalah selang kebakaran dengan keunggulan tahan terhadap korosi, tidak berat dan fleksibel, awet digunakan dan biaya maintannace sangat rendah. Hooseki juga menawarkan nozzle pemadam kebakaran yang terbuat dari material  Alumunium A6061, meterial ini terdiri dari magnesim dan silikon, elemen utama dari material ini adalah “Alloy 61S” yang memiliki sifat sangat kuat, tidak mudah keropos atau rusak, namun tetap ringan jika diangkat. Untuk sambungan ke selang fire hose. Hooseki fire noozle yang banyak dipasaran memiliki panjang 457 mm, berat 0,364 kgs pada ukuran 1,5 inci. Untuk ukuran 2,5 inci, panjangnya sekitar 730 mm dan berat  1.065 Kg.