Peralatan Perlindungan Kebakaran di Tempat Kerja

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Peralatan Perlindungan Kebakaran di Tempat KerjaSebuah tempat kerja yang biasa dijadikan beraktivitas kita semua dapat menjadi rumah kedua. Hal itu dikarenakan hampir seharian penuh bahkan hingga malam dihabiskan di sana. Oleh karena itu, semua tempat kerja harus dibuat nyaman dan aman agar pekerjaan dapat berjalan optimal. Sementara itu, Anda merupakan salah satu orang yang bertanggung jawab untuk keselamatan kebakaran di tempat kerja. Peralatan perlindungan kebakaran begitu bervariasi karena terdiri atas banyak jenis dan macamnya. Misalnya, tergantung pada usia, ukuran, penggunaan, dan jenis bangunan yang akan dipasang peralatan pemadam kebakaran. Secara umum, ada dua jenis perlindungan keselamatan kebakaran: Pertama, yaitu bersifat pasif. Artinya, perlindungan kebakaran tersebut meliputi ruang gedung, pintu kebakaran tangga koridor, lift, dan lain sebagainya. Kedua, yaitu bersifat aktif. Artinya, peralatan keselamatan kebakaran yang dibutuhkan di tempat kerja harus dipastikan berfungsi dengan baik dan tak ada gangguan berarti.

Peralatan Perlindungan Kebakaran di Tempat Kerja sangat Krusial

Sementara itu, ada beberapa peralatan perlindungan kebakaran standar yang seharusnya terpasang di tiap tempat kerja, yaitu sebagai berikut.

  1. Sistem deteksi api. Sistem yang dimaksud dapat dibedakan menjadi sistem otomatis atau manual.  Namun demikian, direkomendasikan memiliki kedua sistem tersebut untuk diinstal. Anda harus menguji alarm kebakaran Anda sekali per minggu untuk mengetahui fungsi dan manfaatnya sudah maksimal atau belum. Selain itu, perlu pemahaman juga kepada tiap orang di tempat kerja untuk lebih peka terhadap tanda atau gejala kebakaran meskipun hanya kecil.
  2. Tanda peringatan. Penerangan darurat dan tanda-tanda peringatan juga bagian penting dari peralatan pemadam kebakaran di tempat kerja. Pasalnya, tempat kerja Anda harus memiliki sistem cadangan pemadam kebakaran, untuk mengantisipasi listrik padam saat terjadi kebakaran. Dengan begitu, alarm atau tanda peringatan tetap berfungsi dengan baik. Sementara itu, tanda-tanda peringatan harus dipahami oleh semua orang tanpa terkecuali, sehingga memang perlu sosialisasi yang baik dan benar.
  3. Peralatan pemadam kebakaran. Alat pemadam kebakaran merupakan hal penting yang harus difungsikan ketika asap api mulai tercium. Silakan Anda sekalian untuk memilih dan menentukan sendiri tipe alat pemadam kebakaran seperti apa yang cocok untuk dipasang di tempat kerja masing-masig. Namun perlu diingat, dibutuhkan setiap 15 m2 minimal 1 alat pemadam kebakaran yang harus dipasang di setiap lantai. Anda bisa memperhitungkan sendiri sesuai kebutuhan dan luas tempat kerja yang dimiliki.
  4. Sistem sprinkler otomatis. menjadi salah satu pilihan yang dapat dipasang sebagai alat pemadam kebakaran di tempat kerja. Sistem yang mampu memasok air bertekanan tinggi, lalu dialirkan pada bagian saluran-saluran yang telah dipersiapkan untuk dipancarkan airnya. Dengan begitu, tanda kebakaran bisa diantisipasi lebih dini. Sementara itu, selimut api harus ditempatkan di beberapa ruang yang berpotensi tinggi terjadi kebakaran, seperti dapur, laboratorium, atau tempat kendaraan (garasi). Peralatan tersebut harus ditemukan dengan mudah, sehingga dapat segera dimanfaatkan saat terjadi tanda kebakaran.

Tindakan pencegahan yang harus diambil. Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, Anda perlu menguji sistem alarm secara berkala atau rutin untuk menjamin kualitas dan fungsinya. Sementara itu, semua karyawan tanpa terkecuali harus menerima pelatihan sebelum menggunakan setiap bagian proteksi peralatan pemadam kebakaran. Selain itu, harus ada pihak atau orang yang memenuhi syarat (seseorang dengan pengetahuan dan pengalaman di bidang pemadam kebakaran), untuk melakukan pemeriksaan rutin dari peralatan pemadam kebakaran dan semua pernak-pernik yang berkaitan dengan semua itu.Rencana evakuasi juga harus dipikirkan secara matang sebagai salah satu tahapan penyelamatan karyawan di tempat kerja. Harus ada penjelasan kepada karyawan beserta latihan kebakaran harus dilakukan dalam setiap tahun seperti yang direkomendasikan oleh para pakarnya. Bahkan, dianjurkan untuk mencatat latihan kebakaran untuk referensi di masa mendatang.Dengan pengadaan peralatan proteksi kebakaran seperti yang ditulis di atas, sangat mungkin tragedi dapat dicegah. Api dapat muncul secara tiba-tiba dari hal sepele. Namun demikian, Anda dapat dengan mudah mencegah dan memadamkannya karena sudah terpasang peralatan proteksi kebakaran yang tepat.

 

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya