Pemadam Api Untuk Restoran

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Pemadam Api Untuk RestoranPeristiwa atau bencana kebakaran merupakan satu risiko mengerikan yang harus Anda pertimbangkan ketika Anda mulai membuka tempat bisnis atau usaha, terutama apabila Anda memilih restoran sebagai wujud bisnis Anda. Di dalam restoran, risiko terjadinya peristiwa kebakaran tentunya akan sangat besar mengingat setiap bangunan restoran tentunya memiliki ruang dapur yang sudah pasti menjadi pusat terbesar dari kegiatan bisnis Anda namun ternyata menyimpan begitu banyak faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab utama terjadinya risiko bencana kebakaran.

Di dalam ruang dapur, dengan sumber panas yang besar, baik panas dari kompor (gas dan api), oven, alat pemanggang, dan sebagainya, serta berbagai peralatan memasak elektronik seperti oven listrik, blender, mixer, hingga kulkas, dan sebaginya, tentunya akan menjadi sumber penyebab utama yang sangat mudah sekali memicu nyala api tak terkendali yang kemudian dapat berubah sebagai bencana kebakaran yang mengerikan baik dengan klasifikasi kebakaran jenis listrik maupun kebakaran dapur dengan klasifikasi kelas K. Kebakaran yang terjadi di dalam restoran pun tidak dapat diatasi atau dipadamkan nyala apinya dengan mudah seperti kasus-kasus kebakaran dalam kelas atau klasifikasi lain, karena muatan terbakar yang menjadi jalan merambatnya api kebakaran tersebut sebagian besar adalah lemak atau minyak yang tentu saja menjadi sumber terbanyak yang terdapat di dalam dapur, maupun tempat penyajian makanan.

Sifat minyak atau lemak tersebut pun apabila telah terjalar oleh nyala api, terlebih oleh nyala api yang besar dan tidak terkendali ketika bencana kebakaran terjadi, maka cenderung akan bersifat sulit untuk bisa dipadamkan. Sehingga, kebakaran kelas K ini tidak tepat apabila diatasi dengan alat pemadam api bermuatan air karena sifat air dan minyak yang tidak mungkin dapat bersatu sehingga apabila tetap digunakan air sebagai media pemadam api kebakaran dengan material berupa minyak atau lemak, dikhawatirkan justru berisiko membahayakan petugas serta berisiko memperluas titik api karena air yang disemprotkan atau disiram justru hanya akan mendorong atau memercikkan kandungan minyak menjadi semakin luas dengan tersebarnya titik-titik api yang baru sehingga bukannya memadamkan, justru semakin memperparah kondisi kebakaran yang terjadi.

Kebakaran yang dipicu oleh minyak atau lemak pun juga kurang tepat apabila diatasi dengan menggunakan alat pemadam api bermuatan dry chemical powder atau bubuk kering kimia. Meskipun penggunaan alat pemadam api bermuatan dry chemical powder untuk mengatasi kebakaran akibat lemak atau minyak dinilai aman, namun tetap saja kurang efektif karena keberhasilan pemadaman api kebakaran dengan muatan bubuk kering kimia dalam kasus ini cenderung akan memakan waktu lama dan boros atau membutuhkan lebih banyak muatan bubuk kering kimia tersebut mengingat sifat panas yang telah ada pada muatan minyak atau lemak tersebut tentu saja tidak akan cepat reda atau turun dalam waktu singkat jika hanya diredam dengan muatan dry chemical powder.

Penggunaan alat pemadam api bermuatan gas CO2 atau karbondioksida juga dinilai kurang efektif karena kebakaran di dalam restoran tentunya akan sangat luas dan cenderung menimbulkan nyala api kebakaran yang bersifat membandel dan sulit dipadamkan jika hanya diatasi dengan penggunaan gas CO2.

Pemadam Api Untuk Restoran, Apa media yang tepat?

Oleh karena itu, alat pemadam api untuk restoran yang paling tepat adalah dengan menggunakan alat pemadam api yang mengandung muatan busa atau foam extinguisher. Kandungan busa ini sangat tepat dan efektif untuk mengatasi api kebakaran akibat cairan terbakar termasuk pula minyak atau lemak baik sayuran (nabati) maupun hewani. Dengan bentuk busa yang sangat dingin, muatan pemadam ini akan langsung menyelimuti titik atau zona api kebakaran dengan mudah saat pertama kali disemprotkan di zona api kebakaran. Sehingga, pergerakan minyak atau lemak yang memicu perluasan nyala api pun akan langsung terhenti, bersamaan dengan terputusnya aliran oksigen karena tertutup oleh muatan foam tersebut. Proses pemadaman tersebutlah yang dimaksud tepat dan efektif dalam menghadapi kebakaran kelas K yang terjadi di dapur atau restoran.

Namun, untuk mendapatkan perlindungan keamanan dan pemadaman kebakaran kelas K yang jauh lebih baik dengan tingkat keberhasilan tinggi dan tingkat kerugian lebih rendah, maka direkomendasikan bagi Anda pengusaha restoran untuk tidak hanya menyiapkan perlengkapan proteksi dalam bentuk APAR atau APAB saja, namun juga melengkapi ruang dapur dengan sistem pemadam otomatis berupa Restaurant System yang mampu bekerja dan merespon secara otomatis yang pada umumnya memiliki pola pemadaman secara pendinginan dan saponifikasi yang aman serta efektif dalam memadamkan dan mengendalikan nyala api kebakaran sehingga peristiwa kebakaran tersebut akan dapat diatasi secepat mungkin secara otomatis sebelum titik api kebakaran tersebut sempat menjalar ke area yang lebih luas lagi.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta Pompa Hydrant adalah perangkat yang sangat penting dalam…
Baca Selengkapnya

Cek Penawaran Menarik Isi Ulang APAR Glodok di Sini!

Isi ulang APAR Glodok dan sekitarnya sekarang sudah tidak perlu bingung untuk…
Baca Selengkapnya

Pemeriksaan dan Pengujian Hidrostatik APAR

Dokumen Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 26 tahun 2008 tentang "Persyaratan Teknis…
Baca Selengkapnya