Cara Mengecek APAR CO2

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Cara mengecek apar co2Menjamin keamanan dan keselamatan pada suatu bangunan atau gedung yang Anda miliki dapat diwujudkan dalam beragam tindakan nyata, seperti salah satunya adalah dengan menyediakan atau melengkapi bangunan yang Anda miliki dengan alat pemadam api portable. Alat pemadam api portable yang umumnya diaplikasikan pada kebanyakan gedung adalah alat pemadam api portbale jenis ringan atau APAR di mana ukuran APAR dinilai lebih mudah dalam segi penyimpanan dan pengoperasiannya.

Demi memastikan bahwa kondisi APAR yang dimiliki pada suatu bangunan tersebut benar-benar siap untuk digunakan kapan pun ketika kondisi darurat untuk pemadaman api kebakaran dibutuhkan, hendaknya seluruh APAR yang disediakan pada bangunan tersebut diadakan pemeriksaan atau pengecekan secara rutin. Pengecekan APAR tersebut juga bertujuan untuk memeriksa isi muatan pada APAR apakah telah mencapai masa untuk dilakukan pengisian ulang muatan atau belum. Selain itu, pengecekan APAR dilakukan pula untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi keseluruhan komponen APAR apakah ada bagian yang rusak atau memerlukan perawatan (servis), hingga memeriksa usia manfaat dari APAR tersebut apakah telah mencapai atau bahkan melebihi usia manfaat sehingga harus diganti dengan APAR yang baru ataukah tidak.

Langkah dan cara-cara yang harus dipenuhi ketika mengecek APAR pada umumnya meliputi pemeriksaan segel, pemeriksaan tekanan yang dapat ditinjau melalui pressure gauge, pemeriksaan selang dan juga nozzle APAR, pemeriksaan historis pengisian ulang muatan, pemeriksaan tabung, dan pemeriksaan muatan apakah terdapat pengendapan atau lain sebagainya, dan masih banyak lagi.

Cara Mengecek APAR CO2 dengan menimbang

Tahap pemeriksaan muatan pada setiap jenis atau klasifikasi APAR masing-masing memiliki cara pengecekan yang berbeda-beda. Cara mengecek jenis APAR yang paling sering menjadi hal yang membingungkan bagi masyarakat adalah cara mengecek APAR berjenis CO2. APAR CO2 dengan tabung yang berisi muatan gas karbondioksida ini memiliki cara pengecekan yang khusus. Pada tabung APAR CO2, pada umumnya telah tercantum kode seri beserta keterangan informasi mengenai berat kosong APAR atau berat tabung APAR tanpa berat muatan gas karbondioksida.

Cara Mengecek APAR CO2, diterapkan prinsip berat total dari APAR ketika pemeriksaan harus memiliki total berat yang dijumlahkan dari keterangan berat kosong (semisal 5,3 kilogram) ditambah dengan berat normal muatan gas karbondioksida yang sesuai dengan konstruksi tabung, semisal seberat 4,6 kilogram, sehingga berat total normal pada APAR ketika pemeriksaan adalah 9,9 kilogram. Apabila berat APAR dapart mencapai angka tersebut, maka APAR CO2 tersebut dapat digolongkan ke dalam kondisi yang baik. Namun, apabila berat lebih rendah hingga sampai 10% dari berat total, maka harus diadakan pengisian tambahan muatan gas karbondioksida hingga mencapai berat normal.

Berbeda dengan APAR bermuatan lainnya yang dapat diukur tingkat kondisinya berdasarkan tekanan yang dapat ditinjau melalui pressure gauge, APAR dengan muatan CO2 atau gas karbondioksida memang memiliki rancangan yang tidak direkomendasi untuk difasilitasi aksesoris pressure gauge, sehingga untuk pengecekan APAR CO2 tidak dengan jalan mengukur tekanan, melainkan dengan melakukan penimbangan.

Selain mengecek berat muatan, pada APAR CO2 juga harus dilakukan pengecekan Cartdridge untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran. Pada umumnya, APAR jenis CO2 juga harus mendapatkan pengujian tekanan hidrostatik secara berkala, yaitu sekali setiap lima tahun. Pengujian hidrolik ini sangat penting mengingat APAR CO2 memang memiliki fungsi operasional yang harus didukung dengan tekanan yang sangat tinggi sehingga pengujian tersebut sangat berpengaruh dalam menjaga performa APAR itu sendiri.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya