Isi ulang APAR Semarang dilakukan oleh teknisi berpengalaman dibidangnya selama bertahun-tahun ada di sini!

Isi Ulang APAR Semarang

Isi ulang APAR sewajarnya dilakukan setelah media APAR mencapai masa kadaluarsanya. Walaupun media belum pernah dipakai sebelumnya, namun jika sudah memasuki masa kadaluarsa dikhawatirkan APAR tersebut tidak akan berfungsi secara optimal.

Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja Indonesia No 04- Tahun 1980 Lampiran 2, APAR harus di-refill secara berkala, misal untuk foam setiap 2 tahun, gas dan powder 5 tahun. Isi ulang APAR juga harus dilakukan oleh perusahaan yang benar-benar berkompeten dan terpercaya, agar hasilnyapun maksimal.

 

Proses Isi Ulang APAR Semarang di Patigeni

Metode isi ulang APAR yang dilakukan berbeda-beda, sesuai dengan jenis media APAR yang akan di-refill. Alur yang harus dijalani sebelum APAR diterima kembali oleh customer secara singkat adalah sebagai berikut.

Langkah pertama adalah mengeluarkan media sampai habis dengan cara menekan tuas APAR. Secara otomatis gas pendorong (nitrogen) dan media APAR akan keluar. Hal tersebut untuk memudahkan saat valve dibuka, agar leher valve tidak terlempar karena masih ada tekanan yang tersisa di dalam tabung APAR.

Biasanya customer juga akan melakukan training APAR sekalian saat membuang media APAR yang akan di-refill. Sehingga customer akan mendapat ilmu dan materi tentang penggunaan APAR, baik secara teori dan praktik.

Isi Ulang APAR Semarang Patigeni Begini Prosedurnya

Lalu, setelah media dikeluarkan, leher valve diputar dan dilepas untuk memastikan bahwa dalam tabung APAR sudah benar-benar kosong dan bersih. Jika belum bersih, tabung APAR bisa dibalik dan media APAR dituang keluar. Kadang untuk media powder terjadi pembekuan dan harus mengeluarkan energi ekstra untuk memecah powder yang telah beku tersebut.

Setelah tabung benar-benar bersih akan dilakukan penimbangan berat kosong tabung, dan setelah itu dilakukan pengisian media baru sesuai dengan berat label tabung. Pengisian media baru dilakukan dengan hati-hati, supaya tidak ada media yang tumpah dan terbuang sia-sia.

Jika sudah diisi media baru, APAR ditimbang kembali untuk mengetahui berat totalnya, dengan penghitungan sebagai berikut: berat tabung kosong + berat tabung isi= berat total.

Saat melakukan isi ulang APAR, biasanya juga dicek komponen-komponen yang berkaitan seperti selang, handgrip, segel, cat dan kondisi fisik tabungnya masih layak atau tidak.

 

Patigeni Memberikan Garansi 5 Tahun untuk Isi Ulang APAR Semarang

Patigeni memberikan garansi tekanan selama 5 tahun untuk media powder dan gas yang melakukan isi ulang APAR di Patigeni selama segel masih utuh. Garansi ini sebagai bukti dan pelayanan ekstra Patigeni dalam memberikan layanan refill APAR.

Isi Ulang APAR Semarang di Patigeni Bergaransi 5 Tahun

Selain itu, kami juga memiliki sistem manajemen APAR yang akan memberikan informasi detail setiap alat pemadam yang Anda miliki, kapan tanggal kadaluarsanya, kondisi komponen-komponennya, dan lain sebagainya yang bisa Anda cek melalui website maupun aplikasi di smartphone Anda.

Ayo tunggu apalagi?! Segera dapatkan layanan ekstra untuk isi ulang APAR Semarang di Patigeni dan dapatkan juga jaminan berupa garansi.