Isi ulang APAR Semarang harus menggunakan jasa teknisi ahli yang profesional dan berpengalaman. Pasalnya, proses isi ulang APAR tidak boleh sembarangan. Melakukan refill atau isi ulang APAR Semarang wajib setelah tabung APAR terpakai untuk memadamkan kebakaran dan setelah media APAR mencapai masa kadaluarsa.

Kapan Isi Ulang APAR Kadaluarsa? Cek Jadwalnya!

isi ulang apar semarang semua jenis media

Melakukan isi ulang APAR Semarang harus jika tabung APAR tersebut sudah pernah terpakai untuk memadamkan api. Setelah terpakai, isi media dalam tabung APAR tersebut tentu berkurang atau bahkan habis. Oleh karena itu, pengisian tabung APAR harus sesegera mungkin supaya bisa tetap memberikan proteksi dari bahaya kebakaran.

Bicara soal jadwal isi ulang APAR Semarang, setiap APAR juga memiliki agenda isi ulang yang berbeda-beda sesuai dengan jenis media pemadam api. Meskipun APAR belum pernah digunakan sebelumnya, namun jika media APAR sudah kadaluarsa, maka harus segera dilakukan refill atau isi ulang.

Kenapa media APAR kadaluarsa harus segera isi ulang? Alasannya karena APAR expired tersebut tidak berfungsi optimal. Sebab, media pemadam api yang kadaluarsa akan mengalami kerusakan. Misalnya, tekstur APAR media powder yang sudah kadaluarsa akan menggumpal, sehingga tidak bisa memadamkan api dengan sempurna.

Lantas, kapan masa kadaluarsa APAR? Aturan terkait agenda isi ulang APAR Semarang telah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja Indonesia Nomor 4 Tahun 1980 tentang syarat-syarat pemasangan dan pemeliharaan APAR. Masa kadaluarsa media APAR sesuai dengan peraturan tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Liquid Gas (HFC-227) : 5 tahun
  • Carbon Dioxide (CO2) : 5 tahun
  • Dry Chemical Powder (Powder) : 5 Tahun
  • Aqueous Film Forming Foam (AFFF) : 2 tahun

Cara Isi Ulang APAR di Semarang Sesuai Standar

isi ulang apar semarang terbaik on site service

Cara isi ulang APAR di Semarang berbeda-beda sesuai dengan jenis media pemadam api tersebut. Namun, secara umum langkah-langkah refill APAR adalah sebagai berikut:

  1. Keluarkan media APAR sampai habis
    Langkah isi ulang APAR Semarang yang pertama adalah mengeluarkan media dari dalam tabung sampai habis dengan cara menekan tuas APAR. Secara otomatis, gas pendorong (nitrogen) dan media APAR akan keluar. Hal tersebut untuk memudahkan saat membuka valve, agar leher valve tidak terlempar karena masih ada tekanan yang tersisa dalam tabung APAR.
  2. Putar dan lepas leher valve
    Setelah media dikeluarkan, leher valve diputar dan dilepas untuk memastikan bahwa dalam tabung APAR sudah benar-benar kosong dan bersih. Jika belum bersih, balik tabung APAR dan tuang media APAR keluar. Untuk media powder yang membeku, harus mengeluarkan energi ekstra untuk memecah powder yang telah beku tersebut.
  3. Timbang berat kosong tabung
    Jika tabung sudah benar-benar bersih dari sisa media, langkah berikutnya adalah melakukan penimbangan berat kosong tabung. Penimbangan tabung dengan cara yang sama seperti menimbang barang pada umumnya. Setelah menimbang tabung, catat berapa berat kosong tabung tersebut.
  4. Isi tabung dengan media baru
    Setelah dilakukan penimbangan berat kosong tabung, selanjutnya adalah mengisi tabung APAR dengan media baru sesuai dengan berat label tabung APAR. Pengisian media baru harus secara hati-hati, supaya tidak ada media yang tumpah dan terbuang sia-sia.
  5. Timbang tabung APAR kembali
    Isi ulang APAR Semarang dilanjutkan dengan menimbang APAR kembali untuk mengetahui berat totalnya. Berat total tabung APAR adalah jumlah antara berat kosong tabung dan berat media APAR di dalam tabung.
  6. Tutup tabung APAR
    Setelah proses pengisian tabung APAR selesai, selanjutnya adalah menutup tabung APAR tersebut agar kembali seperti semula. Caranya adalah dengan mengencangkan komponen head APAR. Pastikan bahwa posisi dari head APAR sudah sesuai standar. 
  7. Lakukan pengisian tekanan
    Tahap isi ulang APAR Semarang selanjutnya adalah mengisi tabung dengan tekanan. Namun, langkah pengisian tekanan pada tabung APAR ini hanya dilakukan pada APAR dengan sistem stored pressure saja. Pada APAR media CO2, tidak perlu dilakukan pengisian tekanan. Proses pengisian tekanan harus sesuai standar, yaitu sampai jarum manometer pada pressure gauge berada pada area hijau.
  8. Lakukan pengetesan APAR
    Setelah pengisian tekanan selesai, segera lakukan pengetesan APAR. Tahap ini bertujuan untuk memastikan tidak adanya kebocoran tabung APAR. Jika tabung APAR bocor, maka tekanannya akan berkurang yang menyebabkan kinerja dari APAR jadi kurang maksimal.
  9. Pasang sebel pada tuas APAR
    Langkah isi ulang APAR berikutnya adalah memasang segel pada tuas APAR. Pastikan pemasangan segel sudah sesuai standar, sehingga isi media dalam tabung APAR tetap aman.
  10. Isi kartu APAR
    Langkah terakhir adalah mencatat tanggal refill APAR yang telah dilakukan. Selain itu, jangan lupa untuk mengisi informasi kapan media APAR tersebut memasuki masa kadaluarsa sesuai jenis medianya.

Biaya Refill APAR Terjangkau Garansi 5 Tahun

isi ulang apar semarang penawaran harga terbaik

Untuk menikmati layanan isi ulang APAR Semarang di Patigeni, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Kami menawarkan layanan refill APAR dengan harga hemat, namun kualitas dijamin memuaskan. Berapa harga layanan isi ulang APAR Semarang di Patigeni? Yuk, cek daftar harga refill APAR berikut ini!

Media Harga per Kg
Powder Rp29.625,-
Foam Rp22.331,-
CO2 (Karbon Dioksida) Rp44.975,-
Liquid Gas Rp371.274,-

Selain menawarkan layanan isi ulang APAR Semarang dengan harga terjangkau, Patigeni juga memberikan garansi tekanan selama 5 tahun selama segel masih utuh. Garansi ini sebagai bukti bahwa Patigeni selalu memberikan layanan refill APAR terbaik untuk masyarakat Semarang dan sekitarnya.

Saat melakukan isi ulang APAR, kami juga akan mengecek bagian-bagian APAR. Mulai dari selang, handgrip, segel, cat dan kondisi fisik tabungnya masih layak atau tidak. Customer juga dapat melakukan training APAR dengan membuang media APAR sebelum refill. Dengan mengikuti training, customer akan mendapat ilmu dan materi tentang penggunaan APAR, baik secara teori maupun praktik.

Ayo, tunggu apalagi? Segera dapatkan layanan isi ulang APAR Semarang terbaik Patigeni. Ingin konsultasi? Langsung saja hubungi kontak kami!