Isi Ulang APAR.

Layanan Refill On Site Service bisa jadi solusi untuk Anda yang anti repot! Layanan refill APAR on-site adalah layanan isi ulang APAR yang dilakukan langsung di tempat pelanggan.

Kualitas Media Pemadam Terbaik

Kami menjamin kualitas APAR karena powder anti gumpal, efektif padamkan api dengan hitungan detik.

Praktis & Lebih Hemat

Anda tak perlu repot bawa APAR ke kantor kami, kami yang akan datang dan eksekusi di tempat Anda.

Ada Backup APAR Gratis

Kami akan pinjamkan APAR selama APAR Anda di-refill/servis, aset selalu terlindungi dengan aman.

Bisa Sekalian Training APAR

Anda tidak rugi, bisa mendapatkan pelatihan gratis sembari mengkosongkan isi APAR.

Garansi Hingga 5 Tahun

APAR/APAB Powder, CO2, dan cleant agent garansi 5 tahun. Foam 2 tahun garansi. Dengan syarat segel masih ada.

Aplikasi cek apar firecek pertama di dunia
Bonus Aplikasi APAR Pengganti Kartu Gantung Checklist APAR
Solusi APAR Tetap Bersih & Estetik

Masing-masing APAR akan mendapatkan stiker QR Firecek dari Patigeni yang berfungsi untuk mengintegrasikan data APAR dengan aplikasi di smartphone Anda. Aplikasi tersebut bernama FIRECEK.

Semua Merek Alat Pemadam Api Bisa Kita Tangani

Anda sedang mencari tempat isi ulang APAR terbaik dan berkualitas? Semua layanan refill APAR tersebut bisa Anda dapatkan di Patigeni. Kami sebagai tempat jual alat pemadam api dan refill APAR akan memberikan penawaran harga terbaik.

Kapan Harus Melakukan Isi Ulang APAR?

Anda harus melakukan isi ulang alat pemadam kebakaran secara rutin, baik itu sudah pernah digunakan maupun belum digunakan sama sekali. Kenapa seperti itu? Karena media yang ada di dalam tabung APAR memiliki masa kadaluarsa. Jadi, jangan sampai telat untuk melakukan refill APAR.

Lalu, kapan media pada APAR kadaluarsa? Jadi, untuk setiap media memiliki masa kadaluarsa yang berbeda-beda. Namun, terkait dengan jangka waktu penggantian media APAR telah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja Indonesia Nomor 4 Tahun 1980.

Didalamnya menyebutkan tentang persyaratan terkait dengan pemasangan dan pemeliharaan alat pemadam api ringan. Nah, masa kadaluarsa di setiap media APAR yang sudah ditetapkan dalam peraturan tersebut, antara lain:

  • Liquid Gas (HFC-227) : 5 tahun
  • Carbon Dioxide (CO2) : 5 tahun
  • Dry Chemical Powder (Powder) : 5 Tahun
  • Aqueous Film Forming Foam (AFFF) : 2 tahun

Cara Mengisi Ulang Tabung APAR yang Benar

Dalam melakukan pengisian ulang APAR tentu membutuhkan skill dan pengalaman khusus. Anda bisa menggunakan jasa refill APAR dari Patigeni, karena yang akan menangani APAR Anda adalah teknisi ahli profesional dan berpengalaman.

Jangan asal-asalan dalam memilih vendor untuk mengisi ulang, ya! Kenapa? Karena dalam proses pengisiannya tidak boleh sembarangan. Hal tersebut berkaitan dengan kinerja APAR ketika digunakan dalam keadaan darurat nantinya.

Jangan sampai saat APAR dibutuhkan, malah tidak dapat berfungsi secara maksimal. Nah, berikut ini cara mengisi ulang APAR yang baik dan benar.

  1. Langkah pertama, keluarkan terlebih dahulu sisa-sisa media dalam tabung APAR. Caranya, tekan tuas APAR hingga gas pendorong mengeluarkan media APAR sampai benar-benar habis. Tujuannya adalah agar memudahkan dalam proses membuka valve nantinya, supaya tidak terlempar akibat tekanan dalam tabung.
  2. Jika media sudah dipastikan kosong, sekarang tinggal membuka bagian leher valve. Namun, jika terdapat sisa-sisa media powder yang mengeras, bisa dihancurkan terlebih dahulu agar nanti bisa diisi ulang.
  3. Lakukan penimbangan berat tabung yang masih kosong dan jangan lupa untuk mencatatnya.
  4. Setelah itu, baru dilakukan pengisian ulang media APAR yang baru. Pengisian media juga tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan berat label pada tabung APAR.
  5. Kemudian lakukan penimbangan ulang APAR setelah terisi media yang baru untuk mengetahui berat total tabung APAR.
  6. Tutup tabung APAR dan lakukan pengisian tekanan. Perlu diketahui bahwa, khusus untuk media APAR CO2 tidak perlu dilakukan pengisian tekanan. Dalam proses pengisian tekanan juga ada standarnya, yaitu sampai jarum manometer pada alat pengukur tekanan berada pada warna hijau.
  7. Lakukan pengetesan APAR yang sudah diisi ulang. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak adanya kebocoran pada tabung.
  8. Jika sudah dipastikan aman, pasang segel pada tuas APAR. Tujuanya adalah agar media di dalam tabung tetap terjaga dengan aman.
  9. Terakhir, lakukan pengisian kartu APAR. Lengkapi spesifikasi, jenis media, hingga tanggal terakhir APAR dilakukan isi ulang.

Loh, Kok Masih Pakai Kartu APAR? Pakai Firecek Dong, Biar Gak Ribet!

Jika Anda mengisi ulang di tempat kami, akan diberikan aplikasi khusus kartu APAR digital untuk melakukan monitoring, manajemen, dan mengagendakan inspeksi APAR.

Aplikasi tersebut bernama Firecek dan menjadi satu-satunya aplikasi sistem proteksi kebakaran No.1 di Indonesia. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki banyak APAR, karena untuk melakukan pendataan, tidak perlu menulis manual kartu APAR. Menggunakan FIrecek, Anda cukup scan QR code yang nantinya dipasangkan pada tabung APAR.

Tempat Isi Ulang APAR

Daftar Harga Isi Ulang APAR/ Refill APAR Semua Media

Di Patigeni, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya isi ulang APAR. Kenapa? Karena harga yang kami tawarkan sangatlah terjangkau jika dibandingkan dengan penyedia jasa refill tabung APAR lainnya. Nah, berikut ini adalah daftar harga refill APAR terbaru tahun ini.

Media Harga per Kg
Powder Rp29.625,-
Foam Rp22.331,-
CO2 (Karbon Dioksida) Rp44.975,-
Liquid Gas Rp371.274,-

Layanan Pengisian Refill APAR On-Site

Kami juga mulai merilis layanan terbaru, yaitu refill APAR On-Site. Anda yang tidak ada waktu untuk datang ke toko kami guna melakukan isi ulang APAR dalam jumlah banyak, bisa gunakan layanan ini. Jadi, nanti tim kami yang akan datang ke lokasi Anda untuk melakukan refill media APAR di tempat Anda secara langsung.

Selain menghemat ongkos dan tenaga, Anda juga bisa memantau secara langsung teknisi kami dalam melakukan pengisian ulang APAR. Pada saat prosesi pembuangan media, biasanya kamu akan menggunakannya untuk pelatihan kepada customer kami. Nanti Anda atau karyawan di tempat Anda bisa kami berikan pelatihan untuk mengoperasikan APAR yang baik dan benar.

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk melakukan isi ulang APAR di Patigeni? Serahkan kepada teknisi ahli kami untuk me-refill APAR Anda. Jika ingin melakukan konsultasi, Anda bisa hubungi kami, ya!