Mengisi Ulang Alat Pemadam KebakaranArtikel ini akan membahas sistem pengisian ulang alat pemadam kebakaran. Mengisi ulang tabung pemadam kebakaran lebih baik segera setelah Anda menggunakannya. Salah satu alasannya adalah membuat kondisi alat proteksi dalam keaadan siap siaga. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila dikemudian hari terjadi kebakaran  lagi. Meskipun Anda hanya menggunakan sedikit agent untuk memadamkan kebakaran, tetap saja melakukan pengisian ulang adalah suatu keharusan setelah penggunaan karena setiap kali penggunaan, tekanan dalam tabung akan berkurang. Dengan begitu akan mengurangi efektifitas alap pemadam kebakaran.

Mengisi Ulang Alat Pemadam Kebakaran Saat Inspeksi

Selain melakukan pengisian pemadam kebakaran setelah penggunaan, Anda pun harus mengisi ulang setelah melakukan inspeksi. Hal ini dikarenakan pada saat melakukan inspeksi banyak agent yang keluar dari tabung. Nah, inspeksi adalah salah satu cara mudah untuk mengetahui apakah Anda perlu untuk mengisi ulang alat pemadam kebakaran atau tidak. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melihat alat ukur.  Ketika Anda sedang memeriksa alat pemadam kebakaran pada bangunan aanda, perhatikan bobot alat. Jika bobot alat pemadam kebakaran terasa lebih ringan dari yang seharusnya, hal ini mengindikasikan bahwa anda harus melakukan isi ulang sesegera mungkin.

Mengisi Ulang Alat Pemadam Kebakaran Bisa Sendiri?

Pengisian alat pemadam kebakaran membutuhkan alat berupa unit resapan pemadam kebakaran dan agen pemadam kebakaran. Perlu dilakukan pelatihan tentang bagaimana mengisi agent pemadam kebakaranAnda dengan benar. Anda dapat melakukannya sendiri namun lebih baik jika dilakukan oleh orang-orang yang ahli di bidangnya untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin saja terjadi. Jadi, sebaiknya Anda memilih untuk menyewa perusahaan jasa proteksi kebakaran untuk mengisi ulang pemadam kebakaran. Atau bisa saja melakukannya sendiri namun dengan terlebih dahulu melakukan pelatihan. Satu hal yang harus selalu diperhatikan adalah pastikan jarum di pengukur tekanan berada di zona hijau. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa mengisi ulang pemadam kebakaran berjalan dengan baik dan pemadam kebakaran Anda siap untuk melindungi Anda dalam peristiwa kebakaran.