Membongkar Mitos tentang Kebakaran

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Membongkar Mitos tentang KebakaranAda beberapa pertanyaan umum berkaitan dengan musibah kebakaran. Bagaimana Kebakaran terjadi? Mana yang lebih berbahaya, api atau asap? Berapa banyak waktu yang saya harus melarikan diri ketika ada api? Apa saja bahan yang bisa digunakan untuk memadamkan api? bagaimana penyelamatan yang efektif terhadap kebakaran?

Apakah Anda sudah mengetahui semua jawaban dari pertanyaan di atas? Jika belum, anda bisa membaca uraian di bawah ini.

Membongkar Mitos tentang Kebakaran

  1. Anda mungkin hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk melarikan diri saat api mulai membakar sebuah ruangan. Namun kenyataannya, tidak ada 30 detik sudah cukup untuk api membakar seluruh ruangan. Dengan catatan, di dalam ruangan tersebut terdapat bahan-bahan mudah terbakar ditambah pasokan oksigen yang melimpah. ingat artikel bagaimana api terjadi?
  2. Ada lagi argumen yang mengatakan bahwa api lebih berbahaya dari asap. Namun kenyataannya, asap menyebabkan lebih banyak korban dari kebakaran api itu sendiri karena bisa menyebabkan sesak napas bagi orang-orang yang menghirup asap tersebut.
  3. Jika Anda tidur di sebuah ruangan dan api mulai menjalar. Anda akan bangun karena kepanasan. Namun kenyataannya, hanya dalam lima menit ruangan bisa terisi oleh asap hanya dari api kecil saja. Bahkan, tidak menutup kemungkinan hal itu akan membuat Anda tertidur lebih pulas. Jadi, sudah seharusnya ada alat pendeteksi asap di setiap ruangan rumah Anda.
  4. Sebuah sistem alarm kebakaran biasanya membutuhkan biaya banyak uang untuk memasangnya. Namun kenyataannya, tergantung pada merek dan jenis sistem kebakaran yang dipilih. Oleh karena itu, Anda bisa memilih sendiri sistem pencegah kebakaran yang disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan masing-masing.
  5. Jika api mulai membakar bagian rumah, sang pemilik rumah bisa mengendalikannya sendiri. Namun kenyataannya, sebuah kebakaran hanya dapat dikendalikan tepat di awal menggunakan APAR. Perlu Anda ketahui bahwa kebakaran rumah merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Inggris.
  6. Jika petugas pemadam kebakaran tidak segera datang dan terlihat seseorang terjebak. Anda akan memiliki cukup waktu untuk menyelamatkan orang itu. Namun kenyataannya, jika seseorang terperangkap di dalam rumah, Anda pun juga akan bernasib sama. Kondisi seperti itu malahan akan membuat lebih sulit bagi petugas pemadam kebakaran untuk menyelamatkan Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk memperingatkan semua orang di rumah untuk memanggil petugas pemadam kebakaran agar segera datang secepatnya.
  7. Rumah Anda tidak dapat mudah terbakar karena terbuat dari semen atau bahan keras. Namun kenyataannya, Anda memiliki banyak bahan yang mudah terbakar di dalam rumah, seperti pakaian tidur, furnitur, tirai, dan lain sebagainya. Semua barang tersebut dapat dengan mudah terbakar oleh api.

Lalu, bagaimana cara mendeteksi dan mencegah kebakaran dalam waktu cepat?

Cara terbaik untuk waspada terhadap kebakaran adalah dengan memiliki alarm kebakaran yang dipasang di rumah. Alarm tersebut tidak perlu dipasang yang rumit. Alarm yang cukup memiliki baterai sederhana serta dapat dioperasikan perangkatnya secara maksimal, sehingga dapat membuat rumah Anda lebih aman. Idelnya perlu dipasang alarm kebakaran kecil di setiap kamar atau ruangan. Selain itu, direkomendasikan untuk membuat rencana evakuasi keluar rumah jika ada situasi kondisi darurat, seperti terjadi kebakaran di dalam rumah.

Itulah sedikit tips yang perlu Anda ketahui mengenai mitos asap, api, dan cara pencegahan efektif kebakaran. Silakan untuk menindaklanjutinya.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Restaurant Fire Suppression

Restaurant Fire Suppression adalah system kebakaran handal yang dapat mengantisipasi kebakaran pada…
Baca Selengkapnya

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta Pompa Hydrant adalah perangkat yang sangat penting dalam…
Baca Selengkapnya

Cek Penawaran Menarik Isi Ulang APAR Glodok di Sini!

Isi ulang APAR Glodok dan sekitarnya sekarang sudah tidak perlu bingung untuk…
Baca Selengkapnya