9 gedung di kawasan pergudangan kosambi

Sembilan gudang di Kosambi, Tangerang, Banten hangus dilahap si jago merah. Tidak hanya sembilan gudang yang terbakar, namun 4 unit mobil yang ditinggalkan pemiliknya di lokasi kejadian juga ikut terbakar.

8 unit mobil pemadam kebakaran di terjunkan untuk mengatasi kebakaran yang terjadi di kosambi. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut.

9 Gedung Di Kawasan Pergudangan Kosambi, Dugaan Sementara Karena Kebakaran Gudang Koper

Menurut saksi mata, penyebab dari kebakaran tersebut dipicu dari gudang koper yang terdapat pada blok MD pada kawasan pergudangan tersebut. Akan tetapi, pihak polisi masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran yang melanda Kosambi.

9 gedung di kawasan pergudangan kosambi

Banyaknya material plastik yang terus terbakar dan meluas membuat petugas pemadam kebakaran cukup kesulitan dalam memadamkan api. Karena sifat plastik yang mudah terbakar.

9 gedung di kawasan pergudangan kosambi

Dari peristiwa tersebut, kita bisa melihat bahwa api ini bisa menyerang kapan saja dan dimana saja. Oleh sebab itu, kita perlu yang namanya sistem proteksi kebakaran. Untuk melakukan antisipasi, agar kejadian kebakaran yang masih dalam skala kecil kita bisa menyediakan APAR.

9 gedung di kawasan pergudangan kosambi

Dari berita tersebut, dugaan sementara kebakaran dimulai dari gudang koper. Yang artinya gudang koper merupakan material yang mudah terbakar dimana termasuk ke dalam klasifikasi kelas kebakaran A. Oleh sebab itu kita perlu menyiapkan APAR dengan media powder.

Solusi Untuk Perlindungan Gudang

Lantas, jika kebakaran terjadi ketika di luar jam kerja, seperti malam hari maupun ketika sedang libur bagaimana? Untuk itu, ada yang namanya sistem proteksi kebakaran. Sistem ini dirancang khusus guna memberikan perlindungan terhadap risiko bencana kebakaran.

9 gedung di kawasan pergudangan kosambi

9 gedung di kawasan pergudangan kosambi

Untuk gudang yang berisi koper sendiri sebaiknya menggunakan Fire Sprinkler. Fire sprinkler ini akan bekerja ketika

  • Ketika mendapatkan suhu dari panas api sekitar 68°C yang akan terbuka dan air akan keluar pada kepala sprinkler.
  • Clapper pada alarm valve akan terbuka dan menyebabkan seat pada alarm check valve terbuka, kemudian air akan mengalir ke pipa alarm trim dan mengaktivasi alarm.
  • Aliran air akan berhenti mengalir ke pressure switch, alarm gong dan juga ke fire sprinkler.

Dengan begitu, api dapat teratasi dengan baik meskipun sedang berada di luar jam kerja.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai sistem proteksi kebakaran untuk gudang Anda, atau konsultasi dengan konsultan fire system kami, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui menu contact yang telah kami sediakan.