Memilih Alat Pemadam yang benar

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Alasan Kenapa Sebagian Kebakaran Membutuhkan Alat Pemadam Tertentu

Memilih Alat Pemadam yang benar

Meskipun sekarang ini sudah dilakukan banyak perbaikan yang besar untuk menjamin keamanan dan keselamatan terhadap kebakaran dari berbagai prosedur selama beberapa decade terakhir, namun ternyata yang namanya kebakaran itu masih saja tetap merupakan bencana yang mengerikan. Karena kebakaran ini bila tidak segera ditanggulangi bisa menghancurkan bisnis dan rumah Anda dalam waktu itu juga.

Bahkan, bisa dibilang bahwa kebakaran merupakan satu – satunya penyebab ratusan juta melayang atas pembiayaan property dan penyebab utama banyaknya ribuan nyawa yang menghilang/ melayang di setiap tahunnya di seluruh dunia. Maka dari itulah, untuk meminimalisir adanya hal buruk yang demikian, diperlukan sebuah alat pemadam kebakaran yang teruji dan terbaik di setiap rumah dan di semua lingkungan area. Dengan begitu, keamanan setiap orang pun bisa lebih terjamin.

Namun meskipun begitu, ternyata yang namanya alat pemadam kebakaran itu terbagi atas beberapa varian jenis yang berbeda – beda, disesuaikan dengan jenis penyebab dari terjadinya kebakaran itu sendiri. Sehingga, proses memadamkan api bisa berjalan dengan lancar dan optimal.

Memilih Alat Pemadam yang benar, karena tiap kebakaran memiliki penanganan yang berbeda

Sekalipun kita melihat bahwa api itu terlihat sama semua, namun fakta membutkikan bahwa tidak setiap penyebab kebakaran itu bisa dipadamkan dengan cara dan metode yang sama. Karena pada dasarnya, jenis – jenis kebakaran itu diklasifikasikan ke dalam beberapa varian jenis yang berbeda, dimana jenisnya ini didasarkan pada bahan yang telah terbakar, misalnya saja seperti:

Kebakaran Kelas A

Berasal dari bahan yang mudah terbakar, misalnya saja seperti sampah, kayu, plastic, kertas, dan kain

Kebakaran Kelas B

Berasal dari cairan yang bisa terbakar dengan mudah, misalnya saja seperti propane dan bensin.

Kebakaran Kelas C

Kebakaran kelas ini berasal dari arus listrik atau korsleting listrik.

Kebakaran Kelas D

Kebakaran kelas ini berasal dari logam, misalnya saja seperti natrium, kalium, magnesium, dan alumunium.

Kebakaran Kelas K

Kebakaran kelas ini berasal dari minyak goreng.

Yang pasti, di setiap jenis penyebab material yang menyebabkan terjadinya kebakaran itu membutuhkan cara untuk memadamkan api yang berbeda pula. Supaya prose pemadaman bisa berlangsung dengan efisien dan cepat.

Pemilihan Alat Pemadam Kebakaran yang Salah akan Berdampak Buruk

Bila kebakaran terjadi dikarenakan arus listrik, maka sebaiknya jangan pernah menggunakan air ataupun busa untuk  memadamkan api. Karena hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya hal – hal yang menyebabkan lebih berisiko besar dan akan membahayakan nyawa Anda. Begitu juga bila terjadi kebakaran yang terjadi pada kain atau kayu, maka bila Anda menggunakan alat pemadam kebakaran yang berasal dari karbon dioksida, hal tersebut akan membuat pekerjaan Anda menjadi sia – sia.

Karena alat pemadam kebakaran yang berasal dari karbon dioksida itu tidak bisa bekerja dengan baik terhadap kain dan kayu, karena hal tersebut hanya akan membuat waktu Anda menjadi terbuang sia – sia dan justru akan menyebabkan kebakaran api bisa menyebar lebih cepat lagi kemana – mana. Dan tentu saja hal tersebut akan membuat keselamatan Anda menjadi berisiko.

Maka dari itulah, sebaiknya Anda pilih sebuah layanan dari alat pemadam kebakaran yang tepat untuk meminimalisir terjadinya kebakaran. Dimana salah satu cara yang tepat untuk mencegah terjadinya kebakaran adalah dengan menggunakan jasa kami. Karena kami juga menawarkan semua alat pemadam kebakaran disertai dengan pencegahan kebakaran yang siap melindungi Anda dari api yang berbahaya.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Harga Selang Hydrant Jakarta - Fire Hose Hooseki

Harga Selang Hydrant Jakarta Termurah dan Spesifikasinya

Anda sedang mencari harga selang hydrant di daerah Jakarta yang terjangkau? Jika…
Baca Selengkapnya
Toko Hydrant Jakarta - Komponen Hydrant System

Toko Hydrant Jakarta : Terlengkap dan Terbaik

Anda sedang mencari toko hydrant Jakarta dengan kualitas terbaik? Wah, Anda datang…
Baca Selengkapnya

Mau Refill APAR? Cek Harga Isi Ulang APAR Jakarta di Sini!

Harga isi ulang APAR Jakarta berbagai media pemadam api bisa Anda dapatkan…
Baca Selengkapnya