Cara Mengecek Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Bagaimana Cara Mengecek Alat Pemadam Api Ringan yang benar?
Cara Mengecek Alat Pemadam Api RinganAPAR atau alat pemadam api ringan ini merupakan salah satu varian alat pemadam api kebakaran jenis portable di mana kehadirannya bukanlah sesuatu hal yang aneh karena kita pasti kerap menjumpai APAR di setiap gedung atau bangunan. Penyediaan APAR pada setiap gedung atau bangunan tak pelaknya seolah menjadi sebuah kewajiban yang paling minimal harus dipenuhi dalam upaya mewujudkan keamanan dan perlindungan gedung atau bangunan dari ancaman berupa risiko terjadinya bahaya kebakaran.

Sebagai alat pemadam api darurat yang hanya boleh digunakan dalam situasi mendesak, APAR hendaknya selalu dijaga dan dipantau atau dicek secara berkala demi memastikan bahwa APAR tersebut memiliki kondisi prima sehingga selalu siap siaga kapan pun dibutuhkan. Pada umumnya, pengecekan APAR dapat dilakukan per jangka waktu 1 bulan, per 3 bulan, bahkan hingga per 6 bulan sekali.

Cara Mengecek Alat Pemadam Api Ringan pada umumnya bertujuan untuk memeriksa kondisi APAR apakah masih dalam keadaan yang layak dan aman atau justru harus segera diadakan perawatan atau servis hingga penggantian dengan APAR yang baru. Cara mengecek APAR sendiri pada umumnya berkaitan dengan berbagai faktor dan penilaian yang meliputi pengecekan pada label yang memuat historis mengenai tanggal pengisian ulang APAR yang dapat memberikan kita informasi berupa waktu pengisian ulang terakhir kali muatan di dalam tabung APAR, pengecekan berat dan isi muatan di dalam tabung, apabila tidak memenuhi syarat harap dilakukan pengisian ulang karena pengisian ulang muatan pada tabung APAR pada umumnya harus dilakukan dalam rentang waktu setiap 1 hingga 2 tahun sekali.

Langkah selanjutnya adalah pengecekan tekanan yang ada pada APAR melalui pressure gauge yang apabila dalam keadaan normal seharusnya menunjukkan jarum yang berada pada area warna hijau, pengecekan kondisi Safety Pin yang diharapkan masih dalam keadaan terpasang secara tepat, pengecekan pada Handle APAR apakah masih mampu bekerja secara optimal atau justru terjadi kemacetan atau kerusakan lain yang membahayakan, serta pengecekan pada selang dan tentunya juga pada nozzle APAR untuk menentukan tidak ada kebocoran, keretakan, ataupun tekukan yang menyebabkan selang tak lagi mungkin untuk digunakan.

Cara Mengecek Alat Pemadam Api Ringan Secara Manual

Namun tak hanya itu, Cara Mengecek Alat Pemadam Api Ringan juga meliputi pengecekan muatan di dalam tabung di mana pengecekan tahap ini akan disesuaikan dengan jenis atau klasifikasi APAR yang ditinjau berdasarkan muatan atau agen pemadam api yang tersimpan di dalam tabung APAR. Seperti misalnya, APAR dengan klasifikasi muatan berupa bubuk kimia kering atau dry chemical harus dicek dengan cara mengangkat APAR untuk kemudian dibolak-balikkan. Apabila dalam keadaan normal, maka saat APAR dry chemical diperlakukan seperti itu, akan terdengar suara muatan di dalamnya yang seperti pasir terjatuh. Sedangkan untuk jenis-jenis APAR dengan muatan yang lain memiliki cara pengecekan yang tentunya berebeda-beda.

Pengecekan juga harus memenuhi berbagai penilaian yang ada pada kartu check list  yang memuat daftar komponen dari APAR yang harus dicek. Setelah memenuhi seluruh tahap pengecekan APAR, maka isilah tabel check list dan juga kartu pemeriksaan APAR dengan mencantumkan informasi sebenar-benarnya beserta tanggal pengecekan. Kembalikan APAR pada tempat semula APAR tersebut, yaitu dengan menggantungnya secara benar dan aman. Namun, pada umumnya APAR memiliki masa manfaat hingga bertahun-tahun sesuai dengan jenis APAR dan muatannya. Apabila APAR telah melewati masa manfaat, harap untuk mengganti APAR tersebut dengan APAR yang baru karena persiapan darurat untuk risiko terburuk seharusnya didukung oleh peralatan yang memadai.

Layanan Pengecekan Alat Pemadam Api Gratis Jateng DIY 1 Tahun

Banyak perusahaan memiliki alat pemadam kebakaran, banyak perusahaan tidak memiliki waktu memanage alat pemadam kebakaran dengan baik, jika memiliki cukup waktu mampukah mereka melakukan perawatan hingga alat pemadam kebakaran saat dibutuhkan dapat digunakan ?

Jika jawabannya tidak, kami mampu memberi solusi agar alat pemadam api dapat di manage dengan rapi. Sistem kami akan mencatat kapan alat pemadam api dibeli, di tempatkan, digunakan, mengalami perbaikan, bahkan melakukan pencatatan part part yang semestinya diperhatikan, bahkan sistem kami memudahkan Anda menginventori seluruh alat pemadam api yang Anda miliki.

Kami memberi nama Firecek, dengan Firecek semua data kami simpan dalam cloud server yang dapat Anda akses dimanapun dan kapanpun Anda butuhkan. Layanan Firecek bisa Anda dapatkan dengan membeli produk alat pemadam api atau saat Anda mempercayakan pengisian ulang kepada kami. Dengan Firecek Anda tidak perlu repot dan khawatir lagi. Pastikan alat pemadam api siap bekerja.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Distributor Alat Pemadam Kebakaran Jakarta

Alat pemadam kebakaran adalah alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran saat awal…
Baca Selengkapnya

Tempat Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran di Jakarta

Tempat isi ulang tabung pemadam kebakaran di Jakarta Raya bisa Anda lakukan…
Baca Selengkapnya

Fire Alarm Hong Chang Jakarta

Fire Alarm Hong Chang Jakarta Hong Chang merupakan salah satu merek fire alarm…
Baca Selengkapnya