Cara pengecekan APAR powder sebenarnya sangat mudah, hanya butuh ketelitian Anda untuk membuat APAR ini tetap prima. Yuk simak bersama bagaimana cara melakukan inspeksi pada APAR dengan media serbuk kering ini.

Cara Pengecekan APAR Powder dengan Mudah Sesuai SOP

APAR powder merupakan APAR yang minim perawatan, namun juga jangan sampai tidak melakukan maintenance. Diwajibkan bagi pemilik APAR powder untuk melakukan inspeksi tiap 6 bulan sekali atau minimal 2x dalam setahun dengan mengikut panduan di bawah ini:

Cara Pengecekan APAR Powder dengan Mudah Sesuai SOP

  1. Cara pengecekan APAR powder pertama adalah cek kondisi tabung apakah ada kecacatan berupa tabung bocor, penyok atau korosif. Jika iya, segera lakukan pengantian atau bisa melakukan hydrotest.
  2. Pastikan tekanan APAR dalam kondisi standar (13-15 bar). Pada APAR dengan sistem stored pressure, tekanan bisa dilihat pada komponen pressure gauge atau jarum penunjuk tekanan. Sedangkan, pada APAR dengan sistem cartridge dapat dicek pada tabung kecil di dalam tabung utama APAR, karena perlu membongkar APAR, maka perlu tenaga profesional untuk melakukannya.
  3. Periksa handle, pin dan juga segel pastikan terpasang dalam posisi yang semestinya. Jika terdapat kerusakan atau hilang, bisa segera mengganti komponen tersebut.
  4. Pastikan mulut pancar (output) APAR tidak tersumbat, bila perlu, bersihkan menggunakan udara kering dari kompresor, jangan menggunakan air. Selain itu, pastikan juga selang APAR tidak retak-retak, masih elastis dan tidak tersumbat, jika ada hal-hal tersebut segera ganti komponen.
  5. Cek juga media dalam tabung APAR, pastikan volumenya masih penuh dengan menimbangnya. Jika berkurang segera isi ulang. Selain itu, jika APAR memasuki masa kedaluwarsa, harus juga segera isi ulang.

Cara Pengecekan APAR Powder Agar Tidak Menggumpal

Selain poin-poin di atas, ada treatment tambahan khusus untuk APAR powder. Karena media APAR terbuat dari serbuk kering, maka kita harus memperhatikan ada tidaknya penggumpalan yang terjadi.

Untuk mengetahui ada tidaknya penggumpalan dalam tabung APAR powder, Anda bisa membolak-balikan tabung APAR tersebut. Perhatikan dengan seksama dan dengarkan apakah muncul suara seperti desir pasir yang mengalir atau justru ada suara “bug”.

Jika muncul suara desir pasir mengalir, maka kondisi serbuk kering dalam tabung masih bagus dan tidak menggumpal. Namun, sebaliknya jika ada suara “bug” berati ada penggumpalan di dalam tabung, nah sebaiknya segera melakukan isi ulang media powder.

Cara Pengecekan APAR Powder Agar Tidak Menggumpal

Selain melakukan cara pengecekan APAR powder dengan benar, Anda juga dapat mencegah powder menggumpal dengan menyimpan APAR sesuai SOP:

  • Letakan APAR 15-125 cm dari atas lantai untuk menghindari kelembapan dari lantai.
  • Jika APAR ada pada area outdoor gunakan box APAR untuk mencegah paparan cuaca ekstrim yang dapat merusak media powder.
  • Lengkapi juga APAR dengan tanda segitiga APAR.
  • Pastikan juga APAR berada pada clear area yang tidak terhalang benda lain.

Nah, dengan menyimpan APAR powder secara baik dan benar, maka penggumpalan tidak dapat terjadi!

cara pengecekan apar powder, cara pengecekan apar powder

Cara Pengecekan APAR Powder dengan Aplikasi Firecek, APAR Jadi Bersih dan Lebih Estetik!

Nah, tahukah Anda bahwa kini ada aplikasi cek APAR Firecek yang memungkinkan Anda melakukan cara pengecekan APAR powder secara digital? APAR ini menggunakan smartphone dan web untuk mengaksesnya.

Data base ada dalam akun yang Anda daftarkan dalam aplikasi Firecek. Jadi, tidak perlu lagi menulis data informasi APAR pada kartu gantung APAR atau stiker-stiker yang menempel pada APAR. Tentunya dengan tidak ada tempelan atau gantungan-gantungan pada APAR, maka akan terlihat lebih resik dan estetik!

cara pengecekan apar powder, cara pengecekan apar powder

Cara Pengecekan APAR Powder dengan Aplikasi Firecek APAR Jadi Bersih dan Lebih Estetik

Cukup mengintegrasikan APAR Anda dengan QR code yang ada pada tabung maka data informasi APAR dapat diakses secara real-time dari mana dan kapan saja. Yuk buat APAR kita bersih dengan menggunakan aplikasi Firecek!