Cara pengecekan APAR sangat penting untuk Anda ketahui. Ada regulasi dari pemerintah yang mengaturnya dan tentunya harus kita terapkan juga taati saat melakukan inspeksi APAR untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai standar.

Selain itu, ternyata kini sudah ada aplikasi pengecekan yang memungkinkan Anda untuk melakukan checklist APAR cukup menggunakan smartphone dalam genggaman tangan Anda. Tentunya lebih canggih, aman dan ringkas daripada kartu APAR konvensional. Penasaran dengan teknologi ini? Yuk coba cek selengkapnya di bawah ini!

Cara Pengecekan APAR dan Kelayakannya Menurut Permenakertrans

Ternyata ada tata cara pengecekan APAR yang tidak boleh dilakukan sembarangan! Ada regulasi yang mengatur perihal ini. Menurut Permenakertrans No. PER. 04/MEN/1980 tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ada beberapa poin cara pengecekan APAR yang harus diikuti sebagai berikut:

  • Cek tekanan pada APAR, pastikan tekanan APAR sudah sesuai standar. Untuk APAR stored pressure bisa cek pada komponen jarum penunjuk APAR. Untuk APAR dengan sistem tekanan cartridge bisa melihat tabung kecil di dalam tabung utama APAR. Nah, karena perlu membongkar tabung maka harus menggunakan jasa teknisi APAR untuk melakukannya.

Jarum Penunjuk APAR atau Pressure Gauge

  • Cek kondisi fisik tabung APAR, pastikan tidak ada bagian yang penyok, bocor maupun korosif/berkarat. Perhatikan juga pada bagian head APAR, cek apakah pin dan segel masih ada dan terpasang dengan baik. Jika ada kerusakan atau ada komponen yang hilang, harap segera menggantinya dengan yang baru.
  • Periksa juga bagian mulut pancar (output) dan selang APAR, jangan sampai tersumbat. Cek juga kelenturan selang APAR, jika selang APAR mulai kaku, berlubang dan pecah-pecah bisa segera ganti dengan unit baru.
  • Pastikan volume atau isi media dalam APAR masih penuh dengan menimbangnya. Segera refill jika APAR memasuki masa kedaluwarsa atau setelah digunakan. Cek juga kondisi media pemadam api, terutama APAR powder dengan membolak-balikan tabung, agar tahu media masih bagus atau sudah menggumpal.
  • Pastikan APAR disimpan dan ditempatkan sesuai standar, tempatkan APAR di area yang mudah diakses dan tidak terhalang apapun. Tempatkan APAR 15-125 cm dari atas lantai dan lengkapi dengan box APAR untuk penempatan outdoor.

Nah, itulah langkah-langkah inspeksi APAR, jangan sampai melakukan inspeksi APAR dengan sembarangan! Dan pastikan, setelah melakukan inspeksi untuk melakukan checklist APAR dengan aplikasi Firecek.

Cara Pengecekan APAR dengan Aplikasi Firecek, APAR Jadi Bersih!

Dengan menggunakan aplikasi cek APAR Firecek, tabung APAR milik Anda akan jadi bersih! Kok bisa? Ya, dengan aplikasi Firecek kini Anda tidak perlu memasang stiker penanda kedaluwarsa APAR maupun gantungan kartu APAR konvensional.

Kartu APAR Konvensional Versus Aplikasi Cek APAR Firecek Canggih

Dengan aplikasi Firecek cukup menggunakan QR code saja untuk menyimpan semua data APAR. Jadi, buang jauh-jauh stiker atau tempelan-tempelan yang dapat merusak estetika APAR! Sekarang sudah saatnya menggunakan QR code Firecek. Selain itu, tentunya data APAR lebih aman, karena informasinya tidak terpampang secara langsung pada kartu gantung APAR, melainkan ada di database aplikasi Firecek.

Cara Pengecekan APAR Hingga Ratusan Cukup Satu Inventory

Punya ratusan APAR untuk di-monitor? Tenang, dengan aplikasi Firecek Anda dapat menyimpan data ratusan APAR hanya dalam satu aplikasi.

Cara Pengecekan APAR dan Kelayakannya Menurut Permenakertrans

Pada menu inventory aplikasi cek APAR Firecek, semua informasi APAR seperti merek, media pemadam api, tipe, kapasitas, tanggal kedaluwarsa dan data-data lain tersimpan secara ringkas dan aman. Tentunya, cukup satu akun saja untuk menyimpan semua data APAR milik Anda.

Cara Pengecekan APAR Terjadwal dan Masa Expired APAR Ternotifikasi

Sering melewatkan inspeksi APAR atau kelupaan tanggal kedaluwarsa APAR? Bahaya! Dengan melewatkan inspeksi atau isi ulang APAR karena kedaluwarsa dapat mengakibatkan APAR tidak dapat berfungsi dengan maksimal saat memadamkan api. Bisa saja ada kerusakan, media APAR rusak atau gangguan yang mempengaruhi performa APAR seperti selang APAR tersumbat atau media APAR menggumpal.

Tapi kini Anda tidak perlu khawatir lagi! Dengan aplikasi Firecek akan muncul notifikasi kapan harus melakukan cek APAR dan melakukan refill APAR.

Aplikasi Firecek akan memfasilitasi Anda dalam melakukan penjadwalan inspeksi APAR yang wajib minimal tiap 6 bulan sekali. Dengan membuat jadwal pada aplikasi Firecek, maka akan muncul notifikasi untuk melakukan inspeksi sesuai jadwal yang dibuat. Notifikasi ini akan memberikan info untuk tim Anda melakukan pengecekan APAR, jadi tidak akan kelupaan lagi.

Aplikasi Inspeksi Alat Pemadam Api Firecek dari PatigeniNah, untuk Anda yang tidak mempunyai tim untuk melakukan cek APAR, bisa bekerja sama dengan Patigeni. Kami melayani pengecekan APAR untuk wilayah DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Jadi tim profesional kami lah yang akan melakukan inspeksi APAR Anda dan tentunya laporan akan kami berikan secara transparan dan real-time via aplikasi Firecek.

Selain itu, Anda juga tidak akan melewatkan jadwal kedaluwarsa APAR milik Anda. Karena, aplikasi Firecek akan memberikan notifikasi, sehingga APAR kedaluwarsa dapat segera diisi ulang. Jadi, media APAR dapat fresh dan selalu dalam kondisi siap pakai.

Karena jika sampai kelewatan melakukan isi ulang APAR, apalagi media sudah kedaluwarsa bisa fatal akibatnya! Contohnya, media menggumpal dan menyumbat output APAR, atau efektifitas media dalam memadamkan api sudah berkurang karena expired.

Cara Pengecekan APAR Lebih Mudah dengan Fitur Budgeting, Analisa Kebakaran dan Share Laporan

Dengan menggunakan aplikasi Firecek, Anda akan semakin terbantu. Tidak hanya perihal inventory dan notifikasi aktifitas APAR saja melainkan melakukan budgeting, analisa kebakaran dan share laporan lebih mudah.

Kalkulasi biaya servis dan perawatan APAR bisa lebih mudah dengan aplikasi Firecek, dan tentunya lebih transparan. Selain itu, aplikasi Firecek akan memberikan report seputar analisa dan risiko kebakaran di tempat yang ingin Anda proteksi. Jadi, Anda bisa menyesuaikan potensi kelas kebakaran dengan media pemadam api yang tepat.

Laporan inspeksi, analisa kebakaran dan budgeting servis & perawatan APAR dapat dibagikan dengan mudah dalam bentuk PDF ke berbagai platfrom. Bisa juga print dalam bentuk dokumen cetak. Jadi tidak perlu meluangkan waktu hanya untuk melakukan rekap, biar Firecek saja yang melakukan!

Aplikasi Inspeksi Alat Pemadam Api Firecek

Ayo segera rasakan kemudahan dalam melakukan inspeksi APAR dengan aplikasi Firecek, yuk segera coba aplikasinya di sini!

cara pengecekan apar, cara pengecekan apar