Cek list APAR merupakan istilah yang digunakan dalam pemeriksaan atau inspeksi APAR. Dalam rangka menjaga APAR, tabung pemadam api ini tidak cukup hanya diletakkan saja. Melakukan pengecekan kondisi APAR secara rutin juga penting dilakukan. Untuk itu, para pemilik APAR harus mengetahui apa itu cek list APAR dan bagaimana cara melakukan inspeksi APAR dengan benar.

Apa Itu Inspeksi APAR?

cek list apar dan manfaatnya

Cek list APAR erat kaitannya dengan inspeksi APAR. Pengecekan atau inspeksi APAR merupakan kegiatan berkala yang dilakukan untuk mengidentifikasi kondisi tabung APAR secara menyeluruh. Apakah terjadi kerusakan pada komponen APAR dan membutuhkan maintenance ataukah tidak. 

Dengan melakukan inspeksi APAR secara berkala, maka APAR bisa selalu aman dan siap digunakan kapan saja saat diperlukan. Jika ditemukan adanya kerusakan pada bagian-bagian APAR tertentu, maka komponen tersebut bisa segera diganti atau diperbaiki. Tujuannya adalah untuk menunjang fungsi APAR itu sendiri.

Setiap komponen APAR harus selalu dalam kondisi prima karena masing-masing memiliki peranan penting. Kerusakan yang terjadi pada salah satu komponen APAR akan mengakibatkan fungsi dan kinerja APAR berkurang. Hal ini harus dihindari karena bisa menyebabkan pemadaman api menjadi tidak optimal.

Apa Itu Checklist APAR? Cek Poin-Poinnya di Sini!

cek list apar dan poin-poinnya

Cek list APAR adalah poin-poin pengecekan yang harus dilakukan pada saat inspeksi APAR. Setelah melakukan inspeksi APAR, petugas harus mengisi kolom cek list APAR yang tertera pada kartu APAR dengan cara menulisnya secara manual. 

Poin-poin pada kartu APAR tersebut diisi dengan cara mencentang atau membuat cek list pada kolom yang tersedia. Ada pun poin-poin inspeksi APAR atau cek list APAR antara lain sebagai berikut:

Tak hanya itu, pada cek list APAR juga harus diadakan pemeriksaan kondisi media di dalam tabung APAR. Apakah mengalami kerusakan ataukah tidak. Tahap pemeriksaan kondisi media APAR tentu saja berbeda-beda tergantung jenis APAR tersebut. Baik itu media powder, CO2, foam, atau liquid gas.

Sebagai contoh, APAR media foam atau busa diperiksa dengan cara mencampur sedikit larutan sodium bicarbonat dan aluminium sulphate di luar tabung. Apabila hasilnya cukup kuat, maka APAR tersebut bisa dipasang kembali karena kondisinya baik. Begitu juga dengan pemeriksaan media APAR lainnya.

Setelah melakukan inspeksi APAR, segala temuan atau informasi yang didapatkan dari hasil pemeriksaan harus di checklist maupun ditulis secara detail. Jika ada komponen yang tidak sesuai standar, maka harus segera dimaintenance agar kondisinya normal kembali.

Berapa Bulan Inspeksi APAR Harus Dilakukan?

cek list apar sesuai standar

Regulasi dan peraturan pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Indonesia telah diatur oleh Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No:PER.04/MEN/1980. Peraturan ini memuat syarat-syarat pemasangan dan pemeliharaan alat pemadam api ringan.

Pasal 11 Ayat 1 menyatakan bahwa setiap alat pemadam api ringan harus diperiksa sebanyak 2 kali dalam setahun. Pemeriksaan dilakukan dalam jangka 6 bulan dan dalam jangka 12 bulan. Dengan kata lain, APAR wajib diperiksa setiap 6 bulan sekali.

Cacat yang terjadi pada alat perlengkapan pemadam api yang ditemui pada waktu pemeriksaan harus segera diperbaiki maupun diganti dengan yang tidak cacat. Dengan begitu, maka fungsi APAR bisa kembali optimal dan berfungsi dengan baik.

Yuk, Beralih ke Cek List APAR Digital yang Simpel dan Fungsional!

aplikasi checklist apar digital

Membuat cek list APAR pada kartu APAR konvensional tentunya sangat ribet, terutama jika jumlahnya banyak. Selain ribet, kartu APAR juga bisa hilang atau rusak sewaktu-waktu. Hal ini karena kartu APAR konvensional hanya digantung saja pada tuas APAR tersebut.

Pada era digital seperti sekarang, melakukan inspeksi APAR bisa lebih mudah dan simpel. Cek list APAR tidak perlu lagi dilakukan secara manual yang tentunya akan membutuhkan waktu lama. Sekarang, kamu bisa mencatat cek list data inspeksi APAR secara digital.

Cek list APAR digital bisa dilakukan menggunakan aplikasi terbaru bernama Firecek. Aplikasi cek APAR ini menyediakan fitur inspeksi berisi kolom-kolom cek list yang bisa diisi hanya dengan satu kali sentuhan saja. Tidak perlu ribet seperti menggunakan kartu APAR yang harus ditulis secara manual.

Kolom-kolom pada kartu APAR berisi komponen-komponen apa saja yang harus diinspeksi, seperti:

  • Tabung APAR
  • Tuas atau handle
  • Seal
  • Nozzle
  • Hose
  • Pressure gauge
  • Spindle head

Selain berisi kolom-kolom inspeksi APAR, informasi APAR juga dapat diisi dengan mudah melalui aplikasi Firecek. Informasi tersebut diantaranya adalah:

Setiap kali selesai melakukan inspeksi pada komponen-komponen tersebut, kamu bisa langsung membuat cek list APAR melalui Firecek sesuai dengan kondisi alat pemadam api tersebut. Apakah kondisinya Good, Leak, Corrosive, Bent, atau Broke.

Dengan menggunakan aplikasi Firecek, maka kamu tidak perlu repot-repot menulis detail kondisi APAR yang sudah diperiksa satu per satu. Inspeksi APAR bisa jauh lebih ringkas. Selain itu, semua data yang tersimpan juga sangat rapi dan aman. 

Yuk, coba gunakan aplikasi cek list APAR terbaru yang ringkas dan simpel! Segera unduh Firecek melalui Google Play maupun App Store. Jika ingin konsultasi, kamu juga bisa menghubungi kontak kami.