Cek List APAR

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Cek List APAR
Cek List APARUntuk memenuhi syarat K3 serta menjamin pemenuhan kebutuhan perlindungan bangunan dari risiko bencana kebakaran, maka penyediaan APAR atau fire extinguisher pada setiap bangunan atau gedung telah menjadi suatu hal yang dianjurkan untuk dilakukan. APAR merupakan alat portable untuk memadamkan api kebakaran yang dapat diandalkan ketika terjadi situasi yang mendesak dan darurat seperti untuk memadamkan api kebakaran yang baru muncul sebelum menjalar menjadi api kebakaran yang tak terkendali.

Mengingat APAR hanya digunakan pada saat bencana kebakaran terjadi dan tentunya setiap bangunan atau gedung telah melakukan konstruksi sistem pencegah dan antisipasi bencana kebakaran, maka APAR harus disimpan secara aman selama tidak digunakan demi persiapan kondisi darurat yang optimal. Pada satu bangunan dengan bangunan yang lain pada umumnya membutuhkan jumlah APAR yang tentu saja akan berbeda-beda mengikuti tingkat kebutuhan dan jenis risiko kebakaran yang berpotensi terjadi pada setiap bangunan. APAR yang telah dimiliki pada umumnya selalu diletakkan pada titik-titik ruangan yang strategis, seperti misalnya APAR yang diletakkan di dekat lift, di dekat pintu keluar darurat, di dekat pintu masuk ruangan, dan lain sebagainya.

Dalam rangka menjaga APAR, tak cukup hanya dengan menaruh atau menggantung APAR dengan tepat sehingga keberadaannya tidak terganggu oleh aktivitas di dalam bangunan, tetapi juga dengan melakukan pengecekan atau pemeriksaan kondisi APAR dengan rutin atau secara berkala, seperti misalnya pemeriksaan APAR dalam jangka setiap 1 bulan sekali, 3 bulan sekali, 6 bulan sekali, ataupun pemeriksaan APAR setiap 12 bulan sekali.

Pengecekan atau pemeriksaan kondisi APAR ini sendiri bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi APAR secara keseluruhan apakah telah terjadi kerusakan sehingga harus mendapatkan maintenance ataukah tidak, selain itu juga untuk meninjau isi muatan di dalam tabung APAR apakah masih cukup atau harus diadakan pengisian ulang hingga mencapai kapasitas yang ditentukan, serta untuk menilai apakah APAR tersebut masih aman untuk digunakan dan masih dalam usia manfaat atau telah waktunya untuk penggantian dengan APAR yang baru.

Cek List APAR, Apa saja pointnya?

Ketika melakukan pengecekan atau pemeriksaan APAR, hendaknya petugas berpatokan dengan cek list APAR. Cek list APAR merupakan daftar yang berisikan hal-hal yang harus diperiksa pada APAR, yaitu yang meliputi pemeriksaan isi muatan pada tabung serta kemampuan tekanan cartridge pada APAR, pemeriksaan kondisi fisik atau kondisi luar dari tabung APAR yang hendaknya tidak boleh mengalami kerusakan atau cacat termasuk pula pada bagian handle beserta label pada tabung yang harus dalam kondisi yang baik, pemeriksaan output pemancar isi muatan, selang, ataupun nozzle yang tidak boleh mengalami keretakan terlebih kebocoran, pemeriksaan ulir pada penutup kepala APAR serta pipa saluran muatan yang tidak boleh macet ataupun tersumbat, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, di dalam cek list APAR juga harus diadakan pemeriksaan kondisi muatan di dalam tabung apakah mengalami pengendapan ataukah tidak. Tahap pemeriksaan mengenai kondisi muatan ini pada umumnya memiliki cara pemeriksaan yang tentu saja berbeda-beda mengikuti jenis APAR atau klasifikasi APAR berdasarkan isi muatannya. Sebagai contoh, APAR dengan klasifikasi muatan berupa foam atau busa dapat dilakukan pemeriksaan dengan cara pencampuran larutan alumunium sulfat dan juga sodium bicarbonat dalam jumlah masing-masing yang sedikit di mana campuran kedua larutan ini dapat direaksikan pada luar tabung. Apabila timbul suatu rekasi yang cukup kuat, maka kondisi APAR ternilai baik.

Kami memiliki system pengecekan APAR yang terintegrasi sehingga customer dapat selalu memantau semua data alat pemadam yang dimiliki, apa saja yang perlu diganti dan lainnya. hubungi sales kami untuk mendapatkan promo gratis 1 tahun pengecekan untuk wilayah Jateng dan DIY.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Distributor Alat Pemadam Kebakaran Jakarta

Alat pemadam kebakaran adalah alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran saat awal…
Baca Selengkapnya

Tempat Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran di Jakarta

Tempat isi ulang tabung pemadam kebakaran di Jakarta Raya bisa Anda lakukan…
Baca Selengkapnya

Fire Alarm Hong Chang Jakarta

Fire Alarm Hong Chang Jakarta Hong Chang merupakan salah satu merek fire alarm…
Baca Selengkapnya