Hydrotest Jakarta untuk Menjaga Performa APAR Milik Anda

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
KORAN KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Hydrotest Jakarta adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Patigeni Jakarta. Layanan ini digunakan untuk menguji performa tabung APAR milik Anda. Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No : PER 01/MEN/1982, tabung APAR masuk dalam kategori bejana bertekanan yang harus melakukan pengetesan hydrotest.

Dalam hydrotest, kebocoran pada tabung APAR bisa dideteksi secara dini. Hal ini penting untuk dilakukan karena jika ada kebocoran pada tabung APAR dan tidak terdeteksi, maka akan sangat berbahaya.

Kecelakaan fatal seperti ledakan tabung APAR atau APAR tidak bisa digunakan saat kebakaran akan sangat merugikan. Oleh sebab itu, hydrotest sangat penting untuk dilakukan.

 

APAR Apa Saja yang Wajib Melakukan Hydrotest Jakarta

Semua jenis APAR wajib melakukan hydrotest. Namun, APAR dengan media tertentu memiliki jangka waktunya masing-masing dalam melakukan hydrotest.

Hydrotest Jakarta APAR Apa Saja yang Wajib Melakukan Tes

Untuk APAR dengan media CO2 dan HFC-227 harus melakukan pengetesan APAR hydrotest paling lambat 5 tahun sekali. Sedangkan untuk APAR dengan media foam dan dry chemical powder wajib melakukan hydrotest paling lambat setiap 12 tahun sekali.

 

Patigeni Melakukan Hydrotest Jakarta pada APAR Sesuai SOP

Menurut NFPA 10 bab 5 halaman 17, hydrotest harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman. Oleh sebab itu, sangat tepat sekali jika Anda melakukan hydrotest APAR milik Anda di Patigeni. Karena di sini APAR milik Anda akan ditangani oleh teknisi berpengalaman dan profesional juga sesuai SOP.

Saat hydrotest dilakukan, tabung APAR akan dibersihkan dan dikosongkan terlebih dahulu dari sisa-sisa media pemadam api yang masih ada. Setelah itu akan dilakukan cek fisik pada tabung APAR. Jika ditemukan korosif, maka tabung tersebut sudah tidak layak dan tidak bisa melakukan hydrotest, karena beresiko pecah saat pengetesan.

Hydrotest Jakarta di Patigeni Dilakukan Sesuai SOP

Setelah itu, tabung akan diisi dengan cairan berwarna dan akan diberikan tekanan 1,5 sampai 2,5 kali tekanan kerja tabung. Lalu, pengetesan dilakukan secara eksternal maupun internal. Dalam proses pengetesan APAR hydrotest akan diperiksa kebocoran, penyok atau perubahan bentuk tabung yang mengarah pada kerusakan.

Nah, dengan sangat pentingnya prosedur pengetesan hydrotest, maka sebaiknya Anda menyerahkannya kepada Patigeni. Teknisi Patigeni akan melakukan hydrotest sesuai dengan SOP yang ada, guna memperoleh hasil analisis kerusakan tabung APAR yang tepat. Jika Anda hendak menggunakan layanan hydrotest ini jangan ragu untuk menghubungi kami.

Penulis konten seputar sistem pemadam kebakaran yang mencoba membantu masyarakat untuk memahami sistem pemadam kebakaran dan informasi seputar kebakaran melalui konten yang dibagikan.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

    Leave a Comment

    More from our blog

    See all posts
    Toko Jual Alat Pemadam Kebakaran Lengkap Harga Terjangkau

    Toko Jual Alat Pemadam Kebakaran Lengkap Harga Terjangkau

    Toko jual alat pemadam kebakaran yang memberikan harga terjangkau dan stock terlengkap…
    Baca Selengkapnya
    Isi Box Hydrant - Aksesoris Hydrant

    Isi Box Hydrant: Komponen dan Fungsinya dalam Hydrant

    Isi hydrant box beragam macamnya dan sangat penting kegunaannya untuk memaksimalkan hydrant.…
    Baca Selengkapnya
    Pompa Jockey Grundfos Jakarta - Jual Pompa Jockey Berkualitas

    Pompa Jockey Grundfos Jakarta Terlengkap dan Terjangkau

    Pompa Jockey Grundfos Jakarta hadir dalam beragam tipe. Masing-masing tipe pun memiliki…
    Baca Selengkapnya