Hydrotest Jakarta adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Patigeni Jakarta. Layanan ini digunakan untuk menguji performa tabung APAR milik Anda. Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No : PER 01/MEN/1982, tabung APAR masuk dalam kategori bejana bertekanan yang harus melakukan pengetesan hydrotest.

Dalam hydrotest, kebocoran pada tabung APAR bisa dideteksi secara dini. Hal ini penting untuk dilakukan karena jika ada kebocoran pada tabung APAR dan tidak terdeteksi, maka akan sangat berbahaya.

Kecelakaan fatal seperti ledakan tabung APAR atau APAR tidak bisa digunakan saat kebakaran akan sangat merugikan. Oleh sebab itu, hydrotest sangat penting untuk dilakukan.

 

APAR Apa Saja yang Wajib Melakukan Hydrotest Jakarta

Semua jenis APAR wajib melakukan hydrotest. Namun, APAR dengan media tertentu memiliki jangka waktunya masing-masing dalam melakukan hydrotest.

Hydrotest Jakarta APAR Apa Saja yang Wajib Melakukan Tes

Untuk APAR dengan media CO2 dan HFC-227 harus melakukan pengetesan APAR hydrotest paling lambat 5 tahun sekali. Sedangkan untuk APAR dengan media foam dan dry chemical powder wajib melakukan hydrotest paling lambat setiap 12 tahun sekali.

 

Patigeni Melakukan Hydrotest Jakarta pada APAR Sesuai SOP

Menurut NFPA 10 bab 5 halaman 17, hydrotest harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman. Oleh sebab itu, sangat tepat sekali jika Anda melakukan hydrotest APAR milik Anda di Patigeni. Karena di sini APAR milik Anda akan ditangani oleh teknisi berpengalaman dan profesional juga sesuai SOP.

Saat hydrotest dilakukan, tabung APAR akan dibersihkan dan dikosongkan terlebih dahulu dari sisa-sisa media pemadam api yang masih ada. Setelah itu akan dilakukan cek fisik pada tabung APAR. Jika ditemukan korosif, maka tabung tersebut sudah tidak layak dan tidak bisa melakukan hydrotest, karena beresiko pecah saat pengetesan.

Hydrotest Jakarta di Patigeni Dilakukan Sesuai SOP

Setelah itu, tabung akan diisi dengan cairan berwarna dan akan diberikan tekanan 1,5 sampai 2,5 kali tekanan kerja tabung. Lalu, pengetesan dilakukan secara eksternal maupun internal. Dalam proses pengetesan APAR hydrotest akan diperiksa kebocoran, penyok atau perubahan bentuk tabung yang mengarah pada kerusakan.

Nah, dengan sangat pentingnya prosedur pengetesan hydrotest, maka sebaiknya Anda menyerahkannya kepada Patigeni. Teknisi Patigeni akan melakukan hydrotest sesuai dengan SOP yang ada, guna memperoleh hasil analisis kerusakan tabung APAR yang tepat. Jika Anda hendak menggunakan layanan hydrotest ini jangan ragu untuk menghubungi kami.