Tips Mencegah dan Mengatasi Kebakaran

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Tips Mencegah dan Mengatasi KebakaranKebakaran merupakan suatu musibah yang sering terjadi di sekitar kita. Penyebabnya dapat dikarenakan berbagai faktor seperti hubungan listrik arus pendek, adanya api yang menjalar, dan masih banyak lainnya. Berikut ulasan dari kami mengenai pengetahuan dasar tentang kebakaran, tips mencegah kebakaran, serta tindakan apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran. Masalah keamanan merupakan hal yang sangat penting, dan jika kita memahami dengan baik dapat mencegah cidera maupun kematian yang tidak kita inginkan. Kita semua tentu saja ingin tinggal dengan nyaman tanpa ada rasa khawatir jika bangunan yang kita tempati akan terjadi kebakaran. Berikut beberapa tindakan umum untuk mencegah kebakaran :
1. Jangan menancapkan terlalu banyak kabel pada sebuah stop kontak
2. Jangan menempatkan benda-benda yang mudah terbakar di dekat kompor, alat pemanas, maupun sumber panas/api lainnya
3. Jangan merokok di kasur dan di dekat perabotan yang menumpuk. Serta pastikan untuk mematikan puntung rokok
4. Jangan menggunakan kabel listrik atau kabel sambungan yang sudah rusak
5. Jauhkan korek dan pemantik api dari jangkauan anak-anak
6. Beri wawasan kepada anak-anak mengenai bahaya yang akan terjadi jika bermain api
7. Jangan menggunakan kabel listrik sambungan untuk menyalakan AC atau mesin pemanas
8. Pasanglah alarm kebakaran serta alat pemadam api pada setiap lantai rumah Anda
Mencegah kebakaran harus dimulai dengan meningkatkan kewaspadaan diri agar tidak menimbulkan kelalaian yang dapat mengakibatkan kebakaran. Saat membeli alarm kebakaran, pastikan untuk membaca instruksi/panduan manual mengenai cara penggunaan dan penempatan alarm kebakaran pada ruangan. Pemilihan jenis sensor kebakaran harus sesuai dengan kondisi dalam ruangan, agar penyebab kebakaran dapat terdeteksi secara cepat dan tepat.

Tips Mencegah dan Mengatasi Kebakaran

Pengetahuan mengenai kebakaran memang masih minim diketahui oleh sebagian besar masyarakat kita. Berikut beberapa tips yang harus kita ketahui jika terjadi kebakaran:
1. Pada saat keluar melalui pintu, jika gagang pintu terasa panas, jangan membuka pintu tersebut dan gunakan pintu lain sebagai jalan keluar dari bangunan.
2. Untuk melewati ruangan yang sudah terjadi kebakaran, pastikan untuk berjalan menunduk atau dengan posisi merangkak.
3. Segera keluar dari bangunan dan menuju ke titik kumpul/meeting point dan lakukan panggilan ke pihak/dinas terkait.
4. Jika jalan untuk keluar dari bangunan terhalang oleh asap, panas, maupun api, tetaplah berada di dalam ruangan dengan pintu tertutup. Letakkan handuk basah pada bagian bawah pintu, dan telepon petugas pemadam kebakaran. Kemudian bukalah jendela, dan gunakan kain yang berwarna terang atau lampu senter sebagai sinyal meminta bantuan.

Setelah mengetahui tips di atas mengenai dasar-dasar pengetahuan kebakaran, mari kita lanjutkan dengan salah satu alat pemadam kebakaran yaitu alat pemadam kebakaran ringan atau sering diebut APAR/fire extinguisher. APAR merupakan sarana pertama dan darurat pada kebakaran, sama halnya seperti first aid pada kecelakaan.
Menggunakan APAR juga harus dilakukan edukasi/training sebelumnya, agar jika terjadi kebakaran, kita dapat menggunakan APAR dengan baik. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan APAR:
1. Api hanya berada di satu area yang kecil dan tidak menyebar.
2. Ruangan tidak penuh dengan asap
3. Para penghuni gedung sudah dievakuasi/ meninggalkan bangunan
4. Sudah menghubungi dinas pemadam kebakaran setempat
5. Mengoperasikan APAR dengan baik dengan cara:
– Tarik pin pengunci APAR dan arahkan nozzle sejauh mungkin dari badan Anda
– Arahkan APAR sedekat mungkin dengan sumber api
– Tarik tuas pelan-pelan dengan stabil
– Padamkan api dengan menggerakkan nozzle secara menyamping
Penggunaan APAR tersebut hanya bisa dilakukan jika api yang timbul dalam skala yang kecil dan belum menyebar. Selain mengetahui bagaimana menggunakan APAR, kita juga perlu tahu bagaimana menghadapi situasi setelah terjadinya kebakaran.

Tindakan Pasca Kebakaran

Ketika musibah kebakaran tidak dapat dihindari, kita perlu tenang agar penanganan kebakaran lebih efektif dan meminimalisir korban/kerugian. Setelah terjadi kebakaran, kita perlu memulihkan kondisi diri kita dan juga bangunan yang terbakar. Berikut beberapa tindakan yang perlu kita lakukan pasca terjadinya kebakaran.
1. Mintalah bantuan tenaga medis untuk mengobati luka/cedera. Atau jika keadaan mendesak, bersihkan luka dengan air dan sabun.
2. Bersikap dengan tenang dan kontrol diri Anda. Dalam situasi kebakaran, siapa pun bisa berperan untuk menyelamatkan orang lain, meminimalisir kerugian, dan bersikap tanggap terhadap kebakaran.
3. Jika ingin mengecek bangunan apakah sudah aman untuk dimasuki, lakukan bersama tim pemadam kebakaran dengan menggunakan perlengkapan keamanan seperti baju dan celana panjang, sepatu yang tertutup atau boots, sarung tangan, masker, serta kacamata dan topi jika diperlukan.

Beberapa pengetahuan dasar tentang kebakaran di atas semoga dapat membantu kita agar lebih waspada dan tanggap terhadap kebakaran. Bagaimana agar tidak terjadi kebakaran, apa saja tindakan yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran, serta hal-hal yang harus diperhatikan pasca kebakaran.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya