Fungsi Siamese Connection

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

siamese connectionDalam sistem Fire Fighting, terdapat berbagai macam komponen pendukung demi memperlancar upaya pemadaman bahaya kebakaran. Salah satu komponen tersebut yang memiliki peran yang begitu penting dalam upaya Fire Fighting adalah Siamese Connection. Siamese Connection adalah sejenis komponen splitter yang bentuknya mirip seperti fitting pipa. Komponen Fire Fighting Siamese Connection ini biasa dipasang di atas tanah pada halaman luar. Biasanya, perangkat Siamese akan dipasang di dekat pagar atau gerbang dan di tempat-tempat outdoor yang mudah dijangkau dan ditemukan oleh petugas Fire Brigade.

Pemakaian komponen Siamese biasanya diaplikasikan untuk bangunan-bangunan bertingkat seperti pertokoan, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hingga hotel, sebab komponen Siamese Connection sendiri memiliki fungsi sebagai komponen penghubung untuk menghubungkan selang dari mobil departmen kebakaran atau Fire Brigade dengan tujuan menyuntikkan pasokan air dari dalam mobil kebakaran yang berada di luar gedung untuk kemudian dipompa menuju ke seluruh jaringan pipa Fire Fighting yang ada di dalam gedung.

Biasanya, ketika bencana kebakaran yang terjadi terlalu besar, pasokan air dari kolam atau bak penampung di dalam gedung akan habis. Selain itu, saat bencana kebakaran terjadi, pasokan air dari sistem Fire Hydrant maupun sistem Sprinkler di dalam gedung hanya akan terpompa oleh diesel pump karena electric pump tidak mungkin bisa menyala akibat aliran listrik yang pasti selalu dipadamkan. Ketika pasokan air di dalam gedung habis atau fungsi pompa pemadam internal tidak dapat bekerja secara maksimal, maka perangkat Siamese lah yang kemudian mengambil peran sebagai penyalur pasokan air dari mobil pemadam menuju ke lantai gedung yang memerlukan pasokan air.

Komponen dalam Siamese Connection

Siamese Connection ini sendiri terdiri dari komponen-komponen dengan peran atau fungsi yang tentunya juga berbeda antara satu dan lainnya. Satu unit sistem Siamese Connection mempunyai bagian kepala Siamese yang terdiri dari dua lubang karet yang berfungsi sebagai konektor dengan ukuran diameter yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Pada komponen bagian konektor inilah Fire Hose atau selang pemadam milik petugas Fire Brigade dapat disambungkan dari mobil pemadam. Semakin kecil diameter konektor, maka tekanan air yang mampu dihasilkan justru akan semakin besar.

Komponen Siamese Connection selanjutnya adalah pipa tegak yang berada di antara kedua konektor karet. Ketika petugas departmen kebakaran mengaktifkan pompa dan mendistribusikan persediaan air, maka suplai air tersebut akan terlebih dahulu melewati pipa tegak ini dan akan mengalir menuju komponen Siamese Connection yang selanjutnya, yaitu Check Valve.

Check Valve dipasang di dalam tanah dengan penutup atau katup kepala yang terbuat dari karet sehingga aliran air yang masuk dapat ditahan di dalam Check Valve dan tidak akan menyebabkan umpan balik atau tekanan air berlawanan yang berasal dari dalam gedung. Setelah aliran air yang tersuplai dari mobil pemadam kebakaran masuk dan melewati komponen Check Valve, selanjutnya aliran air tidak akan bisa mengalir kembali menuju arah di mana air tadi masuk dari pipa tegak melainkan terus terdorong tekanan menuju ke seluruh pipa jaringan yang ada pada setiap lantai di dalam gedung tersebut.

Ukuran Siamese Connection

Jumlah dan dimensi dari Siamese Connection yang diperlukan untuk masing-masing lokasi, gedung atau bangunan cenderung berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Penentuan jumlah dan dimensi hingga diameter konektor serta komponen pipa tegak pada Siamese Connection harus disesuaikan dengan kebutuhan, luas lokasi atau gedung serta jenis risiko kebakaran yang mungkin dapat terjadi pada lokasi yang akan dipasangi perangkat Siamese Connection tersebut.

Agar fungsi yang diberikan oleh sistem Siamese dapat berjalan lancar dan maksimal saat diaplikasikan, perlu diadakan inspeksi visual dan maintenance secara berkala baik pada komponen Siamese maupun pada pompa-pompa Fire Hydrant di dalam gedung karena pompa-pompa internal Fire Hydrant juga memengaruhi aliran pasokan air yang dibantu Siamese Connection dari mobil pemadam.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Distributor Alat Pemadam Kebakaran Jakarta

Alat pemadam kebakaran adalah alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran saat awal…
Baca Selengkapnya

Tempat Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran di Jakarta

Tempat isi ulang tabung pemadam kebakaran di Jakarta Raya bisa Anda lakukan…
Baca Selengkapnya

Fire Alarm Hong Chang Jakarta

Fire Alarm Hong Chang Jakarta Hong Chang merupakan salah satu merek fire alarm…
Baca Selengkapnya