Rangkaian Heat Detector

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Rangkaian Heat DetectorPerlindungan terhadap risiko peristiwa kebakaran harus dilaksanakan secara totalitas, tidak cukup hanya dengan melengkapi bangunan dengan peralatan pemadam api ringan, namun lebih dari itu, sangat perlu pula diadakan pelaksanaan instalasi sitem perlindungan kebakaran atau fire safety system. Manfaat yang dapat diperoleh dari melaksanakan instalasi fire safety tentunya sangat penting bagi keselamatan bangunan Anda dari risiko kerugian secara material maupun finansial yang dapat ditimbulkan oleh bencana kebakaran.

Bahkan lebih dari itu, dengan melaksanakan penginstalasian sistem perlindungan kebakaran, maka Anda juga turut menjamin dan menjaga keselamatan karyawan atau pekerja Anda hingga klien dan juga kustomer Anda selama berada di dalam bangunan karena tentu saja bencana kebakaran merupakan risiko yang berpotensi terjadi kapan pun mengingat bencana kebakaran tidak hanya dapat disebabkan oleh kelalaian manusia, namun juga karena adanya kecelakaan secara teknis.

Di dalam fire safety, ada beberapa ragam sistem perlindungan kebakaran yang tentu saja sebelum Anda menentukan jenis sistem perlindungan kebakaran apa yang akan Anda aplikasikan ke bangunan bisnis Anda, Anda harus mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada perusahaan jasa konstruksi sistem kebakaran yang terpercaya dan berpengalaman sehingga akan lebih valid dan ahli dalam menganalisis jenis dan tingkat kebutuhan bangunan Anda serta tingkat risiko kebakaran yang berpotensi terjadi pada bangunan bisnis yang Anda miliki tersebut.

Pada beberapa jenis sistem perlindungan kebakaran, pada umumnya terdapat pula komponen fire detector atau detektor kebakaran yang menjadi salah satu komponen penting di antara komponen-komponen pembangun lainnya dalam suatu rangkaian sistem tersebut. Ada beragam macam pula jenis-jenis fire detector tersebut, seperti di antaranya meliputi heat detector, flame detector, smoke detector, gas detector, hingga fire detector yang dirancang dengan double purpose seperti smoke and heat detector yang merupakan fire detector dengan fungsi kombinasi antaa heat detector serta smoke detector namun disajikan dan dirancang ke dalam satu komponen sekaligus.

Di antara beragam jenis fire detector di atas, heat detector merupakan salah satu jenis fire detector yang paling banyak diaplikasikan ke dalam beberapa jenis sistem perlindungan kebakaran. Hal ini tentu saja berkaitan dengan karakter utama dari api, yaitu sifat panas, di mana panas atau suhu tinggi tersebut juga menjadi salah satu syarat atau unsur dari segitiga api yang menjadi penyebab timbulnya nyala api. Rangkaian heat detector pada umumnya dirancang menjadi beragam versi dengan masing-masing memiliki tingkat sensitivitas yang beragam pula sehingga dapat dengan mudah untuk dipilih dan diaplikasikan pada area perlindungan yang memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda.

Rangkaian Heat Detector

Selain itu, rangkaian heat detector juga dibedakan menjadi dua versi, yaitu heat detector dengan versi ROR atau Rate of Rise, dan heat detector dengan versi Fixed Temperature. Kedua versi dari komponen heat detector ini memiliki perbedaan pada tingkat sensitivitas di mana versi Rate of Rise bekerja dengan prinsip mendeteksi dari adanya kenaikan suhu dari suhu normal dengan kisaran 12 hingga 15 derajat Celcius per satu menit dari suhu awal. Sehingga, versi Rate of Rise sangat tepat diaplikasikan pada segala macam ruangan karena alarm hanya akan aktif apabila terdapat perubahan atau kenaikan suhu secara ekstrim dan bukan pada patokan suhu tertentu.

Berbeda dengan Fixed Temperature yang baru akan aktif apabila telah mendeteksi suhu panas yang tinggi dengan patokan suhu pada kisaran tertentu tanpa mempedulikan berapa suhu normal dan berapa kenaikan suhu yang terjadi. Oleh karena itu, rangkaian heat detector versi fixed temperature ini lebih tepat untuk diaplikasikan pada area-area perlindungan yang memang telah biasa dengan suhu tinggi, seperti ruang boiler, ruang las, ruang genset, dapur, basement, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, untuk menentukan pilihan rangkaian heta detector apa yang akan Anda pilih untuk diaplikasikan pada sistem perlindungan kebakaran Anda, hendaknya terlebih dahulu konsultasikan kebutuhan Anda pada perusahaan fire safety yang berpengalaman, terpercaya, dan tentu saja profesional dalam bidangnya seperti PT Patigeni Mitra Sejati.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya