Alat Pemadam Kebakaran di Laboratorium ? Wajib Ada!

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Yuk ketahui jenis-jenis Alat Pemadam Kebakaran di Laboratorium
Alat Pemadam Kebakaran di LaboratoriumLaboratorium merupakan sebuah ruangan yang menyimpan ratusan bahan kimia dengan berbagai karakteristik. Bagi penghuni atau pengguna laboratorium, perlu adanya pelatihan untuk mengetahui karakteristik bahan kimia yang digunakan agar dapat mengetahui cara penggunaannya secara aman. Karakteristik dari bahan kimia pun dapat dipelajari dari MSDS (Material safety data sheet). Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kecelakaan kerja salah satunya adalah ledakan atau kebakaran. Bahan kimia dapat dibagi menjadi beberapa karakteristik seperti toxic (beracun), explosive (mudah meledak), flammable (mudah terbakar), oxidative (mudah beroksidasi), irritan (menyebabkan iritasi) dan lain-lain. Dengan mengetahui hal ini, pengguna laboratorium akan lebih berhati-hati, misalnya menggunakan bahan kimia yang mudah terbakar atau meledak sebaiknya dijauhkan dari sumber panas karena akan berakibat sangat fatal.

Ada satu kasus ledakan di laboratorium kimia kualitatif  Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI), tanggal 16 maret 2015. Berita ini dikutip dari Kompas.com. ledakan yang terjadi disebabkan karena Pengguna kurang teliti dalam membaca prosedur pekerjaan, sehingga terjadi overheating saat melakukan pemanasan pada percobaan distilasi (penyulingan). Ledakan yang terjadi menyebabakan pecahnya tabung hingga melukai beberapa mahasiswa. Mengantisipasi hal demikian, sebaiknya setiap laboratorium dilengkapi alat pemadam api di laboratorium.

Jika kasus diatas mengenai bahan kimia yang mudah terbakar, besar kemungkinan akan terjadi kebakaran yang besar.  Kebakaran yang terjadi di laboratorium berpotensi sangat kompleks karena ada banyak jenis bahan kimia seperti  uap, cairan dan bahan bakar lain sebagainya yang menyebabkan potensi kematian atau korban jiwa yang tinggi bukan hanya karena kebakaran yang terjadi namun efek setelah kebakaran. seperti bahan radioaktif yang sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kecacatan mental dan kanker, uap zat kimia berbahaya yang terbakar pun dapat membunuh karena beracun begitupun produk pembakaran seperti gas karbondioksida dan karbon monoksida. Apabila kebakaran tak secepatnya ditangani maka kebakaran di laboratorium akan sangat berbahaya.

Alat Pemadam Kebakaran di Laboratorium menggunakan media ini

Oleh sebab itu, guna mencegah adanya kebakaran yang sangat hebat, NFPA mewajibkan laboratorium menyediakan alat pemadam kebakaran di laboratorium (APAR). Adapun media yang harus disediakan adalah media air. Media ini digunakan apabila kebakaran hanya terjadi pada kayu atau kertas di laboratorium, kebakaran kelas A ini harus segera ditangani sebelum membakar bahan kimia, namun berhati-hati jika didalam laboratorium terdapat Natrium. Ketika air berkesempatan bertemu dengan Natrium, yang terjadi hanyalah memperburuk keadaan. Selain air ada media karbon dioksia yang digunakan untuk kebakaran kelas B (bahan bakar), di dalam laboratorium umumnya tersimpan bahan kimia yang mudah terbakar untuk praktikum seperti metana, etana dan jenis alkana lainnya. Bukan hanya cairan, uapnya pun merupakan uap yang mudah terbakar. Selain media karbondioksida, media lain yang dapat menagani kebakaran kelas B adalah bahan kimia kering berbentuk seerbuk dan busa. Media tersebut juga dapat digunakan untuk kebakaran kelas C yaitu kebakaran akibat arus pendek. Kebakaran listrik berpotensi terjadi di setiap ruangan tidak hanya di laboratorium namun di sleuruh ruangan yang menggunakan listrik dan  yang terakhir adalah kebakaran kelas F yang merupakan kebakaran pada zat radioaktif. Zat ini sangat jarang ada di laboratorium, jenis media pemadamannya pun masih diteliti hingga saat ini.

Nuno adalah salah satu team kreatif patigeni.com yang selalu meningkatkan pengetahuan tentang sistem kebakaran, agar dapat berbagi dengan Anda melalui karya tulis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya