varian fire alarm nohmi
Nohmi adalah salah satu perusahaan jepang yang bergerak dibidang fire alarm. Beragam varian fire alarm telah diciptakan perusahaan asal negeri matahari terbit ini. Diantaranya adalah photo electric smoke detector, projected beam type smoke detector, fire alarm panel dan manual fire alarm box.

Photo electric smoke detector salah satu varian Fire Alarm Nohmi

Photo electric smoke detector dengan kode f-2718 berfungsi mendeteksi adanya asap yang dihasilkan dari kebakaran yang selanjutnya akan ditransmisikan menjadi sinyal alarm. Photo electric smoke detector dapat mendeteksi kebakaran lebih cepat dibandingkan detektor tipe lain. Umumnya detektor ini dipasang atau diinstal di koridor, elevator dan basement. Photo electric smoke detector terdiri dari sumber cahaya, light sensing element, light shelding element dan detecting chamber. Sumber cahaya pada detektor jenis Nohmi ini akan memancarkan cahaya pada interval sekitar 3,5 detik. Jika asap masuk ke detecting chamber, cahaya yang berasal dari sumber cahaya akan dihamburkan oleh partikel asap dan mencapai sensing element. Detektor bekerja secara otomatis. Detektor kemudian akan mentransmisikan sinyal alarm ke panel alarm dan lampu respon pada detektor akan hidup. Adapun keunggulan photo electric smoke detector Nohmi antara lainhanya membutuhkan arus yang relatif kecil yaitu hanya berkisar pada 45 mikro ampere, sistem 2 kabel, LED (alarm respon lamp), simple mounting, pemeliharaan alat sangat mudah, bertipe konvensional dan low profile.

Projected beam type smoke detector Fire Alarm Nohmi

Projected beam type smoke detector dengan kode FDGJ series dari Nohmi terdiri dari light transmitter dan light receiver yang diinstal berhadapan sejauh 5-100 m. projected beam type smoke detector sangat cocok untuk melindungi gedung dengan ceiling tinggi (kurang dari 20 m) misalnya gedung olahraga, atrium, aula dan sejenisnya. Keunggulan projected beam type smoke detector Nohmi adalah cakupan jarak yang besar dan tinggi yaitu sejauh 100 m, sensitif terhadap percikan pada sistem optik dan sinkronisasi cahaya untuk mencegah kesalahan alarm. Selian itu, optional switch untuk pemeliharaan yang lebih mudah dan saat menginstal tidak ada kekhususan cara atau material yang digunakan. Terlebh lagi merupakan standar dari japan fire equipment inspection institute yang terbukti kualitasnya di kancah dunia.

FMM Fire Alarm Nohmi

Manual fire alarm box atau FMM series secara manual digunakan untuk menginisiasi sinyal alarm kebakaran dengan menekan pleksi-glass yang terhubung dengan tombol tekan. Pleksi glass yang beroperasi akan dipasarkan dengan menambahkan jack cover. Telephone jack tersedia di dalam jack cover diatas FMM120A dan FMM160A. Lampu yang merespon sinyal alarm juga tersedia dalam FMM120A dan FMM160A yang berfungsi untuk mengindikasikan bahwa