Instalasi pompa hydrant sangatlah penting untuk melengkapi sistem fire hydrant. Oleh karena itu, instalasinya tidak bisa sembarangan. Agar Anda tidak salah saat menginstalasi pompa hydrant, sebaiknya simak dulu informasi seputar komponen dalam instalasi pompa hydrant di bawah ini!

Komponen dalam Instalasi Pompa Hydrant

Pada sistem fire hydrant, dibutuhkan berbagai macam komponen yang mendukung bekerjanya sistem ini. Tak terkecuali, saat penginstalan pompa hydrant.

Seperti yang kita ketahui, pompa hydrant merupakan bagian vital pada sistem ini. Pasalnya, hydrant menggunakan media air bertekanan untuk memadamkan api, dan pompa hydrantlah yang bertugas mendistribusikan air tersebut dari reservoir.

Dalam instalasi pompa hydrant, terdapat beberapa komponen yang saling mendukung berjalannya sistem distribusi air. Adapun komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut.

1. Rumah Pompa

Instalasi Pompa Hydrant - Pump Room

Ruang pompa adalah sebuah ruangan atau bangunan yang berisi mesin utama instalasi hydrant yaitu pompa hydrant dan panel pengendali sistem hydrant. Di dalam ruang pompa terdapat beberapa komponennya. Adapun komponen tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pompa hydrant
  • Panel kontrol
  • Header
  • Suction (pipa hisap)
  • Pressure tank

2. Electric Pump

Electric pump merupakan pompa hydrant utama yang berfungsi mendistribusikan media air yang berasal dari reservoir menuju jaringan hydrant. Pompa elektrik bekerja menggunakan tenaga PLN sebagai sumber dayanya untuk menggerakkan turbin.

3. Diesel Pump

Instalasi Pompa Hydrant - Diesel Pump

Pada saat kebakaran, umumnya terjadi pemadaman listrik. Oleh karena itu, tugas electric pump digantikan oleh diesel pump. Namun, apabila listrik PLN kembali menyala, tugas diesel pump beralih dari mendistribusikan menjadi menstabilkan tekanan air.

4. Jockey Pump

Berbeda dengan kedua pompa lainnya, jockey pump tidak mendistribusikan media air pada hydrant. Melainkan, fungsinya adalah menstabilakn air yang dibawa oleh electric dan diesel pump.

Maksimalkan Instalasi Pompa Hydrant dengan Kontraktor dan Distributor Terbaik

Nah, setelah mengetahui komponen dari pompa hydrant, apakah Anda kini sudah siap menginstalasi pompa untuk melengkapi sistem hydrant Anda? Jika ya, sebaiknya percayakan semuanya pada Patigeni!

Patigeni merupakan kontraktor fire system dan distributor perlengkapan proteksi kebakaran. Tak hanya hydrant, kami juga menyediakan jasa instalasi dan menjual perlengkapan sistem proteksi kebakaran lainnya.

Kami telah dipercaya oleh banyak instansi dan lembaga untuk melindungi aset dan bangunan mereka. Hal tersebut tidak lepas dari fakta bahwa Patigeni merupakan kontraktor terpercaya yang mengikuti standar NFPA dan SNI.

Tak hanya sistem, kami juga menyediakan APAR berkualitas dan terjangkau. Bahkan, kami juga telah mengenalkan aplikasi Firecek yang akan mempermudah pengguna untuk mengontrol kelayakan dan masa berlaku APAR.

Nah, tunggu apalagi? Segera instalasi pompa hydrant dan dapatkan produk fire protection lainnya hanya dari Patigeni! Jika masih ada pertanyaan seputar produk atau artikel terkait, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Atau Anda juga dpaat menghubungi kami di menu contact us!

Instalasi Pompa Hydrant - Kontraktor Fire Hydrant