Indoor Hydrant Box OzekiApi dapat terjadi apabila ketiga syarat terbentuknya api terkoneksi secara bersamaan membentuk reaksi pembakaran. Tiga syarat tersebut adalah bahan yang mudah terbakar, sumber panas dan oksigen. Kebakaran dapat mengakibatkan akibat yang sangat fatal bagi pemilik dan penghuni bangunan, oleh sebab itu, kewaspadaan dan perhatian berupa penginstalan sistem proteksi kebakaran sangat dibutuhkan. Apabila Anda pergi ke suatu bangunan fasilitas umum seperti gedung pemerintahan, rumah sakit, industri atau pusat perbelanjaan, coba perhatikan beberapa alat yang dicat warna merah dengan penandaan nama khusus. Misalnya ketika berada di lingkungan luar ruangan, Anda akan menemukan hydrant pillar dan umumnya ketika anda hendak ke bagian “exit” dari suatu ruangan biasanya anda akan menemukan sebuah kotak berwarna merah dengan tulisan berwarna putih “hydrant box”. Alat-alat diatas merupakan dua dari beberapa alat hidran yang termasuk dalam sistem hidran. Apa itu sistem hidran? Sistem hidran adalah suatu sistem instalasi yang terdiri dari beberapa alat yang digunakan untuk memadamkan api yang tak dapat dikendalikan oleh alat pemadam kebakaran ringan. Media yang digunakan berupa air yang berasal dari sumber air dan dialirkan oleh pompa sehingga air akan mengalir melalui selang kebakaran dan diarahkan oleh nozzle menuju titik-titik kebakaran.

Hydrant box merupakan alat tambahan dan buka merupakan alat utama pada sistem hidran namun keberadaannya mampu meminimalisir bahaya kebakaran dan mampu menyelamatkan beberapa properti bangunan hydrant box merupakan sebuah kotak yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan beberapa alat sistem hidran seperti selang kebakaran dan nozzle. Penyimpanan di hydrant box bertujuan agar alat-alat tersimpan secara rapi dan mudah ditemukan. Bayangkan jika selang kebakaran tidak disimpan rapi di dalam hydrant box maka selang akan terbelit-belit sehingga pemadam kebakaran membutuhkan waktu ekstra untuk membenarkan selang sedangkan api telah berhasil menghancurkan beberapa properti bangunan belum lagi jika alat-alat tersebut terpisah, pemadam akan kebingungan mencari selangdan nozzle yang diletakkan terpisah. Oleh sebab itu, hydrant box dapat dikatakan sebagai alat tambahan yang sangat penting.

Tipe Indoor Hydrant Box Ozeki

Hydrant sendiri tersedia dalam dua jenis yang dibedakan berdasarkan peletakkannya yaitu indoor hydrant box dan outdoor hydrant box. Indoor hydrant box merupakan hydrant box yang diletakkan di dalam ruangan dan umumnya diletakkan di menempel di dinding. Ada beberapa merk yang ditawarkan di pasaran namun indoor hydrant ozeki merupakan merek yang direkomendasikan oleh beberapa kontraktor karena ozeki merupakan salah satu merek dengan mutu yang sangat baik dan harga terjangkau. Spesifikasi Produk Hydrant Box Tipe A1 (Indoor) Merk ozeki adalah berukuran : L X W X H (Cm) : 52 X 15 X 66.