Instalasi Kabel Fire Alarm

Instalasi Kabel Fire Alarm

Dalam proses instalasi kabel fire alarm, kabel yang biasanya digunakan untuk install fire alarm adalah jenis kabel NYA yang pemasangannya di dalam pipa konduit. Selain itu biasa digunakan kabel berinti banyak NYM dan NYY dimana dapat digunakan pada sirkuit deteksi Konvensional Sistem Alarm Kebakaran dan mendeteksi loop pada asistem ddressable. Kabel dari ukuran penampang yang digunakan tidak boleh lebih kecil dari 0,6 mm. Untuk sistem alarm dan catu daya harus menggunakan kabel dengan ukuran penampang tidak boleh lebih kecil dari 1,5 mm.

Cara Instalasi Kabel Fire Alarm Konvensional dan Addressable

Cara instalasi kabel fire alarm konvensional pada 2-Wire Tipe yaitu menggunakan kabel-kabel listrik NYM atau NYMHY yang ditarik di dalam pipa conduit kemudian dihubungkan dengan panel fire alarm panel dengan label L cdan C dan pada detector dengan label L(+) dan Lc(-). Detector satu dengan yang lainnya dihubungkan secara paralel dengan titik akhirnya dihubungkan dengan End of line (EOL) untuk menyakatan bahwa loop berakhir. Detector terakhir ini dihubungkan dengan EOL resistor dan kapasitor. Hal ini menyatakan bahwa 1 loop=1 zone yang ditutup EOL resistor. Setiap 1 zona inilah nantinya yang akan menyatakan sinyal tanda kebakaran kepada panel kontrol.

Proses instalasi kabel juga bisa mengunakan 3-Wire Type bertujuan agar setiap detector memiliki output masing-masing berupa indicating lamp yang dipasang diluar pintu ruangan. Kemudian pada 4-Wire Type yang umumnya digunakan pada kebanyakan Smoke Detector 12V agar bisa dihubungkan dengan Panel Alarm. Selain itu juga bisa bertugas sebagai pemberi trigger peralatan lain saat terjadi kebakaran misalnya dengan mematikan saklar mesin pabrik, menghidupkan mesin pompa air, mengaktifkan spinkler dan sebagainya.

Instalasi kabel fire alarm addressable dikenal lebih komplek di bandingkan dengan yang konvensional. Sebab fire alarm jenis ini memiliki kelebihan mampu menginformasikan sinyal tanda bahaya dengan cepat dan tepat lengkap dengan lokasi kejadian kebakaran, sehingga memungkinkan petugas segera mengetahui lokasi dan segera mengevakuasi kebakaran.

Proses instalasinya hampir sama dengan sistem konvensional yaitu menggunakan kabel berinti banyak NYM dan NYY untuk mendeteksi loop pada addressable yang dihubungkan pada panel control. Pada sistem addressable dalam 1-loop terdapat beberapa detector, dimana kabel fire alarm ini yang nantinya akan menghubungkan panel control dengan sirkuit-sirkuit detektor tersebut dalam suatu arah tarikan kabel jarak jauh. Sehingga detector yang terpasang pada sistem addressable yang berjarak jauh pun memilki indentitas sendiri berupa address yang akan di munculkan di monitor / LCD pada panel kontrol.

Jasa Instalasi Kabel Fire Alarm Berpengalaman

Kami dari PT. Patigeni Mitra Sejati adalah perusaahan yang menjual peralatan fire alarm, memberikan jasa instalasi, perawatan dan perbaikan pada fire alarm system. Kami telah berpengalaman menangani jasa instalasi baik dari instalasi kabel fire alarm, panel control, fire alarm bell dan sebagainya untuk perumahan, gedung perkantoran, hotel, rumah sakit dan tempat lain di Indonesia dengan berbagai macam jenis merk dan peralatan. Selalu up to date dan mau terus belajar tentang peralatan fire alarm terbaru. Sudah banyak pelanggan atau perusahaan yang bekerjasama bersama dengan Patigeni untuk membangun instalasi kabel fire alarm. Dalam melaksanakan instalasi, terdapat tim yang terlatih dan berpengalaman sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kerja Kami. Jika Anda membutuhkan jasa instalasi kabel fire alarm yang terpercaya, tentunya Patigeni adalah menjadi pilihan utama.