Isi Tabung Pemadam Kebakaran

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Isi Tabung Pemadam KebakaranSeteleh kita mengetahui fungsi dari tabung pemadam kebakaran pada artikel-artikel sebelumnya, saat ini kita akan membahas tentang isi tabung pemadam kebakaran. Pemahaan tentang fungsi dan isi tabung pemadam kebakaran mungkin sangat asing dan kadang kita berfikir tidak terlalu penting untuk kita. Namun, saat ini suatu alat pemadam kebakaran sangat dibutuhkan pada setiap gedung, sebaiknya rumah atau gedung Anda juga meiliki alat ini. Jika Anda menjadi salah satu pengguna tabung pemadam kebakaran tentu dengan mengetahui fungsi dan isi tabung pemadam kebakaran ini akan menajdi sangat penting. Seab dengan kita mengerti, kita akan lebih berhati-hati dalam menggunakannya dan mengetahui dimana penempatan tabung pemadam kebakaran ini yang cocok sehingga tidak salah dalam menggunakannya.

Isi Tabung Pemadam Kebakaran Pada Berbagai Jenis Alat

Isi tabung pemadam kebakaran pada alat yang berbeda juga tentunya juga berbeda-beda, hal ini berdasarkan jenis media yang dipadamkan dan alat yang digunakan. Untuk penjelasan lengkapnya yakni terdapat pada penjelasan di bawah ini.

Dry Chemical Powder

Pada dry chemical powder, berisi fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. Fungsi dari bahan tersebut yaitu mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona pembakaran, sehingga api padam. Didalamnya juga terdapat zat pendorong berupa nitrogen untuk membantu proses keluarnya isi alat ini. Dry Chemical powder juga memiliki titik lebur yang rendah dan partikel yang sangat kering sehingga dapat menjadi penghalang bagi oksigen saat ingin masuk dan menutupi area kebakaran. Akhirnya api tidak akan menyala karena tidak bereaksi dan pijakannya diselimuti oleh Dry Chemical powder. Bagaimanapun, meski aman untuk elektronikal dalam penggunaan alat ini harus berhati-hati terutama untuk alat elektronik dan laboratorium karena sifatnya yang menimbulkan bekas powder maka saat selesai proses evakuasi kebakaran perangat kita akan dipenui dengan powder. Sehingga sangat tidak menguntungkan untuk alat elektronik seperti ini.

Karbon Dioksida (CO2)

Didalamnya terdapat Senyawa/bahan kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon +2 atom oksigen merupakan isi dari tabung pemadam kebakaran jenis karbon dioksida (CO2) ini. senyawa ini dihasilkan dari kegiatan alamiah atau dari kegiatan manusia. Untuk membantu keluarnya karbon dioksida dari dalam tabung, terdapat gas pendorong berupa nitrogen untuk membantunya. Tabung – tabung yang digunakan berisi gas CO2 yang berbentuk cair, namun saat dipancarkan CO2 tersebut mengembang menjadi gas.

Foam (Buih)

Tabung pemadam api jenis buih biasanya berisi air dan sering mengandung surfaktan berbasis hidrokarbon seperti sulfat sodium alkyl dan fluoro surfactant. Bahan-bahan ini kemudian dapat menyebar di permukaan cairan berbasis hidrokarbon. Buih yang tahan terhadap reaksi dari alkohol, akan membentuk lapisan/segmen pelindung saat digunakan. Di dalamnya terdapat zat pendorong berupa udara.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Aksesoris Hydrant - Aksesoris Hydrant

Aksesoris Hydrant dalam Sistem Fire Hydrant

Aksesoris hydrant merupakan komponen-komponen pendukung bekerjanya sistem fire hydrant. Lalu bagaimana kah…
Baca Selengkapnya
Pengertian Hydrant - Fire Hydrant

Pengertian Hydrant dan Cara Kerja Sistemnya

Pengertian hydrant dalam sebuah sistem proteksi kebakaran harus Anda ketahui sebagai pengguna…
Baca Selengkapnya

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm Pendeteksian sinar / beam telah menjadi…
Baca Selengkapnya