Jembatan Merah Bogor Membara, Toko Sekitar Terbakar

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
KORAN KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Jembatan Merah Bogor ramai warga berkumpul akbibat terbakarnya sejumlah toko di kawasan tersebut. Unit terbakar adalah toko ATK dan toko pakaian.

Jembatan Merah Bogor Membara, Toko Sekitar Terbakar

Dua toko terbakar pada Minggu 31 Mei 2020 di kawasan Jembatan Merah Bogor. Kebakaran tersebut terjadi di masa PSBB dan unit yang dilahap si jago merah sedang tutup pada saat terjadinya kebakaran.

Pihak Damkar sendiri menerima laporan tersebut pada pukul 20.20 WIB. 14 unit mobil pemadam pun langsung dikerahkan menuju lokasi kejadian.

Jembatan Merah Bogor - Toko ATK Naga Kencana Terbakar

Toko yang terbakar adalah toko atk Naga Kencana pada lantai 1 dan 2. Tak tanggung-tanggung, si jago merah pun turut menyambar toko pakaian di sebelahnya.

Belum diketahui penyebab kebakaran di pertokoan kawasan Jembatan Merah Bogor ini. Namun, diduga kebakaran diakibatkan karena korsleting listrik.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Proses investagasi pun terus dilakukan oleh pihak berwajib yang juga dipimpin oleh Walikota Bogor, Bima Arya.

Area Pertokoan Rawan Kebakaran

Tak bisa dipungkiri, wilayah pertokoan memang kerap kali tertimpa bencana kebakaran. Jika terjadi kebakaran, tentu saja besar potensinya untuk menjalar ke sejumlah toko di area titik api.

Hal ini bisa diakibatkan oleh bangunan toko yang menyatu. Lingkungan pertokoan padat tentunya juga akan memudahkan api agar cepat menjalar.

Jika kita melihat lebih dalam, pertokoan pun umumnya berisi benda-benda mudah terbakar. Seperti kertas, kain, plastik, kayu, dan lainnya.

Terlebih pada toko atk Naga Kencana yang tentunya berisi benda-benda padat mudah terbakar. Lalu, mengapa toko yang sedang tidak beroperasi bisa tetap terbakar?

Jembatan Merah Bogor - Pertokoan Terbakar

Pada saat PSBB di saat pandemi corona seperti ini, memang banyak pertokoan yang memilih untuk tutup. Namun, toko yang tidak beroperasi tidak menutup kemungkinan akan aman dari kebakaran. Justru potensi kebakaran skala besar akan sangat mungkin terjadi, mengapa?

Korsleting listrik memang menjadi salah satu penyebab kebakaran yang cukup umum terjadi. Ketika kondisi toko tutup dan tidak ada petugas jaga, tentunya kebakaran akan diketahui ketika api sudah membesar.

Solusi untuk Mencegah Kebakaran Toko

Jembatan Merah Bogor - APAR GuardALL

Kebakaran toko memang fatal akibatnya. Selain daoat merenggut aset yang dimilik, juga dapat merugikan orang lain apabila api menjalar ke toko lainnya.

Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran pada setiap pemilik toko untuk mencegah terjadinya kebakaran. Adapun hal-hal yang dapat dicegah adalahs ebagai berikut:

1. Memiliki Proteksi Kebakaran

Tiap-tiap toko ada baiknya memiliki APAR. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kebakaran skala besar bila api diketahui lebih dini. Untuk toko, bisa menggunakan APAR Powder sebagai proteksi kebakaran. Media ini cocok untuk kebakaran kelas C yang diakibatkan oleh korsleting listrik.

2. Mematikan Sumber Daya Listrik

Meteran Listrik

Setiap sebelum menutup toko, segera matikan seluruh sumber daya listrik. Hal ini untuk menghindari korsleting listrik atau hubungan arus pendek.

3. Area Pertokoan Sebaiknya Memiliki Petugas Jaga

Pusat pertokoan umumnya memiliki petugas jaga. Ada baiknya pengelola area pertokoan selalu memastikan petugas melakukan patroli dan sudah terlatih untuk kemungkinann bila terjadi kebakaran.

Selain beberapa hal tersebut, tentunya masih banyak yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran. Kesadaran masing-masing pemilik toko sangat membantu dalam upaya pencegahan kebakaran ini. Jika membutuhkan proteksi kebakaran terbaik untuk melindungi aset Anda, silahkan hubungi kami sekarang juga.

Penulis artikel & analis risiko kebakaran. Bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya proteksi kebakaran serta membantu mereka menemukan proteksi yang tepat untuk melindungi aset, usaha, dan bangunan yang dimiliki.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Servis Alat Pemadam Surabaya Terbaik

Servis Alat Pemadam Surabaya: Tersedia Layanan On Site Service

Anda sedang mencari tempat servis alat pemadam Surabaya yang bagus? Ya di…
Baca Selengkapnya

Katalog Fire Alarm GuardALL Terlengkap Distributor Resmi

katalog fire alarm guardall Sedang berencana melakukan instalasi fire alarm? Ada baiknya…
Baca Selengkapnya
Supplier Alat Pemadam Kebakaran di Surabaya Terpercaya

Supplier Alat Pemadam Kebakaran di Surabaya Bersertifikasi Damkar

Cari supplier alat pemadam kebakaran di Surabaya terbaik? Patigeni jawabannya! Kami menjual…
Baca Selengkapnya