Kebakaran menimpa Pasar Manis Purwokerto pada Selasa (09/04/18). Kejadian tersebut meludeskan sejumlah kios di dalamnya. Lalu Bagaimana fakta-fakta kejadian tersebut? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Fakta Terbakarnya Pasar Manis Purwokerto

Pasar Manis Purwokerto - Pasar Manis Purwokerto terbakar

Sumber : Kompas/Fadlan Mukhtar

Kebakaran memang kerap kali menimpa pasar, dan kali ini kejadian tersebut menimpa lantai 2 Pasar Manis Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Insiden tersebut dilaporkan pada Hari Selasa, 09 April 2019 pukul 04.30 WIB. Setelah menerima laporan, pihak Damkar langsung menuju ke lokasi kejadian.

Damkar menerjunkan dua unit mobil pemadam untuk mengatasi kebakaran ini. Beruntungnya, hanya butuh waktu 1 jam dan api berhasil dipadamkan.

Sekitar 8 kios ludes dalam kebakaran tersebut. Mayoritas unit terbakar merupakan kios-kios sembako di Pasar Manis Purwokerto tersebut.

Belum diketahui berapa kerugian yang diakibatkan oleh si jago merah pada kebakarn tersebut. Namun, salah satu pemiliki kios mengaku perkiraan kerugian yang ia derita sekitar 25 Juta Rupiah.

Untuk penyebab kebakaran tersebut diduga akibat korsleting listrik. Salah satu kios terbakar diduga menjadi sumber api bermula mengingat kerap terjadinya masalah listrik di sana.

Solusi agar Kebakaran Pasar Tak Kembali Terjadi

Kebakaran pada pasar memang berpotensi menjadi kebakaran skala besar. Pasalnya, kios di pasar umumnya memiliki benda-benda mudah terbakar seperti kardus dan plastik di dalamnya, sehingga akan menjadikan api mudah membesar.

Oleh karena itu, penting sekali memiliki proteksi kebakaran pada pasar. Walaupun usaha yang dimiliki tidak besar sekalipun, kios tetap membutuhkan setidaknya APAR untuk mencegah terjadinya kebakaran skala besar.

Pasar Manis Purwokerto - APAR GuardAll

 

Untuk medianya, ada baiknya kita menilik klasifikasi kelas kebakaran terlebih dahulu. Mengingat kebakaran diakibatkankan oleh korsleting listrik, maka kebakaran ini masuk dalam kebakaran kelas C.

Namun, perlu diingat bahwa kios di pasar pun dapat masuk dalam kebakaran kelas A yang diakibatkan benda padat mudah terbakar seperti plastik, kayu, kertas, dan lainnya.

Maka dari itu, media yang sebaiknya digunakan adalah media powder. Pasalnya media ini dapat mengatasi kebakaran kelas A dan C.

Proteksi Usaha Anda dengan Produk Fire Safety yang Tepat

Nah, itu dia fakta-fakta dan solusi kebakaran Pasar manis Purwokerto. Tentunya kini Anda sadar seberapa pentingnya proteksi kebakaran demi memproteksi usaha yang dimiliki, bukan?

Untuk memaksimalkan proteksi kebakaran pada usaha Anda, ada baiknya menggunakan produk yang berkualitas. Mendapatkan fire protection tentunya hanya di Patigeni.

Patigeni merupakan kontraktor sekaligus distributor alat pemadam kebakaran. Kami menjual APAR dari berbagai merek dan media.

Bagi Anda pengguna APAR, kami memiliki kabar bahagia. Kami telah mengenalkan aplikasi Firecek yang akan memudahkan pengguna untuk mengontrol kelayakan dan masa berlaku APAR.

Tak hanya APAR, kami juga menjual perlengkapan hydrant, fire alarm, dan sistem proteksi kebakaran lainnya. Tunggu apalagi? Yuk, segera proteksi usaha dan aset Anda dengan produk dari kami!

Jika masih ada pertanyaan seputar artikel atau produk terkait, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Atau Anda juga bisa menghubungi kami di menu contact us.

Pasar Manis Purwokerto - Fire FIghting