Mengatasi Permasalahan Instalasi Hydrant Tersumbat

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Bagaimana Mengatasi Permasalahan Instalasi Hydrant Tersumbat?

Beberapa waktu yang lalu, kami dihubungi oleh customer yang membeli peralatan hydrant pillar one way (supply only) menanyakan perihal aliran air di Pillar yang tidak maksimal. 2 dari 9 pillar total tidak memancarkan air dengan sempurna, padahal valve telah dibuka secara penuh. Pompa menyala pada tekanan 10bar. customer mengirimkan foto pillar yang tidak mengalir sempurna tersebut, lengkap dengan video pillar yang bisa maksimal airnya. karena instalasi bukan dari kami, dan secara pengetahuan projek, desain instalasi dan material kami tidak memiliki gambaran secara detail maka kami menanyakan data-data standar seperti merk, jenis, dan kapasitas pompa, panjang rumah pompa ke pillar terjauh, ukuran pipa distribusi, dan hal lainnya untuk kami analisa apakah tekanan pada 2 pillar tersebut berkurang karena jarak atau ada faktor lainnya.

Mengatasi Permasalahan Instalasi Hydrant Tersumbat

setelah melihat gambar pertama ini, kami berasumsi tekanan yang keluar pada output tidak maksimal karena flange bocor. namun tim lapangan dari kontraktor menyampaikan bahwa memang sedang dicoba untuk melonggarkan flange pillar untuk mengetahui apakah kendala ada di flange yang kurang kuat. dan ternyata awalnya tidak ada kebocoran di flange tersebut.

Mengatasi Permasalahan Instalasi Hydrant Tersumbat

pada gambar kedua pancaran air hampir sama, tidak kuat. dari lubang output dapat dilihat bahwa air telah memenuhi rongga keluaran. sehingga analisa dari engineer kami terdapat kendala pada instalasi pipa atau tekanan pada pompa tidak bisa memenuhi untuk keluaran di jarak tersebut.

Mengatasi Permasalahan Instalasi Hydrant Tersumbat, Pahami dulu gejalanya

dari analisa diatas, kami menyarankan untuk mengecek instalasi pipa yang ada. maka dilakukan pelepasan pillar pertama yang flangenya telah dikendurkan. disitu ternyata ditemukan ranting-ranting kecil dalam jumlah banyak menutupi saluran airnya, seperti sarang burung. sehingga aliran air tidak dapat maksimal keluar.

Mengatasi Permasalahan Instalasi Hydrant Tersumbat

Ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi terhadap penyebab adanya ranting-ranting tersebut di instalasi pipanya. yang pertama adalah kotoran tersebut berasal dari Reservoir, yang terhisap sedikit demi sedikit oleh pompa dan tidak adanya Y Strainer / rusak sehingga lama kelamaan akan mengendap di jaringan outputnya sehingga terjadi penyumbatan. kemungkinan yang kedua adalah saat pipa tersebut disimpan, sebelum dilakukan pengelasan petugas tidak melakukan pengecekan dalamnya steril / belum. sehingga tidak ketahuan jika pipa tersebut dijadikan tempat hewan bersembunyi yang membuat sarang.

Dari kasus ini, kita dapat belajar bahwa ketelitian dalam merencanakan dan mengeksekusi pekerjaan sangat diperlukan untuk memastikan fungsionalitas system dapat bekerja dengan baik. Peralatan seperti Y Strainer memang kadang dianggap tidak memiliki fungsi yang signifikan, padahal material tersebut akan dapat membantu menyaring instalasi pipa distribusi hydrant sehingga dapat bersih dari kotoran. point lainnya agar sebelum petugas welder melakukan pekerjaan las, sebaiknya dicek dengan baik kondisi pipa agar steril dari kotoran yang bisa menyumbat jika terakumulasi sedikit demi sedikit.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Toko Hydrant Jakarta - Komponen Hydrant System

Toko Hydrant Jakarta : Terlengkap dan Terbaik

Anda sedang mencari toko hydrant Jakarta dengan kualitas terbaik? Wah, Anda datang…
Baca Selengkapnya

Mau Refill APAR? Cek Harga Isi Ulang APAR Jakarta di Sini!

Harga isi ulang APAR Jakarta berbagai media pemadam api bisa Anda dapatkan…
Baca Selengkapnya

Toko Alat Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan Paling Komplit

Toko alat pemadam kebakaran Jakarta Selatan yang terlengkap adalah Patigeni Jakarta. Kini…
Baca Selengkapnya