Pasar Lawang Malang ludes di lahap si jago merah pada Rabu (17/04/2019) malam tadi. Kebakaran tersebut pun membutuhkan waktu lebih dari lima jam untuk dipadamkan. Lalu bagaimana fakta-fakta sebenarnya di tempat kejadian perkara? Simak ulasannya di bawah ini!

Fakta-Fakta Terbakarnya Pasar Lawang Malang

Pasar Lawang Malang - Kebakaran Pasar Lawang

Sumber: Medcom.id

Kebakaran Pasar Lawang Malang menghebohkan pedagang dan warga sekitar. Kejadian tersebut terjadi pada Rabu, 17 April 2019 pukul 20.00 WIB.

Tak tanggung-tanggung, si jago merah meludeskan sekitar 350 kios. Titik api berasal dari lantai dua di Pasar Lawang Malang tersebut.

Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memadamkan api yang kian membesar. Bahkan setelah lima jam terbakarnya pasar tersebut, api juga masih menyala.

Tak hanya PMK, dua peleton gabungan TNI dan Polri dengan 60 personel diterjunkan untuk mengawal proses pemadaman api, hal tersebut ditutukan oleh AKBP Yade Setiawan selaku Kapolres Malang.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut, namun tim Labfor telah dikerahkan untuk meneliti tempat kejadian perkara. Sementara untuk kerugian yang ditimbulkan kebakaran Pasar Lawang Malang, ditaksir mencapai 3,5 Milyar Rupiah.

Solusi Kebakaran Pasar Lawang

Kebakaran pasar memang kerap kali terjadi dan umumnya selalu berakibat kebakaran skala besar, seperti halnya pada Pasar Lawang Malang. Salah satu pemicu kebakaran skala besar adalah terdapatnya banyak benda padat mudah terbakar pada kios-kios di pasar.

Lalu mengapa kebakaran kerap terjadi dan tidak adanya solusi yang diupayakan untuk menghindari agar hal tersebut tidak terulang lagi? Seperti apakah proteksi kebakaran yang tepat untuk kios-kios di pasar?

Sebelumnya, mari kita menilik klasifikasi kelas kebakaran terlebih dahulu. Mengingat banyaknya benda padat mudah terbakar pada kios, maka kebakaran pasar akan masuk dalam kelas kebakaran A.

Seperti yang kita ketahui, kelas kebakaran A merupakan kebakaran yang ditimbulkan oleh kebakaran benda padat mudah terbakar, seperti plastik, kertas, kayu, dan lainnya. Lalu bagaimana solusi yang tepat untuk kebakakaran ini?

Pasar Lawang Malang - APAR Powder

Pada kios di pasar, setidaknya harus memiliki alat pemadam api ringan (APAR). Meskipun usaha yang dimiliki tidaklah besar, namun tentunya kebakaran kios dapat berpotensi menjadi kebakaran skala besar dan merugikan banyak pihak.

Namun, Anda juga tidak bisa sembarangan memilih APAR. Pasalya, tiap kelas kebakaran memiliki media APAR nya masing-masing. Sementara untuk kebakaran kelas A, disarankan untuk menggunakan APAR media dry chemical powder.

Proteki Usaha Anda agar Kebakaran Pasar Tak Terulang Kembali

Setelah menilik fakta-fakta dan solusi kebakaran Pasar Lawang Malang, tentunya kini Anda semakin paham betapa pentingnya proteksi kebakaran untuk usaha yang dimiliki, bukan? Untuk proteksi kebakaran yang maksimal, hanya Patigeni solusinya!

Di Patigeni, Anda akan mendapatkan APAR berbagai media dan merek. Kami hanya menyediakan APAR berkualitas dengan harga terjangkau. Pasalnya, kami mendistribusikan langsung produk yang dimiliki.

Bahkan, kami kini juga telah memperkenalkan aplikasi Firecek bagi pengguna APAR. Aplikasi ini berfungsi untuk mempermudah pengguna untuk mengontrol kelayakan dan masa berlaku APAR yang dimiliki.

Tak hanya APAR, di Patigeni juga menjual perlengkapan fire safety lainnya, seperti perelengkapan hydrant dan juga fire alarm. Anda akan mendapatkan garansi disetiap pembelian produk di Patigeni.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, lindungi usaha Anda dengan produk dari kami. Jika masih ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar atau hubungi kami di menu contact us!

Pasar Lawang Malang - Proteksi Kebakaran