Control Panel Fire Alarm (CPFA) atau kita sebut dengan Master Control Fire Alarm. Mungkin istilah tersebut tidak asing di telinga kita, saat kita mendengar kata Fire Alarm. Ya, pada artikel mengenai instalasi fire alarm system sudah dibahas, bahwa Fire Alarm merupakan sebuah sistem yang bekerja secara sistematis dan terorganisir antar komponen.

Control Panel Fire Alarm ini merupakan bagian terpenting dari sistem instalasi Fire Alarm tersebut. Mengapa CPFA ini begitu penting? Mari kita bahas terlebih dahulu dengan apa yang dimaksud dengan Control Panel Fire Alarm (CPFA)?

Pengertian Control Panel Fire Alarm?

CPFA merupakan pusat pengolahan data dalam pemasangan atau instalasi Fire Alarm. Jadi input sinyal elektrik dari detektor panas maupun asap akan diteruskan dan diolah menjadi output dalam bentuk lampu indiokator maupun bunyi alarm.

Control panel fire alarm

Dengan adanya output berupa bunyi maupun lampu indikator akan memberi peringatan kepada setiap orang yang berada digedung untuk menyelamatkan diri mereka, dan juga petugas DAMKAR serta pihak berwajib dengan mudah menjangkau area kebakaran.

Jenis – jenis CPFA

Seperti yang kita tahu, terdapat 2 jenis fire alarm. Konvensional dan addressable. Begitupun juga dengan CPFA. CPFA konvensional belum tentu sama dengan CPFA untuk addresable.

simplex mcfa

Setiap CPFA memiliki spesifikasi yang berbeda pula. Contohnya Control Panel Fire Alarm Konvensional Simplex 4100ES. CPFA ini dibekali dengan layar LCD yang menampilkan informasi secara logis, dan terdapat beberapa menu.

CPFA jenis ini juga mencatat semua log history dari fire alarm masing-masing hingga mencapai 1250 entri, dari 2500 jumlah kejadian.

Butuh Fire Alarm?

Sebelum kalian memasang Fire alarm pada gedung yang ingin kalian pasangi, alangkah baiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu dengan konsultan fire alarm yang sudah berpengalaman dan menangani di beberapa kota di seluruh Indonesia.

Control Panel Fire Alarm

Seperti halnya Patigeni, silahkan hubungi customer service kami di (024) 76400888 Untuk wilayah Semarang, Jawa Tengah dan sekitarnya, atau (021) 50252288 Untuk wilayah JABODETABEK dan sekitarnya. Atau kunjungi menu contact us untuk konsultasi seputar sistem proteksi kebakaran lebih lanjut.

Sistem proteksi kebakaran yang kami instalasi sudah berstandar NFPA (National Fire Protection Association) standart untuk sistem proteksi kebakaran dari US, dan juga sudah berstandart SNI. Jadi tidak perlu khawatir mengenai kualitas dari produk yang kami sediakan.