Sistem Fire Alarm Full Addressable

Bisakah kita membayangkan sebuah gedung bertingkat dengan banyak ruang atau kampus atau rumah sakit yang luas dengan ratusan alat pendeteksi asap independen dan fire alarm yang banyak? Ketika api sudah mulai menyebar, satu alarm berbunyi. Lalu asap mulai menyebar ke segala ruang, alarm kedua aktif, dan lebih banyak alarm berbunyi. Bingung bukan?

Pada saat itu DAMKAR pun tiba di lokasi, dan banyak sekali alarm yang bunyi dan kru darurat tidak tahu di mana sumber masalahnya. Situasi ini dapat menyebabkan peristiwa yang berkepanjangan, kerusakan properti yang berlebihan dan kemungkinan cedera yang tidak perlu serta hilangnya nyawa.

Mengapa harus Fire Alarm Full Addressable?

gambar illustrasi instalasi fire alarm system addressable

Sistem Fire Alarm Full Addressable adalah sistem di mana semua perangkat detektor kebakaran dan detektor asap terhubung dan berkomunikasi satu sama lain, dan dapat dipantau dengan Control Panel Fire Alarm.

Konektivitas ini memungkinkan master control fire alarm untuk mengidentifikasi lokasi atau “alamat” tempat detektor mendeteksi kebakaran.

nformasi tersebut dapat mengarahkan petugas DAMKAR untuk segera melakukan upaya ke titik masalah, agar kebakaran tidak menyebar ke lokasi lain.

Keseluruhan perangkat fire alarm yang terhubung dan saling berkomunikasi inilah yang lebih memiliki keunggulan dibandingkan dengan Fire Alarm Konvensional. Beberapa manfaat dari sistem Fire Alarm Full Addressable yaitu :

  • Dapat mengidentifikasi lokasi kejadian dengan tepat.
  • Dapat melakukan evakuasi korban dengan cepat, karena dapat melihat lokasi yang tidak tersambar api, sehingga memudahkan petugas DAMKAR.
  • Mengurangi potensi false alarm.
  • Setiap komponen dapat dipantau secara rutin oleh petugas melalui control panel.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Fire Alarm Full Addressable?

sistem fire alarm full addressable menurut standar nfpaSetiap detektor dan notifikasi terhubung satu sama lain. Selain itu, setiap perangkat terhubung langsung ke Control Panel Fire Alarm di pusat yang yang dapat mengirim pesan untuk memeriksa fungsionalitas masing-masing komponen.

Setiap elemen mengirimkan kembali laporan yang menginformasikan kepada Control Panel mengenai kondisinya saat ini. Jika tanpa sebab yang jelas alat tidak merespon, Control Panel akan menunjukkan letak masalahnya berada dimana.

Teknisi dari perusahaan pemeliharaan alarm kebakaran dapat segera melanjutkan ke titik lokasi, dan memperbaiki atau mengganti perangkat yang bermasalah, dan masalah ini terpecahkan.

Apakah Anda Harus Memasang Fire Alarm Full Addressable?

Jawabannya bisa iya bisa tidak, bergantung kepada kebutuhan gedung Anda. Jika gedung Anda memiliki banyak ruang dan bertingkat menjulang tinggi, Fire Alarm Addressable adalah pilihan yang tepat.

Untuk lebih jelasnya, apakah Anda harus memasang jenis apa, bisa langsung konsultasikan pemasangan fire alarm kepada kami. Jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui menu contact us pada situs ini. Kami siap melayani kebutuhan sistem proteksi kebakaran Anda.