Simplex Fire Alarm AnnounciatorAkhir-akhir ini kita seringkali melihat banyak terjadi peristiwa kebakaran, biasanya terjadi pada suatu gedung perkantoran, pabrik, atau rumah-rumah warga. Penyebabnya pun bermacam-macam mulai dari konsleting listrik, kompor gas atau penyebab yang lainnya. Bahkan tidak sedikit korban jiwa yang kadang diakibatkan dari kejadian tersebut. Kejadian ini sebetulnya dapat kita antisipasi dengan melihat notif dari simplex fire alarm annunciator.

Apa Simplex Fire Alarm Announciator itu

Simplex fire alarm Annunciator merupakan suatu produk perangkat peralatan pendeteksi kebakaran, part ini lengkap terdiri dari beberapa bagian yang kompleks seperti detektor, unit control dan isyarat kebakaran. Peralatan ini berfungsi sebagai pendeteksi atau pemberi peringatan kepada orang-orang di dalam suatu gedung, dalam bentuk audio atau visual jika suatu keadaan darurat datang.

Simplex alarm annunciator tersebut dapat diaktifkan dari suatu detektor api, detektor asap atau detektor panas yang terdapat di dalamnya. Aktifnya detektor tersebut bisa ditimbulkan dari asap rokok, api, karbon monoksida atau gejala lain yang tercium oleh detektor berpotensi menimbulkan kebakaran. Selain itu simplex fire alarm annunciator juga dapat aktif dari perangkat manual seperti sistem tarik atau manual call point simplex.

Peralatan ini biasanya berwarna merah, memiliki layar LCD, dan juga terdapat beberapa tombol yang berfungsi untuk mengatur suara menjadi hening atau untuk menelusuri histori sistem lainnya. Selain itu, kadang juga dilengkapi dengan kunci dan kotak pelindung dari plastik untuk menghindari gangguan cuaca dan orang-orang tertentu.

Bagaimana Cara Kerja Simplex Fire Alarm Announciator

Suatu simplex fire alarm announciator akan memberikan sinyal berupa audio atau visual saat terjadi masalah yaitu dengan mengalirkan kode deteksi kebakaran ke dalam detektor, saat itu simplex fire alarm announciator akan siap sedia memberikan sinyal kebakaran kepada pengguna di suatu gedung, pabrik atau tempat lainnya untuk meningalkan gedung sebelum terjadi kebakaran.

Penempatan peralatan ini pun disesuaikan dengan bangunan, biasanya diletakkan pada dinding pintu masuk utama, samping lift bangunan, atau diletakkan pada pintu bagian luar ruangan dan tempat lain yang sekiranya mudah ditemukan. Sehingga saat detektor mendeteksi adanya ancaman kebakaran, lokasi kebakaran dapat segera diketahui melalui nyala lampu tersebut.

Dengan adanya sinyal dari simplex fire alarm announciator, suatu tanda bahaya dapat tersampaikan kepada orang-orang yang terdapat pada suatu gedung tersebut sehingga mereka dapat keluar dari gedung sesegera mungkin dengan aman dan efisisen. Setiap detektor pada fire alarm telah terhubung dengan panel, sehingga saat detektor aktif dapat dengan jelas diketahui detektor mana yang sedang aktif. Maka proses identifikasi lokasi kejadian dapat diketahui dengan cepat.

Biasanya didalamnya sudah diinstal suatu program diagnostik atau diberikan master control fire alarm yang terhubung pada masing-masing detektor, sehingga pengguna simplex fire alarm annunciator dapat mengetahui bunyi alarm tersebut merupakan ancaman kebakaran nyata atau hanya terjadi mal alarm. Jika ada gejala yang menunjukkan bahwa terjadi kebakaran nyata maka segera hubungi pihak dinas pemadam kebakaran setempat, namun jika terjadi kerusakan pada alat sebaiknya meminta bantuan pada konsultan atau teknisi alat-alat kebakaran.