Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Alasan Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis adalah Pilihan Paling Tepat untuk Ruangan yang Luas

Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis

Kebanyakan para pemilik bangunan komersial sering kali mengkhawatirkan tentang pencegahan sekaligus pemeliharaan terhadap sewa bangunan, asuransinya, dan lain – lain. Salah satu hal yang cukup penting namun sering terabaikan oleh pemilik bangunan adalah kemungkinan terjadinya kebakaran. Tanpa adanya system yang bisa mencegah penyebaran terjadinya kebakaran yang tepat, hal tersebut akan membuat kebakaran kecil bisa menyebar dengan cepat hingga merusak semua yang ada dalam ruang bangunan tersebut.

Nah, dari sinilah perlu setiap pemilik bangunan komersial tersebut memahami tentang system pencegah kebakaran itu sendiri. Dimana pada dasarnya, system tersebut terbagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama adalah untuk rekayasa (engineered) dan bagian yang kedua adalah untuk pra rekayasa (pre-engineered) .

Sistem Pemadam Kebakaran Pre Engineered

Untuk sistem pre engineered disini merupakan sebuah system pencegah kebakaran dengan cara bekerja dengan cepat dari awal menit terjadinya kebakaran. Biasanya dalam hal ini, pencegahan kebakaran ini menggunakan dry chemical (APAR) yang mana itu berarti bahwa pemadamannya memakai bantuan senyawa kimia yang kering , selanjutnya langsung menekan api secara langsung hingga membuat kobaran api tidak meluas.

Selanjutnya, ada pula untuk system pencegah kebakaran basah, dimana cara ini merupakan salah satu pencegah pemadam kebakaran yang dilakukan sebelum terjadinya kerusakan yang besar. Saat pemadaman kebakaran basah ini dilakukan menggunakan sebuah semprotan cairan (busa) ke area yang terbakar, yang kemudian bereaksi dengan cepat untuk memadamkan api yang disebabkan oleh minyak atau lemak.

Dari sinilah, untuk menutupi semua permukaan area lingkungan yang terbakar, maka alat ini dikombinasikan menggunakan efek pendinginan yang berasal dari bahan kimia basah. Sehingga, dengan cara inilah bisa meminimalisir terjadinya kebakaran kembali, atau re flash.

Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis Type Engineered

Sebaliknya, untuk alat pemadam kebakaran yang direkayasa ini merupakan sebuah cara untuk mencegah terjadinya kebakaran dengan cara yang lebih modern yang sering digunakan pada bangunan industry dan yang ada di dalam gedung. Biasanya, pemadam kebakaran ini memakai system sprinkler yang diletakkan tepat di atas kepala yang cukup kompleks. Sehingga, saat terjadi kebakaran, maka alat ini akan bekerja secara otomatis untuk menyemprotkan cairan pemadam kebakaran berbasis air tersebut.

Ada juga system suppression yang dipasang pada lokasi-lokasi khusus seperti kitchen, server, ruang arsip, ruang panel dan sebagainya. yang akan menyala secara otomatis melalui detektor asap, panas, percikan maupun gas. sinyal yang dikirimkan detektor akan diolah melalui panel yang kemudian akan membuka nozzle secara otomatis. pada akhirnya media pemadam akan mengalir ke seluruh area yang diproteksi. Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis tentunya akan memberikan nilai tambah bagi sebuah bangunan. bagi orang yang tinggal di gedung tersebut, akan lebih merasa aman karena sudah ada system yang terpasang, sehingga bisa terhindar dari kebakaran.

Alur pembuatan Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis dari awal adalah perancangan system, yang dilakukan oleh konsultan bersertifikasi sehingga mahir dalam bidang proteksi kebakaran. perhitungan material dilakukan melalui pengukuran yang presisi melalui layout maupun survey langsung ke lokasi. dari data tersebut dibuatlah BOQ (Bill of quantity) material yang akan dipasang dan drawing (scematic, jalur, letak aksesoris serta detektor) untuk kemudian menjadi acuan oleh kontraktor / instalatur system kebakaran dalam menjalankan pekerjaan sesuai dengan rencana.

Media Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis

Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis menggunakan beberapa media yang diaplikasikan untuk proses pemadaman. antara lain ProInert ( 50% Argon, 50% Nitrogen), Argonite, Inergen (50 Argon, 42% Nitrogen and 8% CO2) HFC227ea (Level konsentrasi 7.9% – 8.5%). media-media ini bekerja berdasarkan prinsip segitiga api, bahwa kebakaran akan terus menyala jika ada media bakar, oksigen dan suhu panas. sehingga sistem kebakaran ini akan mengurangi kadar oksigen sampai batas minimal, dan melakukan pendinginan di area yang diproteksi.

kami akan selalu siap untuk membantu Anda dalam memilih Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis mana yang bisa bekerja dengan cara yang baik dan tepat untuk area bangunan apapun. Anda bisa melindungi semua investasi Anda sekaligus dengan menyelamatkan kemungkinan korban dari adanya kobaran api yang bisa menyerang kapan saja.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya