Apa Fungsi Spray Nozzle Pemadam Kebakaran?

Spray Nozzle Pemadam Kebakaran

Spray Nozzle Pemadam Kebakaran sendiri adalah sebuah fire hydrant equipment yang digunakan paling depan oleh para tim pemadam kebakaran dalam bertarung melawan kebakaran api. Jadi, entah itu untuk memadamkan api di dalam atau pun di luar gedung, alat ini tetap ampuh dipakai untuk memancarkan air ke area kebakaran. fungsi utama kenapa aliran air yang disemprotkan berpendar atau tidak lurus karena untuk melindungi Petugas Pemadam dari hawa panas yang terjadi saat kebakaran.

Rancangan Spray Nozzle Pemadam Kebakaran

Aliran Nozzle secara umum terbagi menjadi 2,  meliputi jet nozzle dengan aliran lurus dan juga spray nozzle yang penggunaannya bisa diatur dengan baik saat ingin mengontrol pancaran air untuk menyebar atau pun untuk memanjang. Dengan kata lain, maka jenis nozzle ini cocok sekali dipakai untuk memadamkan api dalam jarak jauh ataupun untuk jarak dekat. Karena, semuanya disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Kegunaan dari nozzle ini adalah untuk melindungi diri petugas kebakaran yang posisinya berada di depan. Hal ini dikarenakan pancaran yang dihasilkan itu seperti kabut, sehingga alat ini cukup berperan penting dalam memadamkan api. Tak hanya itu saja, biasanya nozzle inipun kerap dipakai untuk membuat efek hujan saat membuat sebuah film.

Pemasangan Spray Nozzle Pemadam Kebakaran

Untuk pemasangan dari spray nozzle ini sangat mudah. karena tinggal diputar saja dengan searah pada jarum jamnya di bagian fire hose coupling yang terkoneksi dengan fire hydrant system, maka kemudian langsung saja lepaskan nozzle dengan cara memutar secara berlawanan dari arah jarum jam maka kebakaran bisa segera di atasi dengan cepat.

Material yang Digunakan pada Spray Nozzle

Material yang dipakai pada spray nozzle ini tersusun atas 2 jenis material, yang meliputi brass atau kuningan dan alumunium A6061. Akan tetapi, meskipun alat ini terdiri atas 2 material, namun keduanya ternyata sama – sama kuatnya. Selain itu, kualitasnya pun juga sama – sama bagus. Selanjutnya, berbicara tentang keunggulannya, untuk bahan yang terbuat dari alumunium tersebut jauh lebih ringan saat dipakai untuk memadamkan kebakaran. Akan tetapi, kualitasnya tidak berkurang dan tetap kuat juga tahan lama.

Ukuran Spray Nozzle Pemadam Kebakaran

Selanjutnya, berbicara tentang ukurannya, ukuran spray nozzle ini terdiri atas berbagai ukuran, yang meliputi 1,5 “ dan juga 2,5 “ untuk masing – masing materialnya. Untuk bahan yang terbuat dari kuningan memiliki kepadatan sebesar 8,4 gr/ cm3, sementara untuk yang berasal dari alumunium A6061 ini memiliki kepadatan sebesar 2,7 gr/ cm3. Sementara bila berbicara tentang fungsinya, keduanya tidak memiliki pengaruh kinerja yang berbeda. Karena, keduanya sama – sama mengalirkan air yang berasal dari instalasi system hydrant. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kami dari Patigeni merekomendasikan Anda unguk memilih spray nozzle ini, karena alat ini berkualitas bagus dan tepat dipakai untuk berbagai kepentingan. Namun meskipun begitu, jangan pernah membeli produk murahan yang belum diketahui kualitasnya. jika Anda berminat dengan produk kami, cukup hubungi pihak customer service kami untuk mendapatkan alat terbaik yang sesuai dengan pilihan Anda.