Tipe Fire Hydrant Nozzle

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
KORAN KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Tipe Fire Hydrant Nozzle

 

Tipe Fire Hydrant NozzleDi antara beragam macam jenis-jenis sitem proteksi bencana kebakaran yang menjadi inovasi dari perusahaan-perusahaan produsen alat dan sistem fire fighting di dunia, perangkat fire hydrant system menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk diaplikasikan pada bangunan Anda, apa pun jenis bangunannya baik bangunan perusahaan, industri atau manufaktur, bangunan publik, residensial, baik bertingkat maupun tidak bertingkat, hingga tempat-tempat atau area publik yang terbuka seperti taman wahana, dan lain sebagainya.

Perangkat Fire Hydrant System

Sebagai sistem yang berfungsi sebagai pemadam api kebakaran, perangkat fire hydrant system yang berbasis media air sebagai agen pelawan api kebakaran ini memang nyaris selalu dapat ditemukan pada konstruksi sistem proteksi bencana kebakaran pada setiap bangunan. Berbeda dari alat-alat pemadam api kebakaran portable yang hanya memiliki muatan media pemadam dengan kapasitas yang sedikit dan terbatas, kapasitas media air dalam konstruksi perangkat fire hydrant system dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan sehingga tentu saja akan memiliki kapasitas yang berlipat-lipat kali jauh lebih banyak karena sumber air pada konstruksi fire hydrant system ini dibangun pada satu tangki atau bak penampungan supply air yang terpisah dari sumber air untuk pemenuhan kebutuhan air bersih sehari-hari.

Sama halnya dengan cara kerja pada mobil pemadam kebakaran, perangkat fire hydrant system ini memiliki kinerja yang ditunjang oleh pumps house yang memiliki fire pumps atau pompa kebakaran sebagai perangkat penyedot sumber air dari dalam tangki untuk kemudian diberikan tekanan tinggi agar dapat masuk melewati jaringan perpipaan air yang berakhir pada komponen output sistem, seperti misalnya pada komponen output fire hydrant pillar.

Tipe Fire Hydrant Nozzle Terbaik

Kemudian, pada komponen output ini terdapat output valve atau katup output yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menyambungkan selang pemadam kebakaran atau fire hose. Pada ujung lain dari fire hose tersebut, kemudian digunakan untuk pemasangan fire nozzle. Fire nozzle ini merupakan salah satu komponen fire equipment yang sangat penting dalam perangkat fire hydrant system. Fire nozzle ini pada umumnya berbentuk serupa corong yang berperan sebagai pengatur besarnya tekanan supply air yang ingin dipancarkan. Selain itu, komponen hydrant nozzle pula bentuk dari pancaran air tersebut ditentukan.

Hal ini tak lain tentunya disebabkan karena tipe fire hydrant nozzle yang beragam sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan teknik pemadaman api kebakaran. Tipe fire hydrant nozzle tersebut pada umumnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu di antaranya meliputi smooth bore hydrant nozzle atau jet hydrant nozzle dan fog hydrant nozzle atau spray hydrant nozzle.

Untuk tipe smooth bore hydrant nozzle atau yang juga kerap disebut dengan tipe jet hydrant nozzle, bentuk pancaran air yang diatur dari bentuk hydrant nozzle ini cenderung lurus (solid stream) dengan pancaran yang besar, padat dan jauh. Hal ini berkaitan dengan bentuk smooth bore hydrant nozzle atau jet hydrant nozzle yang meruncing lurus. Tipe bore atau jet hydrant nozzle ini direkomendasikan untuk diaplikasikan pada kebakaran dengan klasifikasi kelas muatan kering dan padat (kelas A) untuk upaya penjebolan dinding atau pintu yang terbakar dan juga kebakaran kelas B akibat cairan flamable atau cairan yang mudah terbakar untuk upaya mendinginkan tangki yang terbakar.

Sementara untuk tipe fog hydrant nozzle atau spray hydrant nozzle adalah model fire hydrant nozzle yang mampu menghasilkan pancaran air dengan bentuk meluas atau tirai. Penggunaan tipe fog atau spray hydrant nozzle ini bertujuan untuk menciptakan semacam perisai bagi petugas dari ancaman jilatan atau percikan api. Pancaran dengan bentuk tirai ini juga menjadi salah satu teknik pemadaman api kebakaran dalam upaya mengatasi panasnya paparan api kebakaran, upaya penyelamatan, maupun sebagai upaya finishing untuk menurunkan suhu panas dan mencegah timbulnya titik-titik api baru yang beripotensi timbul akibat tertiup angin ataupun faktor lainnya seusai api kebakaran berhasil dipadamkan.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Jual Jockey Pump Grundfos - Distributor Jockey Pump Grundfos

Jual Jockey Pump Grundfos

Mencari tempat jual jockey pump Grundfos? Tentu Anda dapat menemukannya di berbagai…
Baca Selengkapnya
Kelenteng Tay Kak Sie - Kelenteng Tay Kak Sie

Rumah Abu Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Terbakar

Salah satu rumah abu di kelenteng tertua di daerah Semarang, Kelenteng Tay…
Baca Selengkapnya
Harga Jockey Pump Versa - Versa Pump

Harga Jockey Pump Versa

Harga jockey pump Versa memang cenderung lebih tinggi dibanding jockey pump lainnya,…
Baca Selengkapnya