Kebakaran di Area Fasilitas KesehatanJika Anda bekerja di area rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, Anda perlu pastikan bahwa kondisi rumah sakit dalam keadaan aman khususnya dari bahaya kebakaran. Selain merusak bangunan, kebakaran yang terjadi di Rumah Sakit akan lebih sulit dilakukan evakuasi. Hal ini dikarenakan Rumah Sakit berisi orang yang tengah dalam kondisi lemah karena sakit. Dengan demikian, resiko yang ditimbulkan akan jauh lebih besar. Tindakan lanjutan untuk mengevakuasi pasien yang notabene sedang dalam keadaan sakit artinya sulit untuk menyelamatkan diri sendiri merupakan tantangan yang besar bagi pihak rumah sakit.

Meningkatkan kompleksitas dalam anggaran keamanan dan modal medis menyebabkan fluktuasi di rumah sakit dan membuat beberapa proyek bangunan yang paling rumit untuk sistem proteksi kebakaran pada fasilitas kesehatan dan operasi bangunan keselamatan kehidupan secara keseluruhan. Pada bangunan rumah sakit modern, sistem deteksi kebakaran dan pemadaman kebakaran baru telah dipasang, termasuk Suppression Sistem Sapphire. The Sapphire dirancang sebagai pengganti Halon pada sistem pencegah kebakaran, dipilih karena tinhgkat efektivitas dan efisennya tinggi. Selain itu, banyak fasilitas kesehatan menggunakan sistem pra-tindakan yang saling bertautan ganda untuk melindungi peralatan sensitif yaitu peralatan diagnostik yang mahal seperti MRI.

Beberapa Tips Hindari Kebakaran di Area Fasilitas Kesehatan

Ada sejumlah tips proteksi kebakaran lainnya yang harus diikuti oleh fasilitas kesehatan:
• Lengkap.

Daerah detektor asap yang lebih efektif untuk mengendalikan asap dan biasanya bekerja lebih baik daripada suppresion system dan saluran detektor fasilitas bertingkat tinggi. Suppresion system mungkin masih diperlukan, namun, jadi kode lokal Anda.
• Karena rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya cenderung berfokus pada desain kompartemen, maka perancangan sistem proteksi harus dengan hati-hati dan teliti. Fokus utama harus terkonsentrasi pada daerah yang paling padat penduduk, karena tidak semua bagian dari rumah sakit perlu dievakuasi dalam keadaan darurat.

  • Keberlanjutan, energi, dan standarnasional untuk HVAC, proteksi kebakaran, dan kebutuhan desain listrik sangat perlu untuk dipertimbangkan karena keselamatan rumah sakit dibutuhkan sesegara mungkin. Teknologi dan kebutuhan dalam lingkungan rumah sakit berubah terus-menerus. Inilah sebabnya mengapa kode dan standar yang sangat rinci untuk memberikan bimbingan yang tepat pada desain dan konstruksi untuk sistem keselamatan hidup dan keselamatan kebakaran sering berubah.
    Jika Anda mengoperasikan fasilitas kesehatan di daerah anda, pastikan untuk menginstal sistem proteksi kebakaran. konsultasikan terlebih dahulu pada pihak yang mengerti dan memang profesional di bidang ini agar mendapatkan informasi mengenai jenis sistem yang baik dan murah dalam segi biaya