Wiring Diagram Fire Alarm AddressableWiring Diagram Fire Alarm Addressable berperan sangat penting dalam berjalannya fungsi sistem alarm. Pada dasarnya, sistem fire alarm merupakan sistem yang memiliki fungsi berganda, yaitu sebagai pendeteksi serta sebagai penanda yang akan aktif secara otomatis saat terdapat indikasi pemicu kebakaran. Dengan fungsi bertingkat yang dimiliki perangkat fire alarm system ini, diharapkan upaya pengantisipasian bencana kebakaran seperti upaya pemadaman titik api pemicu dan upaya penyelamatan atau evakuasi penghuni gedung dapat dilakukan sejak awal dan jauh lebih cepat sebelum api kebakaran tersebut meluas dan menyebabkan kerusakan bangunan atau property dengan lebih parah lagi.

Dalam penginstalan atau pelaksanaan konstruksi perangkat fire alarm system, diperlukan beberapa pedoman kontraktor yang harus dipahami oleh tenaga ahli. Salah satu pedoman tersebut juga berisi mengenai bagaimana langkah-langkah dan detail untuk melakukan instalasi kabel sebagai satu kesatuan perangkat fire alarm system. Sesuai dengan standard, instalasi kabel ini merupakan integrasi yang harus memenuhi syarat standard NFPA dengan istilah standard Signaling Code. Pedoman instalasi perkabelan atau wiring ini terdiri dari dua pedoman bergantung pada jenis panel perangkat fire alarm system yang Anda pilih, apakah panel fire alarm system berjenis konvensional atau panel fire alarm system berjenis addressable.

Wiring Diagram Fire Alarm Addressable

Bila Anda memilih perangkat fire alarm system dengan panel addressable, maka pedoman yang harus dipahami tersebut terangkum pada bab fire alarm addressable system wiring diagram. Wiring diagram di sini berisi mengenai gambar bagan atau diagram jaringan instalasi kabel dan berbagai macam penjelasan yang disajikan secara sistematis, kronologis, dan rinci. Pada fire alarm addressable system wiring diagram, konfigurasi mengenai beberapa kelas dari instalasi wiring dijabarkan pada Chapter 12 mengenai Circuits and Pathway. Jalur perkabelan atau pathway ini hendaknya harus dirancang menjadi Kelas A, Kelas B, Kelas C, Kelas D, Kelas E, atau Kelas X di mana klasifikasi kelas-kelas ini bergantung atau harus disesuaikan berdasarkan klasifikasi performa sistem perlindungan bahaya kebakaran yang dibutuhkan oleh bangunan atau gedung Anda.

Kabel yang diizinkan oleh standard NFPA untuk digunakan atau diaplikasikan pada instalasi wiring adalah yang memiliki 72 several cycles atau yang disebut dengan CI (Circuit Integrity) Cable yang sejak tahun 2010 telah menjadi standard pada persyaratan National Electrical and Signaling Code. Kabel CI ini telah didesain sedemikian rupa dengan fungsi berkesinambungan yang tahan api dan anti leleh sehingga tidak akan mengacaukan performa perangkat fire alarm system saat bencana kebakaran terjadi. Demikian lah beberapa hal yang tercantum dalam pedoman instalasi wiring pada perangkat fire alarm system dengan panel jenis addressable berdasarkan standar NFPA dan persyaratan Signaling Code yang harus dipahami betul oleh tenaga ahli yang akan menjadi pelaksana kontraktor perangkat fire alarm system untuk bangunan Anda.

Hubungi 024 76400888