Beberapa Jenis Nozzle Hydrant

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Beberapa Jenis Nozzle HydrantDi antara varian sistem-sistem proteksi bencana kebakaran yang begitu beragam, kehadiran perangkat fire hydrant system tetap menjadi kebutuhan paling besar bagi setiap masyarakat yang ingin mengadakan kosntruksi sistem proteksi bencana kebakaran untuk melengkapi sistem keamanan dan keselamatan pada tempat usaha yang dimiliki. Hal ini tentunya tak mengherankan apabila menilik fungsi maupun peran besar dan penting yang mampu diberikan oleh perangkat fire hydrant system, yaitu sebagai satuan sistem untuk memadamkan api kebakaran.

Sama halnya dengan perangkat pemadaman yang digunakan pada mobil pemadam kebakaran, fire hydrant system juga dibangun dengan memiliki komponen-komponen yang beragam baik berupa komponen utama seperti fire pump, reservoir, komponen output, hingga komponen-komponen aksesoris yang berfungsi sebagai pelengkap, seperti fire nozze hydrant, fire hose, hose rack, dan beragam komponen lainnya.

Dalam mengoperasikan fire hydrant system, operator dapat menghubungkan komponen fire hose (selang pemadam api) ke valve atau katup hidrant yang ada pada komponen output (hydrant pillar untuk fire hydrant system outdoor dan hydrant box untuk fire hydrant indoor). Ujung selang yang disambungkan pada hydrant valve tersebut adalah ujung bagian male. Sementara ujung fire hose bagian female harus disambungkan dengan komponen fire nozzle hydrant yang nantinya akan dibawa oleh petugas pemadam untuk mendekati titik-titik api pada lokasi kebakaran.

Beberapa Jenis Nozzle Hydrant

Keberhasilan upaya pemadaman api kebakaran paa intinya juga dipengaruhi oleh kehadiran komponen fire hydrant nozzle. Hal ini telah jelas mengingat komponen fire hydrant nozzle adalah komponen pengatur pancaran air yang keluar melalui komponen output. Apabila pancaran air keluar dalam debit yang stabil, kecepatan yang tinggi dan tekanan yang sesuai dengan kebutuhan, maka upaya pemadaman api kebakaran dapat berlangsung dengan efektif dan tak memakan waktu yang lebih lama sehingga risiko kerusakan dan ancaman keselamatan nyawa pun dapat diminimalisir.

Apabila Anda masih kebingungan mengenai fungsi dan peran dari komponen nozzle hydrant, sebenarnya komponen nozzle hydrant ini memiliki fungsi untuk mengatur tekanan air yang dibutuhkan sehingga pengguna fire hose tidakakan mengalami kesulitan dalam mengarahkan pancaran air menuju ke titik api atau lokasi yang diinginkan. Tak hanya itu, dengan beragamnya jenis nozzle hydrant, maka bentuk pancaran air yang dihasilkan pun juga berbeda sesuai dengan kebutuhan.

Pada umumnya, jenis nozzle hydrant dibedakan menjadi dua jenis yaitu spray atau fog nozzle hydrant dan juga smooth bore atau jet nozzle hydrant. Jenis spray atau fog nozzle hydrant dapat digunakan apabila pengguna membutuhkan pancaran air dengan bentuk yang meluas dan melebar serta dengan jarak pancar yang pendek. Biasanya, penggunaan spray atau fog nozzle hydrant diaplikasikan pada saat tahap akhir setelah api kebakaran berhasil diredakan, yaitu untuk tujuan menurunkan suhu lokasi dan mencegah kemungkinan titik-titik api yang telah padam kembali menyala akibat tertiup angin dalam suhu yang tinggi.

Tak hanya itu, pengaplikasian dari jenis spray atau fog nozzle hydrant ini juga terlihat ketika proses evakuasi atau penyelamatan pada area-area lokasi dengan titik api yang belum begitu parah. Pancaran air yang luas dan melebar yang dihasilkan oleh jenis spray atau fog nozzle hydrant tersebut dapat membentuk semacam tirai air yang mampu melindungi dari kemungkinan terjilat atau terkena percikan api kebakaran.

Sementara jenis smooth bore atau jet nozzle hydrant lebih sering diaplikasikan saat upaya aktif pemadaman karena jenis ini mampu menghasilkan pancaran air dalam tekanan besar dan debit air yang padat sehingga bentuk pancaran air yang keluar cenderung membentuk solid stream atau lurus dengan jarak pancar yang jauh sehingga pengguna fire hose dapat berdiri pada titik aman yang tak begitu dekat dengan titik api kebakaran.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya