Biaya Pemasangan Hydrant

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Biaya Pemasangan Hydrant bisa dikatakan tidak murah, namun bagaimana jika dibandingkan dengan kerugian total aset yang dimiliki jika terjadi kebakaran?

Biaya Pemasangan Hydrant

Instalasi fire hydrant merupakan sebuah peralatan yang terdiri dari suction, pompa, valve, pipa, dan hydrant aksesoris yang memiliki fungsi sebagai alat proteksi terhadap kebakaran dengan menggunakan media air. beberapa komponen diatas saling berkaitan dari mulai pipa hisap yang mengalirkan air dari reservoirke rumah pompa, kemudian pompa (elektrik, jockey, diesel) meneruskan aliran air tersebut ke instalasi pipa, baik indoor maupun outdoor. untuk indoor, umumnya digunakan ukuran 1,5″ output. sementara outdoor outputnya adalah 2,5″. dari output ini masih dikoneksikan dengan selang pemadam kebakaran untuk dapat menjangkau titik terdekat, dan paling ujung disambung dengan nozzle kebakaran untuk mengarahkan dengan baik. pada artikel kali ini akan dibahas mengenai biaya pemasangan hydrant.

Faktor yang mempengaruhi Biaya Pemasangan Hydrant

banyak faktor yang mempengaruhi tentang Biaya pemasangan hydrant ini. diantaranya adalah:

Luas Area Diproteksi

hal ini berkaitan dengan kebutuhan air selama hydrant berjalan, semakin luas area yang diproteksi maka semakin besar kapasitas tandon air yang harus disiapkan. paling tidak dalam sebuah instalasi hydrant, air dapat mencover sedikitnya 30 menit sebelum petugas pemadam datang. kebutuhan pipa dan aksesoris juga akan semakin banyak. karena 1 titik output baik dari hydrant pillar maupun hydrant nozzle efektifnya hanya mencover jarak 45M (30 meter selang + 15 meter semprotan)

Spesifikasi Peralatan

Pemilihan spesifikasi peralatan juga bisa menjadi faktor penentu dalam biaya pemasangan hydrant. jenis pipa air yang digunakan untuk mengalirkan hydrant biasanya bertipe scedule 40, namun jika anggaran minimalis maka memungkinkan untuk diganti dengan pipa tipe medium. hanya ketebalan yang berbeda, namun dari segi harga tentunya akan lebih kompetitif. selain pipa, kebutuhan akan pompa juga sangat krusial. ada pompa yang memiliki standarisasi UL FM dan NFPA tentunya akan berbeda dengan pompa air biasa. begitupun dengan kapasitasnya, aliran pompa bervariasi dari 250 gpm, 500 gpm, 750 gpm, 1000 gpm disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Anggaran Dana dari User

jika sudah dirancang sedemikian rupa antara kebutuhan dan spesifikasi peralatan yang diajukan oleh konsultan. point utama adalah kesiapan angaran itu sendiri oleh end user. biaya pemasangan hydrant sangat bervariasi tergantung oleh kondisi-kondisi diatas. range umumnya untuk hydrant yang minimalis berada di angka 500jutaan – dan bisa mencapai angka milyaran untuk satu gedung bangunan.

Biaya Pemasangan Hydrant, Murah atau Mahal?

Investasi tersebut memang kadang dilihat sangat besar dan mahal bagi sebagian orang awam. namun sebenarnya instalasi fire hydrant akan sangat bermanfaat dan dapat mengurangi kerugian. dibandingkan jika kebakaran yang terjadi di tempat tersebut tidak terdapat hydrant. bayangkan berapa aset yang sudah susah payah dibangun ludes terbakar musibah kebakaran. belum lagi jika terdapat aset lain non fisik yang berupa data-data penting perusahaan yang tidak ternilai  harganya. untuk itu, perlu dibangun kesadaran antara pemilik perusahaan dan orang-orang yang menjalankan kegiatan di perusahaan tersebut untuk tau betapa pentingnya sebuah system kebakaran. sehingga proyek instalasi hydrant yang diajukan oleh konsultan atau kontraktor yang akan mengerjakan proyek tersebut akan dipandang murah dan wajar oleh pemilik kebijakan di sebuah gedung.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya