Pengecekan Inspeksi Tabung FM200

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Pengecekan Inspeksi Tabung FM200Dalam mewujudkan keamanan dan keselamatan dari risiko terjadinya bencana kebakaran, setiap gedung atau bangunan memang sudah seharusnya dilengkapi dengan perlengkapan, peralatan, hingga sistem proteksi bencana kebakaran yang sesuai dengan tingkat kebutuhan dan juga jenis risiko kebakaran yang berpotensi terjadi pada bangunan tersebut. Setidaknya, pada suatu bangunan, disediakan alat pemadam api baik jenis ringan ataupun jenis berat sebagai persiapan dan antisipasi untuk pemadaman atau pencegahan agar api kebakaran dapat padam sebelum sempat menjalar lebih luas.

Alat pemadam kebakaran portable seperti APAR ataupun jenis APAB hanya bisa dioperasikan secara manual oleh tenaga manusia dan berperan sebagai solusi upaya pemadaman pertama ketika titik api muncul, sehingga apabila Anda membutuhkan proteksi kebakaran dengan skala risiko yang lebih besar, hendaknya Anda menginstalasi sistem kebakaran atau Fire System pada bangunan atau gedung yang Anda miliki.

Dengan cara kerja sistem, Fire System dapat beroperasi secara otomatis dengan prinsip kerja berupa deteksi otomatis sehingga komponen detektor pada rangkaian sistem kebakaran ini mampu mendeteksi keberadaan api melalui kondisi-kondisi atau gejala abnormal yang menandakan kehadiran titik api pemicu bencana kebakaran pada area ruangan yang dilindungi oleh instalasi Fire System tersebut. Gejala-gejala abnormal yang dimaksud di sini antara lain meliputi munculnya asap dalam kadar yang tidak wajar, terjadinya peningkatan suhu di atas batas normal, dan lain sebagainya.

Apabila komponen detektor menangkap adanya gejala abnormal penanda kehadiran api kebakaran tersebut, maka secara otomatis akan dikirimkan sebuah sinyal menuju control panel sehingga komponen alarm baik visual maupun audio pun akan aktif memberikan peringatan sehingga seluruh penghuni di dalam bangunan terkait akan mengetahui kondisi darurat yang terjadi dan upaya evakuasi diri maupun barang-barang berharga pun dapat segera dilakukan. Kelebihan dari perlindungan yang ditawarkan oleh Fire System ini terletak pada cara kerja otomatis dan mudah sehingga walaupun ruangan atau gedung dalam keadaan kosong sekalipun, perlindungan akan tetap siaga dan risiko kebakaran tetap dapat dicegah walaupun tanpa menggunakan tenaga manusia.

Salah satu jenis Fire System yang direkomendasikan untuk gedung bisnis Anda adalah Fire System FM200. Kelebihan dari jenis Fire System FM200 ini adalah kelengkapan komponen bukan hanya berupa detektor, fire alarm dan juga control panel, tetapi juga dilengkapi dengan tabung FM200 beserta nozel dan aksesorisnya sehingga apabila gejala kebakaran tertangkap oleh radar detektor dan sistem kebakaran menjadi otomatis aktif, maka tindakan proteksi menjadi lebih sempurna karena upaya pemadaman juga berjalan otomatis melalui tabung FM200 dengan media atau agen pemadam berupa gas FM200 yang akan otomatis tersemprot melalui jaringan instalasi sistem sehingga titik api pemicu kebakaran pun dapat segera dipadamkan tanpa perlu menunggu operator melakukan tindakan pemadaman secara manual.

Pengecekan Inspeksi Tabung FM200 Sangat penting dilakukan

Fire System jenis FM200 ini sering diaplikasikan bagi tempat-tempat yang minim persediaan air sehingga agak sulit untuk membangun jaringan instalasi hydrant system sehingga agen pemadam yang digunakan adalah berupa gas FM200 yang bersifat ramah lingkungan, tidak merusak ozon, bersih/tidak meninggalkan residu pemadaman yang merugikan daya guna properti, serta bekerja aktif dalam menghilangkan suhu panas pada titik api kebakaran.

Sama halnya dengan peralatan kebakaran atau pemadam api lainnya, sistem kebakaran atau Fire System juga memerlukan inspeksi atau pengecekan serta perawatan secara rutin dan berkala guna memaksimalkan usia manfaat sistem serta mengoptimalkan daya guna sistem sehingga apabila terjadi kerusakan secara sengaja ataupun tidak sengaja pada sistem, dapat segera diketahui dan dilakukan perbaikan.

Salah satu bagian inspeksi yang terpenting pada Fire System FM200 adalah pengecekan inspeksi tabung FM200 di mana komponen tabung FM200 tersebut merupakan salah satu komponen penting dalam FM200 Storage Components. Pengecekan tabung silinder penyimpan agen pemadam berupa gas FM200 ini biasanya meliputi pengecekan tingkat tekanan di dalam tabung untuk mengetahui apabila terjadi kesalahan ketika releasing agen pemadam melalui nozel, pengecekan berat tabung untuk mengetahui apabila kapasitas gas FM200 di dalamnya telah memenuhi standar, serta perawatan-perawatan lainnya. Hubungi segera tim servis dan inspeksi dari PT Patigeni Mitra Sejati untuk jasa inspeksi profesional tabung FM200 pada Fire System Anda.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya