Cara Kerja Sprinkler Pemadam Kebakaran?

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Ketahui cara kerja sprinkler pemadam untuk menambah wawasan Anda

cara kerja sprinkler pemadam

Anda mungkin sering kali melihat bila kebanyakan bangunan komersial selalu memiliki alat pemadam kebakaran. Hal ini berguna untuk meminimalisir terjadinya penyebaran pemadam kebakaran. Biasanya alat ini diletakkan di langit – langit. Hal ini berguna untuk membasahi area terjadinya kebakaran menggunakan air untuk memadamkan api sebelum semakin menyebar. Cara kerja yang seperti ini mungkin sudah kerap Anda lihat.

Mengingat kebanyakan bangunan gedung bertingkat dan beberapa rumah juga kadang menggunakan alat pemadam kebakaran dari sprinkler. Alat ini dianggap merupakan sebagai sebuah alat pemadam kebakaran yang cukup efektif untuk mengatasi terjadinya kebakaran, dan sekaligus meminimalisir kerugian akibat api. Selain lebih mudah, Anda tidak perlu lagi menyalakan atau memegang alat pemadam kebakaran ini saat terjadi kebakaran. Karena, alat ini akan mendeteksi secara otomatis untuk memadamkan api.

Dengan cara kerja sprinkler pemadam inilah nantinya akan membuat Anda bisa segera menyelematkan diri saat terjadi kebakaran. Karena, ketika terjadi kebakaran, maka system akan secara otomatis memadamkan api. Jadi, Anda tinggal lari menghindari kobaran api tersebut, sambil membawa beberapa barang yang penting untuk Anda. Dari situlah nanti, Anda bisa merasa lebih aman dan nyaman saat menggunakannya. Hal ini sama seperti yang ada di film.

cara kerja sprinklers pemadam yang sebenarnya

Sementara cara kerja sprinkler pemadam yang ada di film-film tersebut sering memperlihatkan adanya penyiram yang kemudian meletus saat mendeteksi asap. Padahal sebenarnya yang dideteksi bukanlah asap. Melainkan suhu panas yang sedang mengaktifkan, sehingga saat terdeteksi suhu panas di suhu tertentu, maka langsung bekerjalah alat pemadam kebakaran tersebut dengan cara menyiram area kebakaran dengan air sampai padam. Dengan begitu terjadinya penyebaran kebakaran tersebut bisa langsung diminalisir dengan cepat, cukup dengan alat pemadam kebakaran sprinkler yang tepat.

Jadi, disaat terjadinya kebakaran, kemudian suhu panas naik ke bagian langit – langit hingga mencapai bagian sprinkler, maka dari situlah cara kerja sprinklers pemadam kebakaran akan terlihat. Karena nantinya alat ini akan langsung menyemprotkan air tepat di area api. Biasanya sprinkler ini akan bekerja saat ditemukan suhu di antara 135 derajat sampai dengan 165 derajat fanreheit yang sampai pada bagian kepala sprinkler yang akan memecahkan air raksanya.

Sehingga, dari situlah alat ini langsung aktif. Kepala sprinkler ini biasanya terdiri atas tabung kaca yang dipenuhi dengan cairan gliserin yang langsung mengembang saat dipanaskan. Sehingga, karena inilah kemudian kaca dalam sprinkler langsung bekerja dan membut system air pun langsung terbuka, sehingga air bisa langsung dilepaskan pada bagian bawah dan juga pada bagian samping. Alat yang seperti ini termasuk pada alat pemadam direkayasa yang memang dirancang khusus untuk memadamkan api sebelum terjadinya penyebaran api.

cara kerja sprinkler pemadam, apakah cukup efektif?

Yang pasti, alat ini merupakan sebuah alat pemadam kebakaran sprinkler yang paling tepat dan efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan parah akibat kebakaran yang terjadi pada bangunan. Cara ini 65% lebih ampuh untuk mencegah terjadinya kerusakan property dan mencegah kematian paling ampuh saat terjadinya kebakaran, menggunakan system alarm berupa asap. Maka dari itulah, bila Anda tertarik untuk menggunakan alat pemadam kebakaran ini, maka segera hubungi ahlinya.

Secara Garis besar, Fire Sprinkler merupakan system yang terhubung dengan jaringan pipa hydrant di sebuah bangunan. pipa-pipa tersebut mengalirkan air dengan bantuan dari fire pump yang berada di rumah pompa dengan sumber dari tandon air yang sudah dihitung kebutuhannya oleh kontraktor perencana. sehingga minimal dalam jangka waktu 30 menit, fire sprinkler dan fire hydrant dapat bekerja untuk memadamkan kebakaran sebelum petugas pemadam kota datang untuk bekerja.

Anda bisa mempercayakan ahli dari alat pemadam kebakaran ini dengan cara menghubungi kami sekarang juga. Karena kami selalu siap untuk memberikan layanan kepada semua konsumen kami dengan baik. Sehingga, apapun kebutuhan Anda, semuanya akan bisa terpenuhi dengan menggunakan jasa yang kami tawarkan tersebut. Jadi, sudahkah Anda mencoba menghubungi kami? Buktikan sendiri!

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Harga Selang Hydrant Jakarta - Fire Hose Hooseki

Harga Selang Hydrant Jakarta Termurah dan Spesifikasinya

Anda sedang mencari harga selang hydrant di daerah Jakarta yang terjangkau? Jika…
Baca Selengkapnya
Toko Hydrant Jakarta - Komponen Hydrant System

Toko Hydrant Jakarta : Terlengkap dan Terbaik

Anda sedang mencari toko hydrant Jakarta dengan kualitas terbaik? Wah, Anda datang…
Baca Selengkapnya

Mau Refill APAR? Cek Harga Isi Ulang APAR Jakarta di Sini!

Harga isi ulang APAR Jakarta berbagai media pemadam api bisa Anda dapatkan…
Baca Selengkapnya