Simplex Fire Alarm Wiring Diagram

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Simplex Fire Alarm Wiring Diagram Seorang penanggung jawab atau pemilik dari sebuah bangunan wajib menjamin keamanan bangunan sehingga keselamatan nyawa dari orang-orang yang nantinya akan berada pada bangunan tersebut tidak terancam, terutama untuk bangunan-bangunan gedung yang bersifat publik dan bertingkat, seperti rumah sakit, hotel, department store atau pusat-pusat perbelanjaan, hingga sekolah atau universitas. Ketika memilih sistem dan peralatan proteksi bencana kebakaran, seorang penanggung jawab bangunan harus terlebih dahulu memperhitungkan risiko apa saja yang mungkin berpotensi sebagai pemicu terjadinya kebakaran. Risiko-risiko tersebut dapat diperhitungkan berdasarkan macam-macam kegiatan atau aktivitas yang beroperasi di dalam bangunan.

Setelah mengkonsultasikan hal tersebut kepada perusahaan-perusahaan jasa fire safety yang kredibel dan terpercaya, selanjutnya sistem proteksi bencana kebakaran tersebut harus diinstal dengan benar agar fungsi sistem selanjutnya dapat berjalan normal dan bukan justru membahayakan. Penginstalasian atau pemasangan sistem proteksi bencana kebakaran harus dilakukan oleh tenaga-tenaga ahli dan berpengalaman dalam bidang pemasangan sistem proteksi bencana kebakaran, misalnya dari tenaga ahli yang direkomendasi oleh perusahaan-perusahaan fire safety terpercaya.

Salah satu sistem proteksi bencana kebakaran yang sangat penting untuk diinstalasi pada suatu bangunan adalah sistem Fire Alarm. Fire Alarm System merupakan sebuah sistem proteksi yang berfungsi dalam memberikan peringatan terjadinya kebakaran secara tanggap dengan cara mengaktifkan alarm kebakaran secara otomatis kapan pun detektor sistem mendeteksi adanya kondisi-kondisi yang abnormal pada area yang dilindungi, seperti adanya asap pekat yang tidak wajar, kenaikan atau peningkatan suhu ruangan secara drastis, dan lain sebagainya.
Simplex Fire Alarm merupakan sebuah merk Fire Alarm yang diproduksi oleh perusahaan fire safety yang telah memiliki standar internasional dan kualitas yang diakui pula oleh dunia fire fighting secara internasional sehingga produk-produk Simplex telah dipercaya akan kualitasnya yang telah dikembangkan melalui berbagai riset serta penelitian mengenai kebutuhan pelanggan.

Memahami Simplex Fire Alarm Wiring Diagram sangat penting

Sebelum memasang atau melakukan penginstalasian sistem Fire Alarm System merk Simplex, hendaknya tenaga instalasi memahami betul instruksi dari pedoman yang tercantum pada approvals Simplex International Pty Ltd. melalui Australian Standard AS 4428.1, tentang Control and Indicating Equipments. Instruksi pada approvals tersebut memuat pedoman-pedoman dan petunjuk keseluruhan langkah penginstalasian yang sesuai standard sehingga selama proses instalasi, instruksi tersebut harus diikuti supaya proses pelaksanaan instalasi berjalan lancar dan risiko kerusakan produk dapat dihindari karena kehandalan dari operasi produk tersebut juga tergantung dari ketepatan penginstalasian.

Pada petunjuk instalasi untuk kontraktor, terdapat berbagai prosedur ketika menginstal sistem yang disajikan dengan kronologis dan lengkap beserta daftar dokumen pedoman yang dapat memberikan informasi mengenai tahap menghubungkan kabel-kabel lapangan. Salah satu daftar dokumentasi yang dilampirkan adalah mengenai wiring diagram. Wiring diagram sendiri merupakan diagram atau skema mengenai salah satu tahap penginstalasian yang mencakup penjaluran dari pengawatan listrik yang mencangkup input power hingga output beban yang berada pada satu rangkaian sistem kontrol.

Daftar dokumentasi Simplex Fire Alarm Wiring Diagram tersebut antara lain terdiri dari dokumentasi 4100 Field Wiring Diagram, Field Wiring Diagrams, MAPNET II, dan dokumentasi Field Wiring Diagrams, Smoke Detectors. Dokumen-dokumen mengenai wiring diagram diperlukan untuk melaksanakan instalasi kabel perangkat periferal untuk dihubungkan menuju panel 4100. Pada diagram ini, tenaga instalasi akan mendapatkan referensi yang disajikan dalam bentuk gambar mengenai cara untuk mengakhiri instalasi kabel pada seluruh motherboard pada sistem Fire Alarm Simplex.

Sedangkan daftar dokumentasi Simplex Fire Alarm Wiring Diagram diperlukan oleh tenaga instalasi selama proses menginstalasi seluruh perangkat periferal yang terdiri dari komponen relay tambahan, perangkat inisiasi, hingga perangkat-perangkat indikasi. Pedoman mengenai Simplex Fire Alarm Wiring itu sendiri dibedakan menjadi dua berdasarkan jenis sistem Fire Alarm, yaitu Wiring Diagram Fire Alarm Konvensional dan Wiring Diagram Fire Alarm jenis Addressable.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Fire Suppression System untuk Restoran

Fire suppression system untuk restoran (restaurant fire suppression) adalah sebuah sistem kebakaran…
Baca Selengkapnya

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta Pompa Hydrant adalah perangkat yang sangat penting dalam…
Baca Selengkapnya

Cek Penawaran Menarik Isi Ulang APAR Glodok di Sini!

Isi ulang APAR Glodok dan sekitarnya sekarang sudah tidak perlu bingung untuk…
Baca Selengkapnya