Cara Membersihkan Residu Pemadam Api

Cara Membersihkan Residu Pemadam Api
Keamanan pemadam kebakaran merupakan topik yang sangat populer, karena penting bagi semua orang untuk mengetahui teknik yang tepat untuk menangani peralatan perlindungan kebakaran. Namun, penting juga untuk mengetahui apa yang harus dilakukan setelah memadamkan api. Jika Anda pernah menggunakan pemadam api portabel untuk berhasil memadamkan api kecil, hal itu merupakan momen perasaan lega yang luar biasa.

Tetapi Anda juga harus tahu cara membersihkan residu atau sisa material media pemadam agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti media terkena benda elektronik, mengganggu pernafasan dan hal lainnya. Berikut ini panduan tips dan metode pembersihan yang disarankan untuk digunakan untuk membersihkan berbagai jenis residu pemadam kebakaran.

Cara Membersihkan Residu Pemadam Api Media Dry Chemical Powder

Alat pemadam api kimia kering menggunakan agen seperti monoammonium fosfat, natrium bikarbonat, dan kalium bikarbonat untuk melawan kebakaran. Agen ini meninggalkan bubuk korosif di area tersebut, dan sangat penting untuk membersihkan bubuk dengan sangat cepat. Ikuti daftar periksa ini saat membersihkan residu pemadam api kimia kering:

  • Langkah Pertama, semprot daerah tersebut dengan alkohol isopropil diencerkan 50% dengan air hangat.
  • Diamkan larutan selama beberapa menit sebelum menyeka dengan kain basah.
  • Untuk residu natrium bikarbonat dan kalium bikarbonat, aplikasikan larutan 98 persen air panas dan 2 persen cuka.
  • Untuk menetralisir residu monoammonium fosfat, aplikasikan baking soda dan pasta ke dalam air panas. Sekali lagi, biarkan larutan dan tempelkan selama beberapa menit sebelum menyeka dengan kain basah.

Jika kebakaran terjadi di dapur, cuci semua piring dan peralatan masak yang terkena residu di mesin pencuci piring. Jika ada pakaian yang terkena residu, cuci dalam mesin cuci. Untuk pembersihan akhir, bersihkan area dengan sabun dan air dan bilas bersih. Gunakan kipas untuk membantu area tersebut cepat kering. Segera bilas mata jika bahan kimia masuk saat membersihkan.

Cara Membersihkan Residu Pemadam Api Kelas K Residu Pemadam Api Kimia Basah

Cleaning Fire Residu

Alat pemadam kebakaran kimia kelas K basah sering disimpan di dapur komersial, karena digunakan untuk memadamkan api memasak. Saat memasak minyak atau lemak terbakar, pemadam Kelas K digunakan untuk mengeluarkan kabut halus yang memadamkan api dan mendinginkan permukaan memasak. Sebelum menggunakan dapur lagi setelah kebakaran, ikuti daftar pembersihan ini:

  • Pertama, pastikan untuk mematikan semua daya ke peralatan memasak dan memakai sarung tangan karet pelindung
  • Selanjutnya, bersihkan residu dengan spons atau lap dengan air sabun yang hangat.
  • Seperti disebutkan di atas, cuci semua piring dan peralatan masak, dan bilas semua permukaan yang bersentuhan dengan residu.
  • Sebelum menyalakan kembali daya dan menggunakan peralatan memasak, pastikan semuanya benar-benar kering.

Cara Membersihkan Residu Pemadam Api Media Cleant Agent

Alat pemadam api agen bersih seperti CO2 dan HFC227 digunakan untuk memadamkan kebakaran listrik, karena sifatnya non-konduktif dan tidak merusak komputer atau perangkat listrik. Agen bersih hanya menghilang ke atmosfer dan tidak perlu dibersihkan dengan media apapun. Hanya tunggu sampai keadaan benar-benar aman untuk menggunakan peralatan elektronik kembali.